Wisata Air Terjun Randusari yang Asyik Dikunjungi Para Traveler

oleh -71 Dilihat
Wisata Air Terjun Randusari yang Asyik Dikunjungi Para Traveler
instagram.com/p/Beg9NjWBBpQ/?hl=id&tagged=airterjunrandusari

JOGJA POST – Semakin ke sini wisata Daerah Istimewa Yogyakarta semakin lengkap rasanya. Mulai dari kehadiran wisata pantai, candi yang megah, wisata malam ala Malioboro dan wisata air terjun. Wisata air terjun Randusari merupakan salah satu wisata alam yang kini digandrungi oleh para traveler. Anda dapat berburu foto menawan berlatar belakang alam air terjun dan pepohonan hutan Rejosari.

Sejarah Air Terjun Randusari

Wisata air terjun Randusari merupakan kawasan yang masih alami dan sejuk. Nama air terjun ini diambil dari salah satu nama pohon yang banyak tumbuh di lokasi tempat beradanya air terjun. Di sana cukup banyak tumbuh tanaman randu. Pohon ini merupakan tanaman kapuk yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diambil kapasnya.

Mitos Air Terjun Randusari

Sejauh ini tak ada catatan penting yang menyebut tentang mitos air terjun Randusari. Hanya menurut sejarah, air terjun Randusari memang terbentuk dari adanya aliran mata air dari kolam ngrebo yang sengaja dibuat oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air. Uniknya, air terjun memiliki ciri khas yaitu adanya dua aliran air yang seolah membuat air terjun seperti kembar.

Jam Buka Air Terjun Randusari

Sumber mata air terjun Randusari berasal dari aliran air dari kolam ngrebo. Debit airnya tidak pernah kering sepanjang tahun sehingga pengunjung bisa datang pada musim kemarau atau penghujan. Bedanya, jika datang pada musim kemarau tentu saja jumlah airnya sangat sedikit sehingga cukup sulit mendapatkan foto menarik. Wisata dibuka mulai pukul 8 pagi sampai 5 sore.

Tiket Air Terjun Randusari

Wisata air terjun Randusari tergolong baru dan dibuka beberapa tahun silam. Meski begitu, pengunjung tetap dikenakan biaya parkir area dengan membayar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat. Jadi jika Anda tiba dengan berjalan kaki maka tidak perlu membayar tiket. Cukup sediakan dana untuk makan atau mandi saja.

Fasilitas Air Terjun Randusari

Di area wisata air terjun Randusari sudah disediakan beberapa fasilitas penunjang agar wisatawan dapat dengan mudah menikmati suasana tanpa khawatir. Di sana sudah tersedia lahan untuk beristirahat di gazebo, tempat untuk mandi atau ganti pakaian, tong sampah, dan tempat parkir kendaraan. Jika lapar Anda dapat menikmati makanan dengan singgah di warung terdekat.

Alamat Air Terjun Randusari

Lokasi air terjun Randusari berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulya, Kecamatan Dlingo, Bantul. Rute menuju tempat air terjun bisa lewat dua jalur. Pertama dari Imogiri, dimulai dari Jogja ke terminal Giwangan. Melewati pasar Imogiri hingga ke hutan pinus Mangunan dan puncak Becici. Ikuti saja petunjuk arah hingga nanti Anda dapat sampai ke lokasi air terjun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.