Gambar Lapangan Bola Voli, Ukuran dan Sejarahnya

Gambar Lapangan Bola Voli

Gambar Lapangan Bola Voli mungkin sering Anda lihat di berbagai media baik itu cetak maupun digital. Atau bahkan Anda melihat gambar tersebut melalui layar televisi ketika sedang menonton pertandingan bola voli bersama keluarga. Menonton cabang olahraga ini tidak kalah seru dan menyenangkan dibandingkan dengan menonton pertandingan bola.

Cabang olahraga bola voli merupakan cabang olahraga yang termasuk dalam kategori terkenal di Indonesia. Daripada cabang olahraga lainnya bola voli minimal sudah diperkenalkan kepada siswa sejak mereka duduk di bangku Sekolah Dasar.

Gambar lapangan bola voli mungkin adalah salah satu materi perkenalan bola voli ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi anak sekolah dasar belum benar-benar memegang dan memainkannya di lapangan secara langsung. Jadi, hanya sebatas teori mengenai bola voli saja.

Baru ketika sudah menginjak di Sekolah Menengah Pertama Anda bisa memenang secara langsung dan bermain bola voli bersama teman-teman Anda. Memori itu tentu menjadi hal yang sangat berharga sekarang. Pasti Anda akan senyum-senyum sendiri ketika mengingat masa-masa belajar bola voli tersebut.

Dulu mungkin Anda tidak terlalu memikirkannya, tetapi sekarang mungkin Anda penasaran mengenai seperti apa sebenarnya lapangan bola voli itu. Baik itu mengenai ukuran dari lapangan bola voli hingga sejarah dari lapangan berbentu persegi panjang dengan net di tengah-tengahnya tersebut.

Gambar Lapangan Bola Voli dan Penjelasan Mengenai Ukurannya

Gambar lapangan bola voli biasanya terdapat lengkap dengan ukuran setiap bagian-bagian dari lapangan tersebut. Seperti yang Anda ketahui melalui jurnal online bahwa lapangan bola voli terbagi menjadi dua bagian. Satu sisi bagian untuk satu tim voli dan satu sisi lainnya untuk tim lawan.

Secara keseluruhan lapangan bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter atau 18 x 9 meter. Ukuran ini sudah standar ukuran untuk lapangan bola voli internasional. Jadi, tidak ada perbedaan ukuran antara lapangan bola voli di Indonesia dan lapangan bola voli di dunia internasional.

Gambar lapangan bola voli secara lengkap terdapat rincian ukuran lapangan bola voli yang tidak terlalu rumit karena bagian-bagian lapangannya tidak banyak. Ukuran panjang dari lapangan dari net hanya sebesar 3 meter saja untuk kedua sisinya. Dan sisanya ada ruang kosong bagian belakang yang biasa menjadi tempat libero selebar 9 meter.

Ada area di luar lapangan bola voli yang digunakan untuk tim berpijak. Luasnya berjarak berada di antara 3 – 5 meter dari lebar lapangan. Dan luas sekitar 3 – 8 meter di bagian panjangnya. Itulah ukuran keseluruhan dari lapangan bola voli. Jadi, untuk membuat lapangan bola voli Anda membutuhkan lahan paling tidak seluas 34 meter x 14 meter.

Gambar lapangan bola voli biasanya tidak menyertakan gambar dari netnya. Karena penggambarannya menggunakan perspektif yang berbeda sehingga sulit bila menyatu pada gambar yang sama. Ukuran net untuk tim bola voli putra dan putri memiliki perbedaan. Berikut ini adalah penjelasan ukuran netnya.

1.      Ukuran Net untuk Tim Bola Voli Putra dan Penjelasannya

Panjang keseluruhan dari jaring netnya adalah 9,5 meter dan lebar netnya adalah 1 meter. Pada net bola voli bagian kiri dan kanannya terdapat masing-masing antena yang memiliki tinggi 80 cm dari atas net. Sedangkan tinggi dari net bola voli putra adalah 2,43 meter.

