Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

oleh

Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Sebagian besar calon mahasiswa memilih PTN karena dianggap memiliki kualitas unggul. Untuk itu persaingannya semakin ketat terutama di kota besar. Sebenarnya, saat ini sudah terdapat universitas swasta terbaik di Jakarta yang bisa Anda jadikan rujukan untuk menuntut ilmu sesuai peminatan.

Beberapa Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

Selain negeri ada universitas swasta yang memiliki kualitas bagus bahkan mengantarkan lulusannya menjadi SDM unggul. Persaingan yang semakin ketat menuntut masyarakat ibu kota untuk mencari perguruan tinggi bergengsi, berikut beberapa alasannya:

  1. Universitas Tarumanegara

Terdapat setidaknya 8 fakultas pada jenjang S1 mulai dari hukum, teknik, ekonomi, kedokteran, seni rupa dan desain di Universitas Tarumanegara. Universitas yang berdiri sejak 1959 ini sendiri berlokasi di Jalan Letjen S.Parman No. 1 Jakarta Barat.

Sejak 2017 Universitas Tarumanegara sudah mendapatkan akreditasi A, tidak heran jika peminatnya pun dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Menurut data yang ada, Kemenristekdikti menempatkannya pada posisi ke 4  dalam daftar PTS terbaik di Jakarta tahun 2019.

  1. Universitas Gunadarma

Perguruan tinggi yang terletak di Jalan Margonda Raya 100 Pondok Cina, Depok sudah memiliki akreditasi A dan merupakan salah satu universitas favorit. Pendiriannya yaitu sejak tahun 1996 sampai saat ini sudah berkembang dengan 6 fakultas pada jenjang strata satu.

Fakultas tersebut mulai dari ekonomi, sastra, teknologi industri, psikologi, Ilmu Komputer dan teknologi Industri. Akses menuju kampus Gunadarma sendiri terbilang mudah karena bisa dijangkau dengan commuter line. Selain itu fasilitasnya cukup mumpuni untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

  1. Universitas Mercu Buana

Memiliki 3 kampus yaitu berada di Meruya Selatan, Cibubur dan Menteng. Meski PTS namun sudah banyak menorehkan prestasi, bahkan Kemenristekdikti menempatkannya pada posisi ke-8 sebagai universitas terbaik Jakarta pada tahun 2019. Terdapat setidaknya 6 fakultas dan 14 program studi.

Universitas tersebut berdiri sejak tahun 1985 oleh Probosutedjo (almarhum) sudah mendapatkan predikat akreditasi A, bahkan masuk ke dalam jajaran universitas swasta terbaik di Jakarta. Bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan S1 di sini terdapat sekitar 6 program studi terakreditasi A.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Sejak akhir tahun 2016 lalu universitas ini sudah menyandang akreditasi A sampai saat ini. Untuk tingkatan strata satu terdapat 9 fakultas yang bisa Anda pilih yaitu teknik, hukum, kedokteran, ilmu pendidikan, administrasi bisnis, teknobiologi, psikologi, pendidikan, ekonomi dan bisnis.

Anda bisa mendapatkan informasi lengkapnya melalui website resmi. Di dalamnya terdapat berbagai penjelasan mulai dari jumlah fakultas, program studi, profil kampus, serta biaya yang harus dibayarkan setiap semesternya. Ada setidaknya 5 jurusan paling populer salah satunya akuntansi.

  1. Universitas Pancasila

Universitas swasta terbaik di Jakarta yang berdiri pada 28 Oktober 1966 memiliki dua kampus yang berada pada lokasi terpisah. Perguruan tinggi ini semakin terkenal sejak adanya syuting sinetron Si Doel Anak Sekolahan, selain itu prestasi lulusannya membuat namanya semakin dikenal.

Pada tahun 2019 Kemenristekdikti menempatkannya pada posisi ke-5 PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Hal ini membuatnya menjadi salah satu universitas favorit dengan menyajikan 6 fakultas untuk program S1 mulai dari ilmu komunikasi, pariwisata, ekonomi dan bisnis.

  1. Universitas Nasional

Saat ini universitas yang sering disebut UNAS memiliki 9 fakultas deng 22 program studi dengan rincian 6 sudah A, sisanya B. Bagi Anda yang ingin mengambil program studi berupa kebidanan maupun keperawatan dapat menjadikan perguruan tinggi ini sebagai rujukan.

Kampus yang berdiri 15 Oktober 1949, saat ini sudah terakreditasi A sehingga memiliki kualitas cukup bagus. Bahkan Kemenristekdikti menempatkannya pada posisi universitas swasta terbaik posisi ke 7 di Jakarta tepatnya tahun 2019. Hal tersebut karena sudah memiliki banyak pencapaian.

  1. Universitas Tri Sakti

Setidaknya tercatat lebih dari 20.000 mahasiswa aktif sedang menempuh pendidikan di universitas yang berdiri pada 29 November 1965. Tata letak strategis menjadi salah satu alasan peningkatan peminat dari tahun ke tahun, hal ini karena aksesnya mudah meski menggunakan angkutan umum.

Bagi Anda yang ingin melanjutkan ke Universitas Tri Sakti tersedia setidaknya 9 fakultas yang paling favorit terbilang cukup banyak yaitu dokter gigi, hukum, teknik sipil dan perencanaan. Salah satu alasan mengapa memiliki banyak peminat adalah berlokasi tepat di jantung Kota Jakarta.

  1. Universitas Prasetya Mulya

Perguruan tinggi ini sudah tercatat mencetak lulusan yang sudah berkontribusi memajukan perekonomian Indonesia dengan mencetuskan beberapa Startup ternama. Meski masih memiliki 2 fakultas pada jenjang S1, namun akreditasi kampus sudah A dengan alat pendukung mumpuni.

Fakultas tersebut adalah STEM (science, technology, engineering, and mathematics) serta ekonomi. Bagi Anda yang berminat, bisa menggali informasi lebih jauh melalui website resminya yang menyajikan berbagai hal penting termasuk pencapaian lulusannya serta jurusan paling populer.

  1. BINUS University

Binus menempati posisi ke-15 dengan nominasi universitas swasta terbaik di Indonesia versi 4icu Uni Rank. Terdapat setidaknya 7 fakultas dengan 5 jurusan paling populer seperti teknologi informasi, ilmu komputer, akuntansi, manajemen sistem informasi dan manajemen dan administrasi bisnis.

Lokasi yang terbilang cukup strategis memudahkan mahasiswanya untuk mendapatkan berbagai keperluan baik dari segi konsumsi maupun tempat tinggal. Selain itu terdapat berbagai ekstra kampus yang bisa Anda jadikan wadah untuk menambah pengalaman.

Demikian penjelasan terkait Universitas swasta terbaik di Jakarta, selain pada Ibu kota juga banyak tersebar PTS terbaik salah satunya Telkom University yang berada di Bandung Jawa Barat. Hal ini memudahkan calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang mereka inginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *