Pantai Jogan, Air Terjun Paling Istimewa yang Menakjubkan

oleh -193 Dilihat
Pantai Jogan, Air Terjun Paling Istimewa yang Menakjubkan
instagram.com/p/2LMk5qshZa/?hl=id&tagged=airterjunpantaijogan

JOGJA POST – Meskipun dikenal dengan tanahnya yang tandus, Gunung Kidul adalah wilayah penyumbang wisata alam terbanyak di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain bukit dan persawahan, wilayah di pesisir pantai juga jadi objek sasaran wisata. Sebuah daerah dekat pantai Siung tersembunyi satu objek wisata air terjun bernama curug Pantai Jogan.

Sejarah Air Terjun Pantai Jogan

Letak air terjun Pantai Jogan di atas tebing yang cukup tinggi dan mata airnya akan mengalir langsung menembus ke laut lepas. Ketinggian mata air dari bibir pantai mencapai 12 meter. Karena sumber mata airnya berasal dari aliran anak sungai maka secara otomatis rasa airnya tawar.

Mitos Air Terjun Pantai Jogan

Keberadaan air terjun di bibir laut terbilang sangat langka. Air terjun Pantai Jogan memang menyimpan pesona yang sulit untuk ditolak. Sangat dekat dengan lautan membuat Pantai Jogan memiliki kesan tersendiri. Terlebih letakknya berada di laut selatan, lautan luas yang terbilang ganas dan mistis. Namun sekali lagi, Pantai Jogan tidak memiliki kisah legenda ataupun mitos.

Jam Buka Air Terjun Pantai Jogan

Air terjun Pantai Jogan memang sangat unik karena mata airnya yang mengalir dan bermuara ke lautan. Diapit oleh dua bukit kars, air terjun hanya bisa dilihat pada musim hujan dan masa peralihan kemarau. Di musim panas, debit air curug perlahan berkurang. Namun untuk bisa menyaksikan dua pemandangan berbeda sekaligus, Anda bisa datang ke lokasi kapan saja karena tempat tersebut dibuka 24 jam. Siapa pun bisa mengunjunginnya.

Fasilitas Air Terjun Pantai Jogan

Yang suka akan hal ekstrim, Anda bisa mencoba canyoning dengan gayamu sendiri. Air terjun berbatasan langsung dengan laut, sangat jarang ditemui di tempat lain. Di tempat wisata ini terdapat sarana untuk memancing dan fasilitas jembatan untuk memudahkan wisatawan turun dan mendekat ke dasar air terjun. Di tempat ini juga dekat dengan gazebo untuk bersantai dan sejumlah warung sudah tersedia.

Tiket ke Air Terjun Pantai Jogan

Masih tertarik? Anda bisa memasuki kawasan wisata dengan membayar tiket masuk yaitu Rp. 3.000 dan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor. Sedangkan jika membawa kendaraan roda empat, sediakan uang Rp. 5.000. Jika butuh makan dan minum silahkan mencari warung terdekat dari lokasi.

Alamat Air Terjun Pantai Jogan

Untuk mencapai lokasi, Anda harus melewati rute menuju Pantai Jogan Wonosari. Lama waktu perjalanan dari kota Jogja sekitar 2 jam. Anda harus menyusuri jalan beraspal, berkelok, membelah hutan dan bukit sehingga nanti akan berakhir di pantai Siung. Air terju Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Jika berangkat dari Jogja, dari Wonosari ke jalan Baron lalu ambil arah ke Tepus menuju Purwodadi dan terakhir ke Winangun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.