Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Segala Kondisi

oleh

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Segala Kondisi (Gambar: Pixabay/FreePhotos)

Apakah anda termasuk orang yang susah diajak konsentrasi? Ataukah anda orang yang mudah teralihkan pandangannya. Wajib disadari bahwa hal-hal tersebut sebetulnya lumrah terjadi dimanapun dan kapanpun. Bahkan mungkin ada dari anda yang bisa teralihkan pada perkara sepele seperti melihat smartphone atau berpikir terlalu mendalam.

Namun menjadi tidak lumrah jika hal tersebut terjadi berulang-ulang, bahkan merusak hari dan pekerjaan anda dikala sedang padat dan sempit waktu. Maka dari itulah kami mencoba untuk menyajikan cara bagaimana meningkatkan konsentrasi anda dalam segala kondisi dari berbagai pengalaman. Cara-cara ini patut untuk anda coba dan diaplikasikan baik ketika waktu senggang maupun rutinitas sehari-hari.

Berikut Cara Meningkatkan Konsentrasi dalam Segala Kondisi

  1. Tutup Smartphone atau Gadget Anda

Cara Meningkatkan Konsentrasi 1

Pixabay/StockSnap

Saat ini fenomena penggunaan smartphone dan gadget adalah hal yang lumrah dijumpai di berbagai kesempatan. Apalagi jika anda melihat frekuensi penggunaan dalam waktu seharian penuh. Setidaknya anda mungkin memegang smartphone anda lebih dari lima jam dalam satu hari atau bahkan lebih dari itu.

Namun, jika anda memiliki pekerjaan atau tugas yang tidak terkait dengan hal tersebut tentu akan sangat mengganggu anda. Alih-alih membantu, gadget anda justru dapat mengalihkan anda dari tugas ataupun pekerjaan anda. Cobalah untuk belajar menyingkirkan smarthphone anda, dengan begitu anda bisa menghargai diri anda sendiri. Termasuk dalam hal ini anda akan lebih menghargai tugas, pekerjaan maupun konsentrasi anda dalam melakukan kegiatan.

  1. Pikirkan Kembali Tujuan Anda, Cara Meningkatkan Konsentrasi Paling Simpel!

 

 

Cara Meningkatkan Konsentrasi 2

Pixabay/Pexels

Cara ini adalah sekian cara jika anda memang benar-benar orang yang sulit untuk berkonsentrasi baik secara pendek maupun penuh. Ketika anda ingin melakukan kegiatan entah itu pekerjaan atau hubungan dengan siapapun, anda harus memiliki tujuan yang harus ditetapkan sebelumnya. Hal ini harus anda rancang supaya anda tidak perlu memikirkan hal-hal yang justru dapat mengacaukan konsentrasi anda.

Goal yang harus dicapai merupakan salah satu dari sekian masalah yang bisa membuat anda kehilangan konsentrasi. Anda harus menetapkan tujuan tersebut sehingga kerja konsentrasi anda lebi ringan dalam kondisi apapun. Dalam hal ini anda diharuskan untuk memiliki tujuan yang tepat dan diinginkan segera. Utamanya jika anda masih harus berkonsentrasi pada kegiatan lainnya.

  1. Coba Olahraga Baru

Cara Meningkatkan KonsentrasiCara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/MahmurMarganti

Jika anda memang ingin membangun konsentrasi lebih baik, maka berolahrga adalah salah satu jawabannya. Berolahraga selain dapat membangun tubuh yang baik, juga dapat membuat anda selangkah dalam meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan ketika anda berolahraga, jantung dan otak anda akan lebih sehat. Secara umum anda dapat meningkatkan konsentrasi dari kesehatan jantung dan otak yang baik.

Namun, akan lebih baik jika anda mencoba olahraga yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Tentu hal ini bukan hanya membuat suasana anda yang baik, namun juga konsentrasi yang baik juga. Karena olahraga yang baru dapat membuat anda merasakan tantangan yang berbeda dan meningkatkan cara anda berkonsentrasi di lapangan.

  1. Minum dan Makan Cukup, Tidak Berlebih apalagi Kekenyangan

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/Free-Photos

Makan, sarapan, ataupun makanan kudapan sebetulnya sangat penting bukan hanya memberikan daya konsentrasi, namun juga ketahanannya. Bagaimanapun anda tetap memerlukan asupan gizi yang baik dan seimbang ketika diserap tubuh. Makanan yang mengandung Omega 3, Zat Besi, Vitamin A, B, B12, dan D sangat baik untuk mendukung konsentrasi anda. Gizi semacam ini bisa anda temui pada ikan, daging, sayur dan buah-buahan yang mengandung air banyak.

