Air Terjun Kembang Soka dan Mitos Tetesan Air Awet Muda

oleh -588 Dilihat

Air Terjun Kembang Soka dan Mitos Tetesan Air Awet Muda

JOGJA POST – Gemericik air mengalir deras dari atas tebing berwarna kuning keemasan. Suasana dingin dan sejuk mampu membuat siapa saja melepaskan penat. Dari balik pepohonan rindang, sebuah air terjun mengalirkan mata air dari atas. Air terjun itu dijuluki Kembang Soka. Air terjun kebanggaan warga Dusun Kelir sekaligus wisata edukasi yang menyenangkan buat para traveler. Terlepas dari keelokan air terjun, tersimpan pula misteri dan mitos. Seperti apa kisahnya?

Sejarah Air Terjun Kembang Soka

Berbicara tentang air terjun Kembang Soka, tak lengkap rasanya jika tidak membahas sejarahnya. Air terjun Kembang Soka mulai dibuka pada tanggal 6 Januari 2015. Pada awal peresmiannya, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk secara sukarela untuk membantu biaya retribusi peduli wisata. Renovasi dilakukan dengan cara gotong-royong oleh warga setempat.

Mitos Air Terjun Kembang Soka

Jika berbicara soal hal mistik, banyak orang mengaitkan dengan mitos atau legenda suatu tempat. Sama halnya dengan beberapa tempat lain di Indonesia, air terjun Kembang Soka ternyata juga memiliki kisah mitos yang sudah lama beredar. Dahulu di dekat air terjun terdapat sebuah kerajaan gaib. Banyak orang datang untuk mencari “ilmu”.

Ada pula mitos yang menyebut jika di tempat tersebut dahulu disinggahi oleh seorang pertapa berpakaian ala kerajaan dan memiliki kemampuan indra ke-6. Hal unik lainnya adalah mitos tentang tetesan air awet muda yang mengalir dari pohon Kembang Sekar. Air tersebut diyakini sebagai mata air yang dapat memberikan seseorang keberuntungan bahkan panjang umur.

Jam Buka Air Terjun Kembang Soka

Sebelum kawasan wisata bisa dikunjungi kapan saja, dahulu tempat ini hanya dibuka sampai sore hari. Hal itu dikarenakan pada waktu sebelum renovasi, lokasi air terjun masih minim fasilitas. Bahkan pada malam hari, suasana jalan menuju lokasi sangat minim penerangan. Namun saat ini, air terjun dapat di kunjungi selama 24 jam.

Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Kembang Soka yang katanya bisa menghasilkan air kolam dua warna ini, pengunjung tidak harus mengeluarkan uang yang banyak. Harga tiket masuk sangat terjangkau yaitu Rp. 5000 dan Anda sudah bisa menikmati fasilitas di sana. Namun jika membawa kendaraan pribadi, cukup sediakan uang Rp. 3000 untuk parkir.

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka

Bermain di sekitar air terjun kurang lengkap rasanya jika tidak memanfaatkan fasilitasnya. Di sekitar air terjun Kembang Soka telah tersedia beberapa fasilitas untuk memudahkan para wisatawan melakukan kegiatan di sekitar air terjun. Beberapa fasilitas penunjang yaitu lahan parkir, lokasi ganti baju, kolam pemandian, jembatan yang terbuat dari bambu, mushola dan tempat menyewa pelampung.

Alamat Air Terjun Kembang Soka

Wisata air terjun Kembang Soka terletak di Dusun Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Anda bisa menempuh jarak sekitar 34 km dari kota Yogyakarta atau lama perjalanannya sekitar 30 menit. Alternatif lainnya dapat dimulai dari stasiun Lempuyang, kemudian jalan Godean hingga ke jalan Nanggulan menuju arah Girimulyo. Atau jika melewati Bandara Adi Sucipto, Anda bisa melewati jalan Godean.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.