Zamhari   Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Apa Itu Green Coffe?

1 min read

Apa Itu Green Coffee

Apa Itu Green Coffee

Di balik kenikmatan secangkir kopi, ada perjalanan panjang  kopi hijau yang layak kita ketahui. Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di dunia, tetapi Anda tahu tidak, bagaimana sejarah dan awal hadirnya kopi hijau di Indonesia? Sebelum kita mengeksplorasi sejarah kopi di Indonesia, akan lebih baik jika kita kembali lagi tentang bagaimana asal-usul kopi itu ditemukan oleh manusia.

Jauh 3000 tahun yang lalu, seorang penggembala kambing di dataran Afrika, Ethiopia, melihat bagaimana kambing memakan biji buah seperti berry di pohon dan melihat mereka tetap aktif dan terjaga berkat buahnya. Saat itulah kemudian kopi menari manusia untuk dikonsumsi. Dari situ kemudian jenis kopi banyak ditemukan. Mulai dari kopi hitam, kopi kuning, hingga kopi hijau. Pada artikel kali ini kita akan bahas apa itu green coffe, atau orang-orang biasa menyebutnya sebagai coffe hijau.

Kopi hijau sendiri banyak manfaatnya. Kopi hijau diketahui bisa menurunkan berat badan. Tapi tahukah Anda apa sebenarnya kopi hijau itu? Green Coffee hijau itu adalah ekstrak yang dihasilkan dari biji kopi arabika yang masih hijau. Biji kopi dikatakan mengandung senyawa yang dikenal sebagai asam klorogenat yang dianggap dapat menurunkan berat badan.

Tidak seperti biji kopi biasa, ekstrak biji kopi hijau ini mengandung kafein rendah dan tidak menimbulkan efek stimulan. Minum kopi hijau tidak menimbulkan susah gangguan tidur seperti ketika kita mengonsumsi kopi hitam biasa.  Asam klorogenik pada kopi hijau juga akan hancur ketika biji kopi mengalami proses pemanggangan. Jadi kopi hijau sangat bagus deh bagi kesehatan.

Apakah Asam Klorogenik Pada Kopi Hijau Terbukti Dapat Digunakan untuk Program Diet?

Meskipun tidak sepenuhnya jelas cara kerja asam klorogenik dalam tubuh. Menurut penuturan banyak orang asam klorogenik ini dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh. Kandungan asam klorogenik dapat meningkatkan aktivitas gen PPAR alpha yang terlibat dalam pengangkutan asam lemak. Kandungan asam klorogenik dapat mengoksidasi lemak dan mengurangi tampilan sel lemak baru melalui efek antioksidan.

Beberapa studi menyebutkan bahwa ketika kita mengonsumsi kopi hijau, kandungan GCE dapat mengurangi sekitar 5 kg lemak dalam waktu 12 mingguan saja. Lemak dalam tubuh akan semakin turun jika dikombinasikan dengan berolahraga.

Kopi Hijau Bisa Dikonsumsi Dalam Bentuk Serbuk

Selain dikonsumsi langsung dari bijinya, sekarang kita dapat menemukan banyak varian produk jual green coffee atau kopi hijau di pasaran, baik suplemen dalam bentuk pil atau bubuk seperti kopi pada umumnya. Pilih suplemen berkualitas yang telah terdaftar di departemen kesehatan atau memiliki sertifikat yang telah terbukti. Suplemen kopi hijau yang baik mengandung asam klorogenat yang merupakan komponen penting dalam menurunkan berat badan.

Kopi hijau yang sudah dalam bentuk serbuk ini sama berkhasiatnya dengan kopi hijau biasa dalam bentuk non serbuk. Khasiatnya sama-sama bisa menurunkan berat badan. Hanya saja kopi hijau dalam bentuk serbuk biasannya sudah sedikit teruraikan gizi-gizi di dalamnya.

Adakah Efek Samping Kopi Hijau Bagi Kesehatan?

Kopi hijau dapat dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet tetapi tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui dan mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, kehilangan tulang dan masalah kesehatan lainnya. Kadar kafein yang tinggi dalam kopi hijau dan senyawa aktif lainnya dapat meningkatkan tekanan darah dan aktivitas organ lainnya sehingga tidak baik bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan. Nah itulah paparan singkat informasi kopi hijau. Sekarang Anda sudah tahukan apa itu green coffe hijau?

Zamhari   Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta

Furniture Kantor di Arkadia

Ketika bekerja setiap orang pasti ingin memiliki tempat yang nyaman serta menunjang produktifitasnya. Salah satu faktor yang mendukung tumbuhnya produktivitas itu adalah perabotan serta...
Jogja Post
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!