Namun, akan lebih baik lagi jika asupan gizi seimbang tersebut dibarengi dengan makan dan minum secara teratur dan tidak berlebihan. Ketika anda makan dan minum berlebihan, bukan gizi yang terserap namun tenaga juga terserap untuk mencerna makanan tersebut. Hal tersebut justru dapat mengurangi konsentrasi anda ketika melakukan pekerjaan maupun kegiatan. Oleh karena itulah akan lebih baik jika anda memilih makanan yang baik dan cukup untuk meningkatkan konsentrasi anda.

  1. Latihan Pernafasan

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/Voltamax

Pada dasarnya anda harus melakukan hal ini jika ingin mendapatkan konsentrasi yang baik. Latihan pernafasan sangat membantu untuk meningkatkan daya konsentrasi anda ketika kondisi memburuk sekalipun. Latihan pernafasan juga dapat mendinginkan cara anda berpikir, yang tentu baik untuk mempertahankan konsentrasi.

Latihannya bisa dengan mengambil nafas perlahan, tahan beberapa detik lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan hal ini berkali-kali untuk mendapatkan konsentrasi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Latihan pernafasan ini juga bisa dilakukan dimanapun baik di dalam maupun di luar ruangan. Namun pastikan anda melatih hal ini secara rutin di pagi hari, ketika udara masih segar untuk dihirup.

  1. Membaca Buku dengan Posisi Terbalik

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/Cocoparisienne

Latihan ini pada dasarnya melatih bagaimana ketepatan dan seberapa detail anda menangkap setiap kata yang anda baca dalam posisi tersebut. Hal ini berguna dalam membangun konsentrasi yang lebih baik. Sebab, membaca dengan posisi terbalik dapat membuat anda melatih fokus dalam segala kondisi.

Anda bisa menggunakan buku yang anda sukai, lalu tinggal anda balik buku tersebut ketika akan dibaca. Nantinya anda akan merasakan hal yang berbeda ketika membacanya dan mencoba menebak apa yang sulit dari buku anda tersebut. Lebih baik jika intensif dilatih setiap hari, utamanya ketika waktu senggang atau ketika anda membaca bacaan ringan seperti novel.

  1. Membuat Daftar

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/StockSnap

Ada banyak kegiatan yang mungkin anda harus bagi-bagi dan itu bisa jadi mengganggu konsentrasi anda terhadap apa yang ingin dikerjakan. Hal ini terbilang wajar, namun bisa menjadi masalah jika tidak tertangani dengan baik. Oleh karena itulah, membuat daftar kegiatan yang hendak difokuskan bisa menjadi solusi.

Anda bisa menuliskan kegiatan apa yang hendak membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih dan yang tidak. Setelah itu prioritaskan pilihan pertama anda agar menjadi konsentrasi pertama yang harus diselesaikan. Dengan begitu, konsentrasi anda tidak buyar ketika harus melakukan berbagai pekerjaan disaat yang bersamaan.

  1. Jangan Bersikap Multitasking

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/Geralt

Jika anda menginginkan fokus dalam kondisi terbaik, maka ada baiknya anda menghindari hal ini. Kemampuan serba bisa atau multitasking memang membuat anda dapat menjadi hebat dalam segala hal. Namun itu setelah anda mampu membangun konsentrasi dengan waktu yang cukup lama dengan berlatih dan praktek.

Jadi sebetulnya hal ini tidak disarankan apalagi jika anda memang ingin berfokus pada satu titik kegiatan pekerjaan. Lebih baik berfokus terhadap apa yang diri anda benar-benar butuhkan justru lebih baik. Selain itu kemampuan multitasking dapat membuat anda buyar konsentrasi jika terlalu banyak hal yang harus dikerjakan. Hindari hal ini dan fokus saja terhadap apa yang akan anda kerjakan sesuai tujuan.

  1. Singkirkan Sikap Khawatir, Malas dan Energi Negatif

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Pixabay/AbsolutVision

Anda patut untuk mewaspadai hal ini. Sikap semacam ini harus benar-benar anda singkirkan karena hal ini jelas mengganggu konsentrasi anda dalam segala hal. Bahkan tidak jarang hal ini bisa membuyarkan konsentrasi yang sudah anda bangun sebelumnya.

Cara paling baik untuk mengatasi ini adalah untuk tetap berpikir secara positif dan menghela nafas ketika dibutuhkan. Hal ini selain bisa mempertahankan konsentrasi anda, juga dapat membantu anda mendapatkan kepercayaan diri secara lebih baik. Selain itu, anda harus juga bersikap tenang untuk mendapatkan konsentrasi secara maksimal.

