Air Terjun Seribu Batu, Wisata Alam dengan Ribuan Batu

oleh -424 Dilihat
Air Terjun Seribu Batu, Wisata Alam dengan Ribuan Batu
instagram.com/p/BgVHmM5lKxq/?hl=id&tagged=airterjunseribubatu

JOGJA POST – Berbicara tentang kota Yogyakarta, Bantul adalah tempat yang menarik untuk para wisatawan. Mengapa? Di kawasan Bantul memang menjadi kawasan yang berpotensi mendatangkan wisatawan. Dan diantara ragam objek wisata yang tersaji apik, air terjun Seribu Batu Imogiri adalah kawasan cantik dan ramah untuk para pelancong.

Sejarah Air Terjun Seribu Batu

Wisata air terjun berada di area tempat makam raja Mataram bersemayan. Memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan berada di aliran sungai Watu Lumbung. Pada bagian hulu air terjun dipenuhi dengan bongkahan batu bekas rerutuhan bangunan dan jumlahnya sangat banyak. Akhirnya, muncul julukan air terjun Seribu Batu.

Mitos Air Terjun Seribu Batu

Ciri khas yang mencolok dari air terjun Seribu Batu ini adalah memiliki tebing dari reruntuhan batu bekas bangunan kuno. Dipercaya oleh warga sekitar air terjun bahwa jika mandi atau membilas wajah maka bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa. Konon katanya, air yang berasal dari curug ini bisa membuat awet muda bahkan mampu mempererat hubungan suami istri.

Jam Buka Air Terjun Seribu Batu

Tempat wisata air terjun Seribu Batu sangat cantik dikunjungi pada pagi atau sore hari. Udara sekitar akan terasa sejuk dan membuat wisatawan betah berlamaan. Lokasi wisata dibuka dari pagi hari sampai sore. Namun jika pengunjung ingin melakukan camping, bisa meminta ijin warga sekitar untuk meminjam fasilitas lahan.

Tiket Masuk Air Terjun Seribu Batu

Air terjun Seribu Batu dapat dikunjungi oleh siapa saja. Untuk tiket masuknya, pengunjung bebas memasuki kawasan tanpa dipungut biaya. Air terjun Seribu Batu merupakan kawasan wisata yang hanya dikelola oleh warga sekitar sehingga tidak ada tiket masuk ke kawasan cantik ini.

Fasilitas Air Terjun Seribu Batu

Untuk fasilitas, sayangnya masih belum lengkap. Fasilitas penunjang tenpat wisata di air terjun Seribu Batu sudah cukup memadai. Warga sekitar telah menyediakan lahan untuk area parkir, warung bagi mereka yang mencari makanan dan minuman, rumah warga yang dapat dijadikan lokasi ganti pakaian, dan dekat dengan lokasi untuk membersihkan badan.

Alamat Air Terjun Seribu Batu

Lokasi keberadaan air terjun Seribu Batu ada di Dukun Cengkehan, Wukirsari, Imogiri, bantul, Yogyakarta. Lokasi air terjun tak jauh dari kawasan pemakanan kuno Raja Mataram Imogiri. Lebih tepatnya berada di kawasan bukit belakang makan Sunan Cirebon. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalan ke lokasi juga bisa dilakukan dengan cara susur sungai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.