Tips Membuat Ruang Kerja di Rumah Sendiri

oleh

Ruang Kerja di Rumah

Beberapa tahun ini banyak trend orang yang bekerja dari rumah atau ruang kerja yang memiliki akses internet cepat. Mau di rumah, cafe, hotel atau tempat-tempat yang menghasilkan banyak ide dan tentunya nyaman untuk bekerja. Namun, karena ada virus covid-19 menjadi lebih banyak lagi orang-orang yang bekerja dari rumah atau luar kantornya.

Tapi permasalahan yang terjadi tak semua orang memiliki ruang kerja di rumahnya, mengakibatkan produktifitas dalam bekerja kurang optimal yang dapat membuat pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Maka, membuat space di salah satu bagian rumah menjadi ruang kerja yang Anda desain sendiri. Serta mengisinya dengan furnitur yang Anda sukai.

Kenapa Perlu Ruang Kerja?

Karena dengan ruang kerja Anda menjadi lebih fokus dalam bekerja dan Anda memiliki ruang privasi agar tidak terganggu serta terhindar dari kebisingan. Hal ini juga sesuai bagi Anda yang memiliki anak-anak berusia aktif. Oleh karena itu, ruang kerja di rumah sangat perlu supaya Anda tidak mendapati gangguan anak-anak yang sedang bermain dan Anda lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ruang Kerja Yang Ideal Seperti Apa Sih?

Menurut sumber dari desain interior Gunung Kidul kalau berbicara tentang ideal sebuah ruang kerja di rumah maka harus homy. Menyesuaikan selera Anda masing-masing, di sini kami akan memaparkan ruang kerja ideal secara umum ya. Nantinya Anda bisa memodifikasi sesuai selera, kenyamanan dan Anda menjadi betah berlama-lama bekerja di ruang kerja yang di desain sendiri.

1. Pencahayaan

Hal yang paling mendasar adalah pencahayaan karena jika penerangannya kurang akan membuat mata menjadi sakit dan mudah capek. Pencahayaan di sini meliputi penerangan buatan seperti cahaya lampu yang di aliri oleh listrik dan penerangan alami yaitu sinar matahari dengan menggunakan jendela yang cukup untuk menerangi ruang kerja Anda.

2. Warna Cat Dinding Versi Anda

Jika di kantor atau tempat kerja Anda tidak bisa request warna cat dinding sesuai dengan selera Anda. Beda halnya, jika Anda memiliki ruang kerja sendiri yang dapat Anda cat dengan warna tembok yang membuat bekerja seperti di alam semisal. Tapi, jangan mengecat ruang kerja dengan warna gelap karena membuat Anda seperti berada pada ruangan sempit yang menjadikan Anda tidak nyaman bekerja.

3. Menghias Meja Kerja

Setiap orang pasti memiliki benda atau aksesoris penyemangat yang bisa menjadi hiasan meja kerja. Seperti foto keluarga, benda pemberian orangtua dan hal-hal yang menjadikan meja kerja Anda semakin lebih indah. Serta memotivasi Anda agar tidak pantang menyerah untuk membahagiakan orang-orang yang Anda cintai.

4. Meminimalisir Suara Bising

Untuk Anda yang masih memiliki anak berusia aktif bermain bisa saja membuat pecah konsentrasi dalam bekerja. Atau rumah Anda sangat berdekatan dengan jalan yang ramai kenderaan. Lebih baik Anda memasang peredam suara untuk meminimalisir kebisingan suara yang dapat mengganggu konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

5. Menambah Tanaman Hijau

Tanaman hijau bisa membuat rileks suasan ruang kerja Anda, tidak ada salahnya jika memasukan tanaman hias ke dalam ruang kerja Anda. Karena tanaman hijau juga dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja dan memberikan efek positif. Seperti kakatus atau tanaman yang tak banyak memerlukan air.

Tempat tinggal Anda kurang mendukung adanya ruang kerja karena ini merupakan kebutuhan baru dalam era bekerja tanpa harus pergi ke kantor. Serta desain tempat tinggal awal Anda memang tidak ada space untuk ruang kerja. Tak perlu risau, dari referensi yang kami baca pada web penyedia jasa desain interior profesional memiliki beberapa solusi untuk membuat ruang kerja Anda.

Memanfaatkan Ruang Menjadi Tempat Kerja

a. Ruang Kerja Bawah Tangga

Jika Anda memiliki hunian tingkat maka area tangga bisa Anda dekor untuk menjadi salah satu ruang kerja. Karena bawah tangga merupakan area death space yang di pandang sebelah mata. Anda bisa rombak habis-habisan area ini untuk Anda bekerja dari rumah, perlu juga memperhatikan pencahayaan yang cukup agar mata tak sakit. Serta mobilitas gerak Anda akan semakin mudah jika memiliki ruang kerja di bawah tangga.

b. Ruang Kerja Dekat Jendela

Area kerja dekat jendela merupakan pilihan yang tepat karena Anda tak perlu pencahayaan lampu dan sirkulasi udara yang Anda dapatkan menjadi maksimal. Andapun tak perlu menambahkan tanaman, melihat keluar jendela Anda sudah tampak hijaunya tumbuhan luar atau pemandangan dari jendela lantai atas. Usahakan tidak terlalu bising, agar Anda tetap fokus dalam bekerja.

c. Ruang Kerja Loteng

Tempat tinggal Anda memiliki loteng yang tak terurus? Kini Anda dapat memfungsikannya menjadi ruang kerja selama Anda bekerja dari rumah. Buat dekorasi senyaman mungkin dalam menunjang Anda bekerja, namun dengan memiliki ruang kerja loteng Anda akan lebih privasi. Karena loteng berada di atas maka Anda menambahkan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC.

d. Menyulap Kamar Kosong Menjadi Ruang Kerja

Beruntung jika Anda masih memiliki kamar kosong pada tempat tinggal Anda karena kamar kosong akan sangat mudah untuk di desain menjadi ruang kerja Anda nantinya. Tak perlu luas yang penting ruang ksong tersebut dapat menunjang produktifitas Anda dalam bekerja. Dan jangan lupa tips ideal yang ada di atas perlu Anda praktekan agar mendapatkan desain ruang kerja yang standar.

Segitu dulu pembahasan tips dari kami nantikan ulasan artikel lainnya. Selamat mencoba dan mempraktekan tips membuat ruang kerja di rumah versi Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.