Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Sejarah masjid kubah emas depok cukup banyak orang sukai dan perhatikan. Hal tersebut karena beberapa fakta menarik yang ada pada sejarah masjid kubah emas yang Dian Al-Mahri bangun.

Cerita Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Pendiri dan pemilik masjid kubah emas Depok adalah Dian Djuriah Rais yang wafat pada hari Jumat tahun 2019. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di RS Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Awal mula sejarah masjid kubah emas Depok mulai tahun 2001 saat masjid mulai di bangun. Sosok Dian Al-Mahri membeli lahan kosong di Kecamatan Limo Depok pada tahun 1996. Lahan kosong tersebut yang kemudian menjadi tempat masjid kubah emas. Dian Al-Mahri adalah seorang penguasa pertambangan minyak bumi yang ada di negara Brunei Darussalam.

Setidaknya proses pembangunan masjid ini kurang lebih 5 tahun lamanya. Dengan waktu pengerjaan di mulai dari tahun 2001 hingga masjid kubah emas selesai dan diresmikan pada tahun 2006.

Penggunaan masjid kubah emas Depok pertama kali adalah untuk melaksanakan shalat Idul Adha pada tahun 1427 Hijriah. Dengan luas tanah berukuran 8.000 meter persegi, masjid ini bisa menampung jamaah sekitar 20.000 orang. Bahkan, bagian halaman masjid yang berukuran 45 x 57 meter dapat menampung 8.000 orang jamaah.

Masjid kubah emas seringkali masyarakat sebut dengan masjid Dian Al-Mahri sesuai dengan nama pendiri dan pemiliknya. Selain itu, masjid ini termasuk masjid termegah di Asia Tenggara. Hal tersebut karena desain interior dan furniture yang ada menggambarkan kemegahan yang mewah.

Masjid kubah emas memiliki 4 kubah kecil dan 5 kubah utama. Setiap kubahnya bahkan menggunakan lapisan dari emas murni dengan tebal sekitar 2 atau 3 milimeter. Bahkan, beberapa bagian masjid seperti hiasan relief pada mimbar imam shalat juga menggunakan emas 18 karat.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi dan menikmati kemegahan masjid kubah emas di Depok? Demikian ulasan singkat mengenai sejarah masjid kubah emas Depok, semoga bermanfaat. Jika Anda menginginkan emas, Anda bisa membelinya di toko perhiasan emas.

Galeri untuk Sejarah Masjid Kubah Emas Depok

Gambar Gravatar
Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Penulis Buku Berani Angkat Pena Temukan saya di Channel Youtube Zamhari Official

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *