Wisata Air Terjun Jurug Lengkongsari Hilangkan Kejenuhan Anda

oleh -59 Dilihat
Air Terjun Jurug Lengkongsari
daftarwisatajogja.blogspot.com/2016/02/wisata-air-terjun-jogja.html

Dari atas tebing bebatuan cadas, air mengalir hingga di kedalaman kolam. Sebuah air terjun unik bisa kita saksikan dengan mata telanjang. Warga sekitar menamainya dengan air terjun Jurug Lengkongsari. Sebuah air terjun yang bisa dijadikan lokasi berwisata, camping, survival dan liburan bersama. Air terjun berada di Kecamatan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Air Terjun Jurug Lengkongsari

Air terjun Jurug Lengkongsari pertama kali dibuka oleh warga pada tahun 2014 dan masih tergolong tempat wisata baru. Air terjun memiliki kedung dengan kedalaman 7 meter dan jadi tempat favorit pengunjung. Air terjun merupakan curug tunggal dengan ketinggian 13 meter. Warna airnya kecoklatan dan berada di kawasan desa wisata.

Mitos Air Terjun Jurug Lengkongsari

Air terjun Jurug Lengkongsari memiliki nama lain Jurug Taman Sari atau juga bisa dipanggil curug Semoyo. Tak ada sumber yang menyebut tentang mitos atau kisah terbentuknya air terjun ini. Sejauh yang diketahui, air terjun memiliki daya tarik bagi pengunjung yang sayang untuk dilupakan.

Jam Buka Air Terjun Jurug Lengkongsari

Jika Anda benar-benar serius mengunjungi kawasan wisata alam ini, sebaiknya datang pada musim hujan. Air terjun ini adalah wisata musiman yang debit airnya tidak tentu dan hanya dapat dilihat secara sempurna pada musim penghujan. Jam buka tempat wisata yaitu antara pukul 7 pagi sampai sore hari.

Tiket Masuk Air Terjun Jurug Lengkongsari

Biaya retribusi atau tiket masuk ke kawasan air terjun Jurug Lengkongsari yaitu sebesar Rp. 3.000. Untuk biaya parkir montor hanya Rp. 2.000 dan mobil Rp.5.000. Tiket masuk yang terjangkau dan Anda bisa menikmati pemandangan alam air terjun dengan sepuasnya.

Fasilitas Air Terjun Jurug Lengkongsari

Pengelola setempat telah menyediakan fasilitas pelampung atau ban untuk pengunjung yang ingin berenang diatas kolam air terjun. Tidak jauh dari tempat air terjun berada, telah berdiri tempat untuk berteduh dan gazebo untuk beristirahat. Jika ingin mencari tempat makan Anda bisa mengunjungi kampung dekat lokasi wisata. Di sana sudah tersedia kamar mandi, WC umum, dan area parkir.

Alamat Air Terjun Jurug Lengkongsari

Cara menuju lokasi yaitu dimulai dari kota Jogja melewati jalan Wonosari hingga ke bukit Bintang. Berjalan terus sampai nanti menemukan perempatan Pos Polisi Patuk. Silahkan ambil jalur kanan dan berjalan lagi hingga ke pertigaan satu. Beberapa jalan Anda akan bertemu dengan petunjuk ke lokasi air terjun. Air terjun berada di Dusun Wonosari, Desa Wisata Taman Sari, Patuk, Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.