4 Amalan yang Diajarkan Rasulullah untuk Dilakukan di Bulan Ramadhan

by -346 Views

JOGJA POST –  Ada banyak bulan istimewa dalam kalender tahunan umat islam, salah satunya adalah bulan ramadhan. Bulan dimana diturunkannya rahmat dan ampunan, bulan dimana setiap amal perbuatan memiliki perhitungan yang besar.

Tidak heran jika kemudian banyak dari umat muslim menyiapkan banyak hal menyambut datangnya bulan ramadhan. Bukan hanya persiapan fisik melainkan juga berbagai macam persiapan ruhani.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaemah dalam shahihnya, dan Imam al-Mundziri dalam at-Targib wat Tarhib, Ibnu Khuzaemah berkata, “Khabar ini shahih”. Dikatakan bahwa :

“Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan. Dengan dua hal, kalian akan mendapatkan Ridha dari rabb kalian, dua hal lainnya sangat kalian butuhkan. Dua hal, yang dengannya kalian mendapatkan ridah dari Rabb kalian, adalah syahadat Laa Ilaaha Illallah dan beristigfar kepada-Nya. Adapun dua hal yang sangat kalian butuhkan adalah kalian meminta surga dan memohon perlindungan dari neraka.”

Dari hadist yang tertulis di atas sudah terlihat dengan sangat jelas empat hal yang diajarkan Rasulullah untuk kita amalkan di bulan Ramadhan.

1. Bersyahadat

Rasulullah mengajarkan kita untuk memperbanyak syahadat kepada Allah selama bulan Raamdhan. Bersyahadat kepada Allah membantu kita untuk selalu mengingat bahwa Allah adalah tuhan kita dan kita bersaksi atas-Nya. Melakukan syahadat mampu membuat Allah menurunkan Ridha-Nya kepada kita.

Nah, tunggu apalagi sahabat? Meyambut datangnya bulan Ramadhan mari kita bersama-sam memperbanyak syahadat kepada Allah sehingga turunlah keridhaan Allah kepada kita. Betapa beruntungnya kita jika dalam setiap hari kita selalu di ridhoi oleh Allah.

2. Beristigfar

Jika sebelumnya Rasul mengajarkan kita betapa pentingnya emperbanyak syahadat kepada Allah dibulan Ramadhan. Kali ini, Rasulullah mengajarkan kita untuk memperbanyak Istigfar.

Tidak hanya di bulan Ramadhan, dibulan bulan lainnya memperbanyak istigfar merupakan slaah satu aktifitas yang dianjurkan. Karena memperbanyak istigfar atau meminta pengampunan dari Allah juga termasuk kegiatan yang mendatangkan Ridho Allah.

Bahkan ketika mulut kita tidak tahu lagi doa apa yang harus kita panjataka ketika maslaah kehidupan tak kunjung selesai menghampiri kehidupan kita setiap harinya. Kita dianjurkan untuk tetap dan selalu beristigfar. Dikatakan bahwa dengan beristigfar mampu meringankan beban kehidupan yang kita hadapi.

3. Meminta surga

Dalam QS. Adz-Dzariat ayat 56 dikatakan bahwa tujuan diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Lalu apakah titik akhir dari beribadah? Yaitu adalah surga. Bagi mereka yang taat beraagama dan rajin beribadah Allah menjanjikan surga.

Maka, tidak salah jika akhinrnya kita telah beribadah dan berusaha menjadi hamba yang taat kita meminta surga sebagai balasannya. Bahkan dalam hadist ini, kita dianjurkan untuk meminta surga kepada Allah.

4. Meminta dijauhkan dari neraka

Dalam islam Allah menyebutkan adanya janji dan ancaman. Jika masuka ke surga dengan segala fasilitasnya yang memanjakan setiap inci dari bagian tubuh kita adalah janji yang Allah tawarkan pada hambanya yang taat.

Maka Allah juga menciptakan ancaman berupa neraka, tempat bagi hambanya yang tidak patuh dan lalai akan perintahnya. Dalam hadist yang disebutkan di atas, Rasulullah mengajarkan kita untuk meminta dijauhkan dari api neraka tempat dimana manusia menebus dosanya.

Demikianlah empat amalan yang bisa sahabat lakukan selama  bulan Ramadahan atau bahkan setelah bulan Ramadhan berakhir. Segala amalan yang diajarakan oleh Rasulullah adalah bertujuan mendatangkan Ridha Allah dan menjauhkan kita dari siksa neraka.

Semoga kita semua menjadi hamba yang diridhoi oleh Allah dan dijauhkan dari siksa neraka…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *