5 Cara Menjadi Orang Kaya

oleh -409 Dilihat

Cara menjadi orang kaya dapat kita gapai dengan berbagai proses masing-masing yang berbeda pada setiap individu. Namun demikian kita tak boleh menyerah untuk bermimpi.

Siapa yang tidak ingin menjadi kaya. Memiliki harta yang berlimpah dan hidup yang berkecukupan. Bahkan bisa membantu orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Bagi sebagian orang yang memiliki jiwa social tinggi pasti sangat miris dan ingin membantu saudara-saudara kita yang sedang kesusahan. Tapi bagaimana bisa kita membantu orang lain jika diri kita sendiri belum bisa tercukupi.

Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu motivasi untuk diri supaya menjadika diri sebagai orang kaya yang tercukupi agar bisa membantu orang lain. Mindset seperti ini juga termasuk jiwa kaya.

Cara menjadi orang kaya di usia muda memang tidaklah mudah. Memerlukan kerja keras dan kegigihan serta ketekunan yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Diperlukan niat yang kuat dari dalam diri dan juga konsistensi untukterus menerus berusaha tanpa menyerah.

Namun sebelum membahas lebih dalam mengenai cara menjadi orang kaya, ada baiknya kita pahami apa arti kaya itu sendiri. Ada beberapa arti berdasarkan sumber yang berbeda. Namun kita ambil arti kaya dalam islam saja ya.

Arti Kaya Menurut Islam

Di dalam islam sediri menganjurkan pada umatnya untuk menjadi orang yang kaya. Maksud dari kaya adalah secara materi yang berasal dari sumber yang halal dan jelas.

Berdasarkan pendapat yang pernah dikatakan oleh Rasulullah SAW mengenai tolak ukur kekayaan seseorang tidaklah hanya dinilai berdasarkan banyak hartanya saja. Beliau mengatakan bahwa kekayaan itu juga diukur dengan hal yang hakiki misalnya kekayaan jiwanya.

Beliau mendefinisikan kaya dengan tidak banya berupa benda atau uang, namun juga kaya hati juga mental. Dengan mental kaya maka orang tersebut tidak akan mudah menyerah dalam belajar dan mengembangkan diri dalam segala hal termasuk cara menjadi orang kaya.

Inilah 5 Cara Menjadi Orang Kaya

Ada banyak peluang dan cara menjadi orang kaya yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari hari. Cara-cara ini perlu dilakukan dengan niat dan kemauan yang kuat serta konsistensi. Hasil dari cara ini tergantung dari bagaimana usaha dan kerja keras Anda untuk mencapainya.

Apa saja 5 cara menjadi orang kaya tersebut, inilah penjelasannya.

1.    Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu dan Hindari Berhutang

Meskipun utang bukanlah hal buruk di segala aspek, namun sebaiknya hindarilah berhutang. Bahkan cara cepat kaya halal pun tidak dengan utang yang banyak hanya untuk memenuhi keinginan konsumtif kita saja.

Usahakan untuk membeli barang yang memang sesuai dengan kemampuan Anda misalnya lampu belajar hadiah dari ayah. Sebelum membelinya pikirkan dengan matang apakah barang tersebut Anda butuhkan. Jika hanya mengikuti nafsu dan gengsi maka Anda akan sulit menjadi kaya, malah terlilit utang.

2.    Perbanyak Sumber Pemasukan Uang

Menjadi kaya berarti kita perlu menambah lebih banyak sumber pemasukan keuangan. Hal ini tidak mudah dan butuh kerja keras, tidak seperti cara cepat kaya dalam 1 hari bagai sulap.

Cara menjadi orang kaya yang satu ini butuh keterampilan. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil, seperti:

  1. Menambah jam kerja untuk lembur, karena gaji lembur lebih tinggi dari gaji
  2. Melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan waktu luang Anda di samping pekerjaan utama.
  3. Mengikuti kursus atau pelatihan tertentu yang berpotensi meningkatkan penghasilan Anda.

Setiap kali ada kesempatan, ambillah peluang tersebut. Lakukan dengan maksimal namun tetap menjaga kesehatan tubuh Anda.

3.    Mulailah Menabung dan Hidup Hemat

Cara menjadi orang kaya dengan menabung sudah sering kita dengar. Bahkan ada pepatahnya yaitu hemat pangkal kaya.

Biasakan untuk menyisihkan uang yang Anda miliki kemudian ditabung. Hidup berhemat dengan mengatur keuangan Anda lebih bijak mulai saat ini. Namun sesuaikan pula dengan usia Anda.

Ada banyak tips mengatur keuangan yang bisa Anda pelajari di internet. Setidaknya Anda harus menyisihkan 15% dari penghasilan kotor selama setahun untuk tabungan.

4.    Memangkas Pengeluaran

Tinjau kembali mengenai pengeluaran dan pemasukan Anda setiap bulannya. Berapa banyak jumlah pengeluaran yang sudah Anda belanjakan. Ada banyak aplikasi keungan untuk menghitung hal semacam ini.

Sehingga Anda tahu kemana saja uang keluar, paling banyak pada pengeluaran apa. Berapa persen pengeluaran dari penghasilan.

Dari jumlah tersebut sebisa mungkin kurangi jumlah pengeluaran. Entah itu di biaya tagihan listrik atau kurangi berlangganan pada hal yang tidak begitu urgent seperti berlangganan platform musik.

5.    Mulai Investasikan Uang Anda

Investasi mulai marak di kalangan masyarakat. Cara menjadi orang kaya dengan berinvestasi cukup baik bagi Anda yang sudah memahami mengenai saham.

Karena berinvestasi pada saham rata-rata memerlukan waktu yang cukup lama. Ekspektasi berinvestasi pada saham adalah memang untuk kestabilan jangka panjang.

Jika Anda sudah mempelajarinya dengan mendalam maka cobalah berinvestasi. Dengan begitu Anda dapat membangun simpanan kekayaan yang besar dan bisa jadi cara menjadi kaya tanpa kerja. Walaupun tidak ada kekayaan tanpa kerja kecuali Anda memenangkan lotere atau terlahir kaya raya.

Lakukan lima cara menjadi orang kaya di atas dengan sungguh-sungguh, tekun dan konsisten. Jika sudah menjalankannya dengan baik dan maksimal maka serahkan hasilnya kepada Allah. Tak lupa panjatkan doa agar seimbang antara usaha dan doa.