Deretan Fakta Gunung Bromo yang Menarik Dikupas

oleh

Fakta Gunung Bromo

Gunung yang terdapat di Kabupaten Lumajang ini menjadi salah satu objek wisata pendakian yang banyak menarik pelancong. Sebenarnya bukan hanya terletak di Kabupaten Lumajang saja, tetapi terletak di empat kabupaten yang berbeda. Fakta Gunung Bromo yang satu ini tentu bisa membuktikan besarnya Gunung Bromo itu sendiri.

Keindahan kawasan Gunung Bromo terlebih dengan banyaknya sewa jeep Bromo berhasil membuat para pelancong untuk berbondong-bondong melihatnya dengan mata kepala sendiri. Selain keindahan alamnya, nyatanya banyak sekali fakta menarik Gunung Bromo yang bisa dibahas.

Fakta Gunung Bromo

Mengetahui fakta Gunung Bromo bisa membuat kunjungan Anda ke gunung yang satu ini menjadi lebih bermakna. Berikut adalah pembahasan mengenai fakta-fakta yang bisa Anda temukan di gunung yang memiliki ketinggian 2329 mdpl ini.

1.      Keberadaan Kompleks Pegunungan Tengger

Dahulu antara Gunung Bromo dan Gunung Tengger berhimpitan letaknya.  Dan akibat letusan yang dahsyat dari Gunung Tengger terbentuklah kaldera yang memiliki diameter melebihi 8 kilo meter. Sekarang kaldera ini menjadi lautan pasir dan sekarang Anda bisa menikmati pemandangan lautan pasir tersebut.

Selain lautan pasir, terdapat pula gunung-gunung lain yang membentuk Kompleks Pegunungan Tengger. Gunung-gunung yang bisa Anda nikmati pemandangannya di kompleks pegunungan ini antara lain Gunung Batok. Gunung Widodaren, Gunung Watangan, dan Gunung Kursi.

2.      Fenomena Embun Es

Musim dingin hanya bisa Anda lihat dan nikmati di negara yang memiliki empat musim. Namun di Indonesia, Anda bisa menikmati yang namanya fenomena embun es. Fenomena ini mirip sekali dengan salju yang ada di negara empat musim. Akan tetapi Anda haya bisa menemukan fenomena menarik dari Gunung Bromo ketika pergantian musim saja.

Terjadinya fenomena embun es berawal dari perbedaan suhu yang drastis ketika pergantian musim. Perbedaan suhu ini mengakibatkan embun yang turun di Gunung Bromo menjadi kristal. Atur liburan Anda di waktu pergantian musim ini agar Anda bisa menikmati fenomena yang satu ini.

Itulah dua fakta Gunung Bromo yang bisa Anda temukan ketika berkunjung kesana. Sekarang Anda tentunya semakin tertarik untuk mengunjungi kawasan Gunung Bromo, bukan? Segera periksalah jadwal Anda dan atur liburan ke Gunung Bromo sekarang juga!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.