Pesona Alam Gunung Kidul Dari Balik Air Terjun Kedung Kandang

oleh -257 Dilihat
Pesona Alam Gunung Kidul Dari Balik Air Terjun Kedung Kandang
instagram.com/p/Bhq-nI5FXWy/?hl=id&tagged=airterjunkedungkandang

JOGJA POST – Air terjun Kedung Kandang, satu dari sekian banyak pesona alam di dataran Gunung Kidul Yogyakarta yang masih lestari sampai saat ini. Sebelum menjadi lokasi wisata, air terjun Kedung Kandang dahulu hanyalah lokasi keberadaan batu-batu gunung purba yang mengalir mata air alami. Dan kini pesona alam Gunung Kidul semakin lengkap dengan kehadiran air terjun Kedung Kandang.

Sejarah Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Kedung Kandang merupakan curug yang unik, letaknya tersembunyi di balik gunung Kidul. Air terjun memiliki 6 tingkatan dan lokasinya di area persawahan. Air terjun ini terbentuk secara alami menjadikan pemandangan sangat indah. Menurut sejarah air terjun ramah ini terbentuk dari bebatuan vulkanik, didominasi oleh bebatuan khas gunung api purba Nglanggeran.

Mitos Air Terjun Kedung Kandang

Letak air terjun Kedung Kandang memang tidak jauh dari gunung api purba. Air terjun ini sebenarnya memiliki 3 kedung yaitu kedung Kandang, kedung Temanten dan kedung Keris. Kedung Kandang adalah lokasi paling bawah dan cukup luas. Menurut warga setempat, ada larangan mandi atau menyelam di dalam kedung. Mungkin karena cerita dan mitos setempat sudah lama beredar.

Jam Buka Air Terjun Kedung Kandang

Hal yang perlu diperhatikan jika menuju lokasi adalah kapan waktu terbaik untuk berwisata di air terjun Kedung Kandang. Mata air yang dihasilkan bersifat musiman yang artinya hanya bisa dinikmati pada musim hujan. Rekomendasi untuk Anda adalah datang pada musim hujan atau masa peralihan ke musim kemarau. Waktu buka tempat wisata selama 24 jam.

Tiket Air Terjun Kedung Kandang

Memasuki lokasi wisata air terjun Kedung Kandang belum disediakan biaya retribusi untuk masuk. Tempat wisata tersebut masih dikelola oleh masyarakat dan pemuda desa setempat. Namun di sana sudah tersedia kotak sukarela untuk biaya keamanan kendaraan. Atau beberapa warga mematok harga parkir yang lumayan murah yaitu sekitar Rp. 2000.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata memang belum tersedia dengan lengkap. Air terjun Kedung Kandang memang belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga fasilitas yang didapat hanyalah rumah warga untuk area penitipan kendaraan dan beberapa warung makan. Sementara fasilitas alam mencakup jalan setapak, tanjakan batu dan tanaman hijau yang subur.

Alamat Air Terjun Kedung Kandang

Petunjuk lokasi keberadaan air terjun Kedung Kandang yaitu di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Adapun rute yang bisa dilewati yaitu dari kota Jogja melewati Jl. Wonosari, kemudian menuju Kecamatan Pathuk. Sebelum SMP 2 Pathuk, silahkan ambil jalur kiri menuju dusun Bobung hingga perempatan. Ikuti saja petunjuk jalan yang tersedia dan nantinya Anda akan sampai ke tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.