Wisata Alam Gunungkidul Curug Nglarangan Gedangsari

oleh -299 Dilihat
Wisata Alam Gunungkidul Curug Nglarangan Gedangsari
instagram.com/p/BJ7abi4gNL_/?hl=id&tagged=curugnglarangan

JOGJA POST – Wisata alam Gunungkidul memang sudah tak diragukan. Di sana sangat kaya akan potensi wisata alam berlandaskan latar belakang pegunungan menoreh. Salah satu yang jadi daya pikat wisata di Gunungkidul yaitu air terjun. Kawasan memiliki satu air terjun yang menarik, bagus, indah dan alamat yaitu air terjun Nglarangan. Warga setempat lebih senang memanggilnya dengan istilah curug Nglarangan.

Sejarah Curug Nglarangan

Sebenarnya, letak curug Nglarangan masih berdekatan dengan curug Indah Tegalrejo. Letak kedua curug ini saling berdekatan yaitu berada di satu kawasan Gedangsari. Asal mula nama curug Nglarangan karena posisinya berada persis di Desa Nglarangan. Sehingga warga lebih mudah menamainya dengan nama desa setempat. Curug Nglarangan memiliki ketinggian tebing yang kecil yaitu tak lebih dari 7 meter.

Mitos Curug Nglarangan

Sebagai satu tempat wisata yang unik, curug Nglarangan masih menyimpan misteri. Apalagi terkait dengan asal usur bagaimana air terjun ini terbentuk. Sejauh yang terdengar, curug Nglarangan tidak memiliki kisah seram atau mitos. Keberadaan curug ini sendiri berkat hasil dari fenomena alam biaya yang sering terjadi di muka bumi selama ratusan tahun silam. Karena lokasinya dekat pegunungan, curug bisa muncul karena perubahan muka bumi.

Jam Buka Curug Nglarangan

Curug Nglarangan sangat indah mempesona dan masih alami. Sayangnya tempat ini masih sangat sepi dan jarang ada pengunjung yang datang ke curug Nglarangan. Bila Anda ingin menikmati pemandangan indah sembari camping bersama tanpa bingung mencari lokasi sepi, di sini tempatnya. Jam buka curug Nglarangan selama 24 jam, artinya wisata ini bisa dikunjungi kapan saja.

Tiket Curug Nglarangan

Keindahan curug Nglarangan memang istimewa. Dibekali oleh sejuknya pepohonan dan bebatuan tebing yang khas semakin membuat curug ini mempesona. Untuk dapat masuk ke kawasan, Anda tidak dipungut biaya namun hanya membayar uang untuk parkir kendaraan. Sediakan beberapa uang untuk parkir Rp. 3.000 per motor dan sekitar Rp. 5.000 untuk satu mobil.

Fasilitas Curug Nglarangan

Curug Nglarangan merupakan kawasan wisata yang letaknya masih sangat tersembunyi. Membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai dan juga harus melewati jalan yang berliku. Jauh dari rumah warga, tentu saja fasilitas yang tersedia kurang memadai. Anda hanya menjumpai fasilitas alam seperti batu-batu, pohon rindang dan kolam pemandian. Sementara fasilitas lain seperti warung, kamar ganti, parkir dan sebagainya sangat jauh dari lokasi.

Alamat Curug Nglarangan

Trek yang harus dilalui untuk menuju lokasi tidaklah mudah. Anda harus melewati beberapa kontur jalan mulai dari yang halus sampai menanjak dan licin. Belum lagi lokasinya cukup jauh dari rumah warga. Dari lokasi penitipan kendaraan, Anda masih harus berjalan menyusuri sawah, menyusuri sungai, jalan berputar dan berbatu. Lokasi curug Nglarangan ini berada di Desa Nglarangan, Gedangsari, Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.