Cara Memasang Parabola 2 Receiver

oleh

Cara Memasang Parabola 2 Receiver

Mengingat bahwa banyak sekali masyarakat yang berpindah dari antena kini menggunakan parabola yang dikenal mampu menangkap sinyal baik sehingga TV menghasilkan kualitas yang jernih. Dalam rangka mengetahui cara pasang, ada beberapa cara memasang parabola 2 receiver yang mudah.

Cara Memasang 1 Parabola dengan 2 Receiver

Dalam pemasangan satu parabola dengan dua receiver sebenarnya caranya cukup sederhana dan siapa saja bisa melakukannya. Cara ini dengan adanya receiver dilengkapi LNB loop out, biasanya diletakkan di bagian belakang secara bersandingan input LNB.

Jika tidak ada LNB loop outm maka tidak akan bisa melakukan cara seperti ini kecuali Anda membuatnya sendiri. Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan cara pasang satu LNB dengan dua receiver melalui LNB loop out ini, yaitu kabelnya lebih terlihat rapi karena hanya butuh 1 kabel saja.

Namun, bukan berarti tak ada kerugiannya. Kekurangan dari cara satu parabola dengan dua receiver menggunakan LNB loop out ini adalah untuk bagian receiver kedua tidak dapat memilih channel sesuka hati. Alasannya, polaritas receiver kedua harus sama dengan kesatu dan LNB aktif.

Cara Memasang 1 LNB dengan 2 Receiver Membuat Loop Out Secara Pribadi

Pada umumnya membuat LNB loop out secara pribadi itu tidak memerlukan biaya yang banyak, justru Anda tidak mengeluarkan dana apapun jika memang sudah memiliki bahan-bahan atau peralatannya sendiri. Biasanya alatnya terdiri dari barang elektronik tak terpakai.

Tak hanya barang elektronik tak terpakai akan tetapi komponen rusak juga bisa digunakan. Dalam proses penggabungan dua receiver hampir sama dengan cara memasang satu parabola dengan dua receiver yang sudah dibahas sebelumnya. Hanya saja untuk jenis ini loop outnya membuat sendiri.

Caranya ialah dari bagian input ke output receiver satu ada baiknya gunakan kawat saja yang berasal dari bahan seperti potongan kabel, kemudian solder di tiap ujung kawatnya menuju port plus. Lalu ambil kapasitor seratus pf solder kaki yang 1 ke kawat sebelum dan satu lagi ke out receiver 2. Pasang kabel ke masing-masing receiver dan selesai.

Cara Memasang 2 LNB dengan 2 Receiver

Sebelum memasang, paling tidak siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti biji LNB, scalar ring. switch diseq, kabel rakitan dan juga plastik kecil baut. Setelah semuanya siap, simak cara memasang 2 LNB dengan 2 receiver yang kami ambil dari situs paraboladisemarang.com pusat jual parabola Semarang.

  1. Merangkai Kedua LNB

Jika bahan-bahan sudah siap, langsung saja rangkai kedua LNB nya di tiap lubang masing-masing. Jangan lupa sudut dengan nol derajat itu dibuat secara sejajar. Untuk lebih akurat lagi, juga bisa melihatnya dari bawah. Dua buah besi bulatnya dibuat lurus.

Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah supaya polaritas berbentuk vertikal dan horizontalnya dapat sesuai diantara dua LNB dan dapat menangkap sinyal secara sempurna. Untuk jaraknya sendiri harus disesuaikan dish yang digunakan ya.

  1. Pemasangan Kabel Rakit

Setelah memasang LNB sudah selesai, saatnya masuk ke tahap selanjutnya yaitu memasang kabel rakit. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat empat buah kabel yang masing-masing kabelnya akan di pasangkan di tiap output LNB satu dan ada dua out. Jadi, dua LNB outputnya terdapat empat.

Nah, jika belum paham untuk satu outnya dari satu LNB itu diperuntukkan satu TV saja sedangkan satu out lain ditujukan untuk TV satunya. Lalu hubungkan kabel rakit ke 2 buah switch diseqnya. Pemasangannya harus tepat supaya tidak terjadi masalah anta receivernya. Setelahnya disambbungkan ke kabel yang nanti akan dihubungkan ke bagina receiver.

Memasang Parabola dengan Dua Receiver

Setelah membaca penjelasan mengenai cara pemasangan parabola dengan dua receiver, mungkin diantara banyak orang menganggap bahwa hal tersebut sangatlah rumit untuk dilakukan. Untuk itu, Anda tak perlu khawatir, karena ada orang yang ahli dalam bidang tersebut bisa membantu.

Namun, yang namanya membeli jasa orang tentu saja harus membayar pekerjaan mereka. Biasanya sang ahli akan langsung mengerjakan apa yang harus dikerjakan tanpa perlu lagi di perintah seperti layaknya mandor. Tenang saja, mereka juga sudah ahli dalam bidang tersebut.

Biasanya pihak penyedia jasanya memang merekrut tenaga ahli yang sudah paham betul mengenai parabola dan beberapa peralatannya untuk dapat memasang di rumah-rumah para konsumen yang meminta bantuan jasa mereka. Biaya yang dikeluarkan pun juga pasti akan mengikuti kinerjanya.

Jenis LNB yang Paling Sering Digunakan Dalam Pemasangan Parabola

Berbicara mengenai pemasangan parabola, tentu saja tidak lepas dari yang namanya LNB atau low noise block yang fungsinya menerima jaringan satelit. Dari LNB sendiri masih digolongkan ke dalam beberapa jenis seperti LNB C band, Ku band dan juga S band.

Dari jenis tersebut semuanya memiliki keterkaitan erat dengan parabola yang akan dipasang. LNB C band biasanya banyak digunakan untuk dapat menangkap sinyal satelit lewat parabola free to air. Untuk LNB Ku band memiliki modal lebih kecil dari jenis sebelumnya (digunakan TV berlangganan).

Sedangkan LNB S band memiliki model yang sedikit lebih besar dari jenis sebelumnya dan bentuk fisiknya adalah bulat. Biasanya jenis ini mampu bekerja di frekuensi rendah seperti 3620 Mhz serta banyak digunakan orang-orang pada TV prabayar seperti contohnya saja Indovision.

Dari keterangan serta penjelasan lengkap tentang cara memasang parabola 2 receiver di atas, diharapkan Anda mengerti bagaimana cara pemasangannya bahkan memahami jenis-jenis dari LNB yang sangat berkaitan erat dengan parabola. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *