Tentang Kasus Titan Infra Energy, Mana Pihak yang Benar?

oleh -60 Dilihat

Tahukah Anda perusahaan Titan Infra Energy? Sederhananya perusahaan ini bergerak dalam berbagai bidang, salah satunya pengangkutan batubara. Perusahaan ini hadir dengan berbagai keunggulan, salah satunya memastikan proses pengangkutan batubara berjalan lancar.

Keunggulan Titan Infra Energy

Sebelum mengetahui bagaimana proses pengangkutan batubara dan apa saja pentingnya, sepertinya penting untuk tahu apa saja keunggulan dari perusahaan ini. Lebih jelasnya lagi beberapa daftar keunggulan perusahaan Titan Infra Energy.

  • Mempunyai sumber daya manusia yang profesional dan berpengalaman, sehingga hasil kerjanya cukup memuaskan.
  • Menyediakan berbagai jenis layanan bidang kerja seperti infrastruktur energi, layanan pengangkutan dan penyediaan energi.
  • Selalu melakukan perbaikan atau inovasi agar menghasilkan pelayanan terbaik dan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
  • Tersedia berbagai jenis kapal pengangkutan batubara atau jenis tambang lainnya seperti kapal tongkang, kapal LCT, Tunda dan Kargo Curah.

Ketahui Proses Pengangkutan Batu Bara

Tidak semua orang mengetahui bagaimana proses pengangkutan batubara yang terjadi menggunakan kapal tongkang atau jenis lainnya. Berikut ini ada tiga proses pengangkutan yang perlu Anda ketahui untuk menambah pengetahuan.

Menambang Batubara

Proses pertama dalam pengangkutan batubara yaitu menambang terlebih dahulu. Jadi, sumber daya manusia di perusahaan Titan Infra Energy akan melakukan penambangan pada lokasi pertambangan. Tentunya lokasi pertambangan tersebut sudah mendapatkan izin resmi dari pihak terkait.

Begitu juga untuk proses penambangan ini mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga tidak akan melanggar hukum. Begitu juga alat yang digunakan untuk proses penambangan terjamin kualitasnya dan sesuai dengan standar keselamatan para pekerja. Tujuannya agar meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

Pemisahan Unsur Batubara

Pengangkutan batubara di perusahaan Titan Infra Energy melalui proses selanjutnya yaitu pemisahan unsur batubara. Proses ini mempunyai peranan yang sangat penting karena dapat memastikan kualitas batubara terbaik sebelum melakukan pengangkutan.

Begitu juga untuk pelaksanaan proses pemisahan ini Tidak sembarangan. Lebih tepatnya proses melalui prosedur yang sudah ada. Selain itu, dalam proses pemisahan unsur batubara ini juga menggunakan alat sesuai dengan standar nasional.

Proses Pengangkutan

Proses terakhir yaitu pengangkutan itu sendiri. Sedangkan untuk proses pengangkutan juga tidak sembarangan, karena melalui jalur yang sesuai dengan ketetapan dari perusahaan. Dengan kata lain, proses pengangkutan ini mempunyai jalur khusus.

Sedangkan untuk proses pengangkutan itu sendiri menggunakan truk khusus yang memang sudah disiapkan perusahaan. Setelah proses pengangkutan menggunakan truk, nantinya akan melalui pengangkutan jalur laut menggunakan kapal tongkang untuk sampai ke tujuan.

Apa Pentingnya Batubara dalam Bidang Industri? Berikut Jawabannya

Membahas mengenai perusahaan Titan Infra Energy tentunya tidak terlepas dari batubara. Tahukah anda sebenarnya apa pentingnya batu bara, terutama dalam bidang industri? Jika belum mengetahuinya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Menjadi Bahan Bakar

Keberadaan batubara cukup penting di bidang industri karena menjadi bahan bakar yang berguna untuk menghasilkan energi listrik. Nantinya batubara ini melalui proses konversi sehingga bisa menjadi uap panas, sehingga menjadi sumber tenaga untuk menghasilkan listrik.

Proses pembuatan batubara menjadi bahan bakar tentunya tidak mudah. Melalui proses yang cukup rumit seperti halnya menggerakkan turbin generator listrik. Sedangkan untuk kegunaan dari bahan bakar ini untuk PLTU, PLTS, PLTA dan PLTB.

Mendukung Produksi Semen

Alasan lain Kenapa batubara sangat penting dalam bidang industri yaitu dapat mendukung proses pembuatan semen. Perlu Anda ketahui jika dalam pembuatan semen melalui proses pembakaran. Nah, pada proses pembakaran inilah membutuhkan batubara agar proses pembakaran cepat berlangsung.

Tidak hanya itu saja, batubara juga mempunyai peranan yang penting agar proses produksi produk kimia dapat berlangsung dengan cepat. Biasanya produksi produk kimia tersebut berasal dari sisa olahan pembakaran batubara.