Gambar lapangan bola voli mungkin bisa Anda pahami dengan mudah. Tetapi Anda mungkin bingung dengan keberadaan antena di gambar jaring netnya. Antena ini bukan sekedar hiasan saja, melainkan ada fungsi tersendiri. Fungsi dari antena tersebut adalah untuk menyatakan mati atau keluar tidaknya bola voli.

Net bola voli dipasangnya tidak tepat pada garis luar lapangan. Jadi, ada ruang selebar 80 cm di masing-masing sisinya. Artinya sisi ini juga masuk ke arena yang bisa menyatakan bola mati atau keluar.

2.      Ukuran Net untuk Tim Bola Voli Putri dan Penjelasannya

Pada dasarnya ukuran dari net bola voli putri tidak jauh berbeda dengan ukuran dari net bola voli putra. Rincian ukuran dan komponen yang ada di dalamnya juga sama persis. Namun, tentu saja ada hal yang membedakan kedua net tersebut. Hal yang berbeda terletak pada tinggi dari net bola voli.

Gambar lapangan bola voli memberi keterangan tinggi bola voli putri hanya 2,24 meter saja. Ada perbedaan sebesar 0,19 meter. Termasuk perbedaan yang cukup tipis atau tidak drastis sama sekali. Anda sekarang pasti penasaran bukan alasan dibalik berbedanya tinggi net putra dan putri?

Alasannya adalah perbedaan fisik dari putra dan putri tim pemain bola voli. Karena perbedaan fisik ini sudah menjadi sebuah takdir yang tidak bisa berubah, maka net sedikit turun. Dengan begini permainan bola voli putra dan putri menjadi setara.

Gambar Lapangan Bola Voli dan Sejarahnya di Indonesia

Permainan bola voli masuk ke Indonesia sudah sejak lama, yaitu pada tahun 1928. Masuknya permainan ini dipelopori oleh guru jasmani yang merupakan orang belanda. Sedangkan olahraga bola voli sebenarnya diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895.

Gambar lapangan bola voli dulu maupun sekarang tidak banyak berubah. Hanya beberapa penyesuaian untuk kondisi zaman sekarang ini. Permainan yang Anda kenal dengan nama bola voli ini dulu bernama mintonette. Terdengar asing karena memang penciptanya adalah berasal dari Amerika Serikat.

Pada awal masuknya olahraga bola voli di Indonesia tidak semua orang bisa dengan bebas memainkannya sesuka hati. Hanya orang-orang Belanda yang memiliki kedudukan tinggi yang bisa memainkannya. Dan Indonesia mulai belajar olahraga ini dari orang Belanda.

Siapa yang menyangka bahwa permainan ini memiliki banyak peminat di Indonesia dan mulai bermunculan klub bola voli di kota-kota besar. Tepatnya pada tanggal 22 Januari 1955 lahirlah organisasi yang menaungi klub bola voli di Indonesia. Dan sampai sekarang pun peminat dari cabang olahraga ini seolah tidak pernah surut.

Gambar lapangan bola voli mini sering berfungsi sebagai miniatur lapangan untuk mengatur strategi ketika sebuah tim bola voli akan bertanding. Pelatih akan memegang papan kecil yang merupakan representasi dari lapangan bola voli dan pion-pion magnet untuk menjelaskan ke setiap anggota tim.

Sekarang olahraga bola voli sudah sangat berkembang. Bahkan tidak jarang ada kejuaraan nasional maupun internasional yang berhasil diikuti tim bola voli Indonesia. Pada tingkat sekolah menengah pun sekarang sudah memiliki tim bola voli sendiri dan kejuaraannya sendiri.

Demikian ulasan mengenai gambar lapangan bola voli lengkap dengan penjelasan ukuran serta sejarahnya. Di sini pasti Anda menemukan hal menarik yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, bukan? Anda pun pasti tertarik untuk setidaknya memainkan satu atau dua permainan bola voli bersama teman sambil mengenang masa-masa belajar bermain bola voli.

Galeri untuk Gambar Lapangan Bola Voli, Ukuran dan Sejarahnya

Gambar Gravatar
Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Penulis Buku Berani Angkat Pena Temukan saya di Channel Youtube Zamhari Official

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *