10 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh dapat mengalami kenaikan dan penurunan. Kandungan zat gula ini dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Sehingga cara mudah untuk mengendalikan kadar gula adalah menjaga pola makan. Selain itu, ada juga 10 tanaman penurun kadar gula darah.

Konsumsi terhadap tanaman-tanaman seperti ini perlu untuk menekan lonjakan kadar gula yang terkandung dalam darah. Jadi, Anda hanya perlu mengkonsumsinya bila kadar gula darah Anda tiba-tiba tidak terkendali. Mengkonsumsinya secara rutin dengan kadar tertentu juga menjadi pilihan yang bagus sebagai pengobatan alami.

10 tanaman penurun kadar gula darah ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes atau penyakit gula. Penderita gula sangat wajib untuk menjaga kadar gula darahnya tetap berada diambang normal. Karena kalau tidak, efeknya akan sangat buruk bagi tubuh mereka.

Oleh karena itu, secara khusus penderita penyakit gula memiliki pantangan makan agar gula darahnya dapat terkontrol dengan baik. Meski sebenarnya secara rutin penderita penyakit gula meminum obat penurun kadar gula darah tetapi bila tidak hati-hati tetap akan membahayakan diri sendiri.

Tetapi terkadang yang namanya orang pasti rindu dengan makanan-makanan tertentu yang terlarang bagi penderita penyakit gula. Penderita penyakit gula biasa mengakalinya dengan secara khusus mengkonsumsi salah satu dari 10 tanaman penurun kadar gula darah. Sehingga kadar gula darah tetap normal meski mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan.

Sekali dua kali boleh-boleh saja Anda melakukan hal tersebut untuk memuaskan diri atau menghargai diri sendiri. Tetapi jangan sampai jadi kebiasan karena berpotensi semakin merusak tubuh Anda sendiri. Dan tidak ada jaminan juga tubuh Anda kuat Anda perlakukan seperti itu.

Deretan 10 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

Ada banyak tanaman yang masyarakat percaya ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan tanaman-tanaman ini mudah sekali untuk Anda dapatkan. Beberapa dari tanaman tersebut sudah benar-benar terbukti khasiatnya untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain mudah Anda dapatkan, kelebihan lain dari menggunakan tanaman penurun kadar gula darah adalah harganya yang murah. Anda pasti akan terkejut bila membandingkan harga tanaman-tanaman ini dengan harga obat pengendali kadar gula darah yang biasa Anda minum.

Rangkuman dari situs berita ini adalah deretan 10 tanaman penurun kadar gula darah yang bisa Anda coba. Bila Anda menderita penyakit lain selain penyakit gula, pastikan tanaman yang Anda pilih bukanlah pantangan penyakit lain tersebut.

1.      Kunyit

Tanaman yang terkenal dengan warna kuningnya ini ternyata menyimpan manfaat besar. Kandungan antioksidannya membuat tanaman kunyit mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Anda hanya perlu mengkonsumsi kunyit secara rutin sebanyak 300 mg per harinya untuk mendapatkan manfaat hingga mencegah terjadinya komplikasi penyakit gula.

2.      Bawang Putih

Biasanya Anda mengenal bawang puting sebagai bahan baku masak memasak untuk menambah cita rasa makanan. Tentu saja sangat menarik bahwa ternyata bawang putih termasuk dalam 10 tanaman penurun kadar gula darah karena kandungan etanolnya. Meski membutuhkan penelitian yang lebih lanjut tetapi sudah banyak yang membuktikan efeknya.

3.      Kayu Manis

Tanaman yang satu ini dapat menurunkan tingkat resistensi insulin dan kadar gula darah bahkan setelah makan. Selain itu, manfaatnya telah terbukti dari penelitian resmi sehingga Anda dapat lebih percaya diri menggunakannya sebagai penurun kadar gula darah. Konsumsi kayu manis juga dapat mencegah kemungkinan Anda mengalami komplikasi penyakit gula.

4.      Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sudah terkenal sebagai tanaman yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kali ini, lidah buaya tampil sebagai tanaman alami penurun kadar gula darah. Menariknya, lidah buaya dapat membantu memperbaiki sel-sel organ di pankreas sehingga dapat memproduksi insulin dengan baik.

5.      Pare

Pare yang terkenal dengan rasa pahitnya ini ternyata berpotensi untuk meringankan gejala-gejala akibat penyakit penyakit gula. Belum begitu banyak penelitian yang benar-benar membuktikan khasiat pare bagi penderita penyakit gula. Tetapi Anda dapat langsung mencoba untuk membuktikannya. Apalagi pare aman untuk penderita penyakit gula.

6.      Pepaya

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap buah pepaya terbukti bahwa ekstrak daun dan biji buahnya mengandung zat yang mampu menekan kadar gula darah. Untuk mengkonsumsinya Anda membutuhkan pengolahan khusus untuk memaksimalkan kandungan zat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah tersebut.

7.      Jahe

Mungkin dari 10 tanaman penurun kadar gula darah yang ada, inilah salah satu tanaman yang paling enak untuk Anda konsumsi. Anda hanya perlu mengkonsumsi 3 gram jahe per hari selama delapan minggu untuk mendapatkan khasiat penurun kadar gula darah. Selain itu, jahe juga mampu mengatasi penyakit jantung yang mucul akibat penyakit gula yang Anda derita.

8.      Bawang merah

Kali ini adalah teman dari bawang putih, yaitu bawang merah. Manfaat dari bawang merah lebih kepada menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Tetapi untuk cara konsumsinya adalah memakannya secara mentah sebanyak 100 gram per hari. Ini tentu tidak mudah bagi beberapa penderita penyakit gula di luar sana.

Sayangnya masih belum ada penelitian lain yang menghasilkan cara memanfaatkan bawang merah untuk penyakit gula lainnya. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memilih cara ini apabila memang tidak dapat mengkonsumsinya. Coba saja cara lain yang nyaman untuk Anda dan evaluasi efeknya dengan baik.

Itulah 10 tanaman penurun kadar gula darah yang dapat Anda coba rasakan manfaatnya. Lakukan konsumsi secara rutin apabila Anda merasakan perubahan baik pada tubuh Anda setelah mengkonsumsinya. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter penyakit gula Anda untuk keberlanjutan konsumsi agar aman.

Galeri untuk 10 Tanaman Penurun Kadar Gula Darah

Gambar Gravatar
Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Penulis Buku Berani Angkat Pena Temukan saya di Channel Youtube Zamhari Official

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *