Vaksin Novavax yang dibeli Pemerintah diklaim Efektif 90.4 Persen

oleh -15 Dilihat

Vaksin Novavax yang dibeli Pemerintah diklaim Efektif 90.4 Persen

Vaksin Novavax (Gambar: Pixabay/Spencerbdavis1)

Vaksin Covid-19 yang sudah dibeli pemerintah, yaitu vaksin Novavax telah diuji dan hasilnya diklaim efektif menurut pengujian terbaru. Hasil ini didapat setelah perusahaan vaksin asal Amerika Serikat tersebut merilis hasil data penelitian terbaru. Mengutip dari AFP (15/6/2021) mereka mengadakan uji coba vaksin di Amerika Serikat dan Meksiko.

Dalam pengujiannya, vaksin ini diberikan kepada sejumlah 29.960 orang di kedua negara tersebut di 119 tempat berbeda. Efikasi salah satu vaksin yang rencananya akan datang pada bulan Juli 2021 ini dinyatakan efektif sampai dengan 90.4%.

Presiden dan ketua eksekutif Novavax, Stanley C. Erk, menyambut baik hasil efikasi vaksin buatan perusahaannya ini. Ia menyatakan bahwa perusahaan yang perusahaan yang berbasis di Maryland berusaha untuk memenuhi regulasi yang ada.

“Hari ini, Novavax selangkah lebih dekat untuk mengatasi masalah kritis dan kebutuhan akan kesehatan masyarakat global yang membutuhkan vaksin”, kata Stanley. “Novavax melanjutkan pekerjaan dengan urgensi untuk menyelesaikan pengajuan peraturan kami dan mengirimkan vaksin ini, dibangun dalam pemahaman yang baik dan platform yang terbukti, kepada dunia yang masih membutuhkan banyak vaksin”, tambahnya.

Sekilas Tentang Vaksin Covid-19 dari Novavax

Vaksin Novavax ini dikembangkan berbeda dengan dua vaksin yang sudah beredar di Indonesia seperti Sinovac dan AstraZeneca. Vaksin ini menggunakan lonjakan protein yang berasal dari virus SARS-CoV-2 bernama NVX-CoV2373.

Lonjakan protein inilah yang lalu dapat memicu kekebalan tubuh bagi si penerima vaksin ini ketika nantinya sudah disuntikkan ke dalam tubuh. Hal ini berbeda dengan vaksin AstraZeneca yang memakai adenovirus sebagai pemicunya, atau vaksin Sinovac yang menggunakan virus corona non-aktif.

Sedangkan untuk penyimpanannya sendiri, vaksin ini diklaim dapat disimpan dalam pendingin antara 2-8 derajat celcius. Hal ini tentu berbeda dengan dua vaksin di atas yang rata-rata disimpan di suhu -10 derajat celcius.

Vaksin Novavax sendiri merupakan vaksin yang dibeli pemerintah Indonesia dan direncanakan akan datang paling cepat pada bulan Juli 2021. Meskipun begitu belum jelas kapan vaksin ini mulai didistribusikan dan disuntikkan ke penerimanya. Jelasnya vaksin ini juga akan melalui serangkaian uji yang sama dengan vaksin yang dibeli pemerintah sebelumnya.

 

Sumber: AFP/Science Alert

Galeri untuk Vaksin Novavax yang dibeli Pemerintah diklaim Efektif 90.4 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.