  1. Tidak Perlu Terburu-buru dalam Memulai Sesuatu

 

Tidak Perlu Terburu-buru

Pixabay/TeeFarm

Sikap terburu-buru bukanlah cara yang baik jika anda ingin mendapatkan konsentrasi yang baik dan konsisten. Sebaliknya, terburu-buru dapat membuat anda kehilangan fokus dan katakanlah anda berhasil melakukannya, itu tidak akan maksimal. Tidak masalah jika anda ingin cepat, namun terburu-buru adalah sesuatu yang berbeda dari itu.

Fokuskan pikiran anda kepada hal apa yang hendak pertama anda kerjakan merupakan hal yang lebih baik untuk dilakukan. Terutama jika anda ingin konsentrasi anda bertahan sampai akhir, maka lakukan secara perlahan ketika di awal. Baru, ketika anda membutuhkan konsentrasi yang lebih, anda bisa melakukannya secara cepat setelah anda melakukan hal tersebut.

  1. Berpikir Cepat dan Efisien

Berpikir Cepat dan Efisien

Pixabay/Jambulboy

Jika anda adalah orang yang tidak mudah berkonsentrasi, maka cara satu ini adalah alternatif jawabannya. Berpikir panjang mungkin bukan hal yang tepat jika anda adalah orang yang tidak mudah berkonsentrasi. Terlebih jika anda sering kehilangan fokus begitu cepat dan tidak sempat untuk berpikir kembali.

Anda bisa mengonsentrasikan pada satu-dua titik yang menurut anda mudah untuk diselesaikan serta seraya memikirkan solusi yang efektif dan efisien. Untuk melakukan hal tersebut, anda perlu untuk selalu melatih cara berpikir anda, sehingga hal ini bisa dilakukan dengan sempurna. Otak anda harus lebih cepat ketimbang mengejar tindakan yang justru dapat merepotkan anda. Karena itulah anda dituntut untuk berpikir cepat dan taktis dalam hal ini.

  1. Bermain Catur di Waktu Senggang

 

Bermain Catur

Pixabay/OpenClipart-Vectors

Catur merupakan permainan terbaik jika anda ingin bukan hanya melatih, namun juga berguna untuk mempertahankan konsentrasi dan fokus. Ini dikarenakan permainan catur lebih banyak menggunakan akal dan pikiran kita. Tentu saja hal ini bisa membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi lebih, utamanya dalam hal berpikir.

Anda bisa bermain catur dengan teman, keluarga, pasangan atau bahkan anak anda dimanapun tempat yang anda sukai. Hanya saja, lebih baik anda memainkan catur ini ketika waktu senggang atau akhir pekan. Karena permainan catur ini dapat memakan waktu lebih lama ketimbang permainan lainnya. Jadi tidak disarankan untuk dimainkan di kantor atau ketika anda sedang istirahat kerja sekalipun.

  1. Fokuskan Pandangan Mata dan Pikiran

 

Fokuskan Pandangan

Pixabay/Free-Photos

Hal ini memang harus diakui sulit untuk dilakukan, namun sangat perlu untuk dilakukan jika anda memang menginginkan konsentrasi yang terbaik. Melihat hal yang tidak perlu untuk dilihat dapat membuyarkan konsentrasi anda walau sepersekian detik. Apalagi jika anda tidak memiliki pikiran yang lurus sejalan dengan tujuan anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus dengan benar-benar memfokuskan mata dan pikiran anda kepada objek yang memang hendak anda kerjakan. Anda tidak bisa sekali curi-curi pandang seperti memandang handphone ataupun makanan lezat yang tiba-tiba ada ketika anda bekerja. Meskipun hal tersebut bisa mengalihkan pandangan bahkan konsentrasi anda, fokuskanlah mata dan pikiran anda secara maksimal.

  1. Cari Penyebab Kenapa Anda Kurang Konsentrasi, Cara Meningkatkan Konsentrasi Paling Ampuh

 

Cari Penyebabnya

Pixabay/GraphicMama-team

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah menelaah kembali kegiatan yang membuat anda mudah kehilangan fokus. Cukup bisa disadari bahwa mungkin ada sebagian dari anda memiliki cerita tersendiri mengenai hal ini. Ada yang tidak bisa berkonsentrasi karena memang hal tersebut susah untuk mencapai konsentrasi maksimal. Ada juga yang mungkin lebih kesulitan untuk menentukan mana saja yang perlu untuk anda lakukan.

Menyadari apa saja yang mengganggu konsentrasi anda merupakan cara yang paling ampuh untuk dilakukan. Bahkan tidak jarang cara ini merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang lebih efektif dilakukan pada diri anda. Buat diri anda sadar bahwa ada hal-hal yang tidak bisa membuat anda fokus dan lakukan perbaikan dari yang sebelumnya anda lakukan. Hal tersebut lebih baik ketimbang berusaha berkonsentrasi namun mudah teralihkan dengan cara yang mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.