Mempermudah Pembuatan Pupuk Pertanian

Kegunaan lain batubara dalam bidang industri yaitu dapat membantu mempermudah proses pembuatan pupuk pertanian. Lebih tepatnya batubara di sini menjadi sumber energi yang berguna untuk produksi berlangsung atau pada bagian pembakaran.

Tidak hanya itu saja, sisa olahan pembakaran dari batubara juga dapat digunakan kembali sebagai produk kimia. Maksudnya, memang ada beberapa produk kimia yang diproduksi melalui dari sisa pembakaran batubara yang sebelumnya memang sudah terjadi.

Menjadi Bahan Bakar Transportasi

Pentingnya batubara untuk bidang industri yang selanjutnya yaitu menjadi bahan bakar untuk berbagai alat transportasi. Contoh sederhananya bahan bakar berupa CWM yang terbuat dari campuran batubara dan air. Selain itu, pembuatannya juga menggunakan zat adiktif.

Adapun tujuan utama dari penggunaan zat adiktif tersebut agar suspensi kental yang dihasilkan lebih homogen dan stabil. Sedangkan penggunaan CMW sebagai bahan bakar dapat menggantikan keberadaan BBM atau bahan bakar minyak pada umumnya.

Dibutuhkan dalam Industri Kertas

Keberadaan batubara dalam bidang industri juga berguna untuk membantu pembuatan kertas. Pasalnya dalam industri kertas membutuhkan batubara agar mesin pengolahan serat bisa selalu panas dan stabil. Alasan utama penggunaan batubara karena bisa memaksimalkan kerja mesin.

Tidak hanya itu saja, batubara di sini juga berperan penting sebagai sumber energi. Tentunya dengan keberadaan batubara ini proses pembuatan kertas bisa berlangsung lebih cepat. Begitu juga untuk hasilnya jauh lebih maksimal.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa keunggulan Titan Infra Energy yang merupakan perusahaan penyedia pengangkutan batubara atau produk tambang lainnya. Setelah mengetahui beberapa keunggulan dan proses pengangkutannya, setidaknya bisa lebih meyakinkan untuk menggunakannya. Selain itu, bisa juga menambah pengetahuan baru.

Tentang Kasus Titan Infra Energy, Mana Pihak yang Benar?

Kabarnya, dalam ulasan Tempo, Direktur Utama PT Titan Infra Energy, Darwan Siregar membeberkan sejak tahun lalu sudah mencicil pokok pinjaman hingga USD100,2 juta. “Bulan ini saja akan ada pembayaran sebesar USD18,7 juta,” kata Darwan Siregar, Kamis, 8 September 2022.

Dia merinci total pembayaran pokok pinjaman pada tahun 2021 sebesar USD46,5 juta, dan tahun 2022 hingga bulan Juni sudah ada pembayaran sebesar USD35 juta sedangkan pada September ini bakal ada pendebetan oleh kreditur sebesar USD18,7 juta.

Bila ditotal, perusahaan sudah menggelontorkan dana hingga USD100,2 juta. Dalam proposal restrukturisasi yang diajukan terakhir kepada kreditur sindikasi termasuk Bank Mandiri, PT Titan meminta perpanjangan waktu 1 tahun dari jatuh tempo perjanjian kredit pada Agustus 2023. Hal ini menurut Darwan sejalan dengan program relaksasi pemerintah akibat pandemi Covid-19 sesuai dengan POJK 11 tahun 2020.

PT Titan saat ini sedang mengajukan kembali proposal restrukturisasi kepada kreditur sindikasi untuk penjualan aset-aset non core. Penjualan aset dimaksud digunakan pula untuk pembayaran hutang. Dia berharap agar restrukturisasi dapat segera berjalan sehingga fokus perusahaan bisa kembali optimal dalam memberikan pelayanan kepadan pelanggan dan juga usaha-usaha pengembangan usaha.

Rencana pengembangan usaha tersebut termasuk perpanjangan jalan khusus batu bara yang lebih dikenal sebagai jalan Titan dari 113 KM diperpanjang menjadi 145 KM. Jalan ini melintasi wilayah kabupaten Muara Enim, Pematang Abab Lematang Ilir atau PALI serta Lahat di Sumatera Selatan. Pihaknya juga berfokus pada pembangunan jalan akses menuju jalan Titan agar dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

“Pengguna jalan khusus batu bara dalam meningkatkan sumbangsih perekonomian dan perkembangan sosial ekonomi khususnya untuk propinsi Sumatera Selatan.”

Sebelumnya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menjelaskan soal kredit PT Titan Infra Energy kepada kreditur sindikasi. Adapun kredit itu dikucurkan oleh sindikasi yang terdiri atas PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., Credit Suisse, dan Trafigura. Adapun tenggat waktu kredit sebesar triliunan rupiah itu adalah Juni 2022