Kaos Dakwah dan Dakwah Kekinian

oleh -196 views

Kaos Dakwah

Kaos dakwah adalah kaos yang berisi pesan positif mengenai ajaran agama islam dengan maksud menyeru kepada kebaikan. Salah satu sarana berdakwah dengan cara yang lebih kekinian, menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Kaos sebagai pakaian paling nyaman yang menjadi favorit semua kalangan. Hampir semua orang setiap hari memakai kaos untuk berbagai aktifitas.

Kalangan anak muda sebagai trend setter adalah agen-agen dakwah yang sangat potensial. Karakter mereka yang suka berbaur, memperluas pergaulan, membentuk komunitas, suka berpetualang dan mencoba hal baru bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Mengenalkan brand, melakukan penjualan tentu akan sangat mudah, ketika menyasar anak muda. Karena mereka menyukai dunia fashion.

Berbicara tentang dakwah, selalu lekat dengan mimbar, masjid, forum kajian, rutinitas pengajian dan sebagainya. Ajaran islam sendiri bersifat universal, mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Aktifitas dakwahpun ikut berkembang. Lebih fleksibel dari segi tempat, waktu dan konsep. Pelaku dakwahpun tidak terbatas pada ulama, ustadz, ustadzah, dan tokoh-tokoh terkemuka agama lainnya.

Anak muda, orang tua, dari berbagai kalangan bisa menjadi pelaku dakwah. Dengan cara paling sederhana yaitu melalui tulisan pada pakaian. Kaos dakwah adalah media paling mudah dan bisa digunakan dalam menyampaikan pesan ajaran agama islam. Tanpa ceramah di mimbar, kita sebagai orang biasa bisa mendapat pahala dakwah.

Kriteria Kaos sebagai Kaos Dakwah

Kaos dakwah harus mencerminkan nilai-nilai ajaran islam. Tidak mengikuti gaya pakaian tokoh-tokoh jahiliyah, menutup aurat dengan sempurna, tidak memuat pesan atau gambar vulgar dan provokatif, baik dan nyaman digunakan. Untuk muslimah harus menutup aurat, longgar, tidak membentuk lekuk tubuh dan tidak menerawang. Dari segi bentuk berbeda dengan kaos pada umumnya.

Dengan mengenakan kaos yang lebih islami, sebenarnya kita sudah melakukan dakwah. Memberi contoh, mengajak orang lain untuk mengikuti. Terlebih untuk wanita, umumnya mereka akan mengikuti gaya berpakaian paling baru. Dengan kehadiran kaos dakwah muslimah kita bisa mengajak untuk berpakaian syar’I, namun tetap kekinian dan nyaman.

Yang membedakan kaos dakwah dengan kaos pada umumnya adalah pada desain. Bisa berupa gambar ataupun tulisan. Menunjukkan identitas muslim, berisi ajakan positif dalam hal agama, akhlak dan aqidah. Kaos ini menjadi unik dan eksklusif karena biasanya belum diproduksi secara masal. Tidak ditemukan di toko-toko pakaian pada umumnya.

Penjualannya melalui sistem online, dan distro, belum dijual secara bebas seperti kaos pada umumnya. Terbatas untuk kaum muslim saja karena memang merupakan media untuk dakwah agama islam. Meskipun terbatas untuk muslim tetapi jangkauan pemasarannya sangat luas. Muslim sebagai mayoritas penduduk Indonesia menjadi ide bisnis yang menarik dan pasar yang menjanjikan.

Beberapa Contoh Kaos Dakwah untuk Anak

Afra kids adalah salah satu contoh brand kaos dakwah. Target market nya adalah anak-anak kecil sampai usia sekolah. Dengan karakter tulisan yang menarik dan ceria khas anak kecil, membuat anak nyaman dan percaya diri menggunakannya. Pesannya pun sederhana dan persuasif. Beberpa ditulis menggunakan bahaasa Inggris, yang menjadikannya lebih keren dan unik.

Jagoan muslim, kaos anak satu ini banyak bertema khulafaurrasidin. Seperti Ali bin Abu Thalib sang pintu gerbang ilmu, Abu Bakar Ash Shiddiq, Abu Ubaidah Bin Jarrah sang penakluk syam, Muhammad Al Fatih dan lain sebagainya. Tujuannya untuk mengenalkan anak-anak kepada tokoh-tokoh pejuang Islam. Mengalihkannya dari tokoh-tokoh fiktif yang tidak mendidik.

Kaos muslim Prayer,selain memproduksi kaos untuk anak muda dan dewasa juga mengeluarkan produk khusus anak-anak. Desainnya berupa tulisan-tulisan positif dan menggelitik khas anak-anak. Seperti: calon dai cilik, aku calon hafidz, kata-kata yang positif dan dapat menjadi sugesti. Sangat menarik. Dengan pemilihan desain yang kontras dengan warna dasar kaos semakin keren.

Contoh Kaos Dakwah untuk Dewasa

Zamz, merupakan brand yang mengkhususkan kaos muslim bagi pria. Pesan yang disampaikan melalui desain kaos berupa pesan akidah akhlak, tauhid dan dipadukan dengan seni islam yaitu kaligrafi. Sangat eye catching, desainnya unik dan menarik tanpa mengurangi esensi dari tujuan kaos muslim itu sendiri. Ada dua jenis produk yaitu T-shirt dan Raglan.

Muamala, merupakan kaos islami yang mengkhususkan segmen anak muda. Bahasa gaul yang dikemas rapi dan lebih santun menjadi ciri khasnya. Ide pertama kali muncul karena melihat fenomena anak alay. Anak-anak muda penggemar kaos distro, mengikuti tren luar negeri. Muamala menjadi alternative fashion yang lebih islami untuk anak-anak muda.

Nusagates, selain memproduksi kaos islami pria juga tersedia kaos untuk muslimah. Tentunya dengan lengan panjang dan ukuran yang lebih longgar. Tersedia berbagai ukuran mulai dari muslimah anak sampai muslimah dewasa. Kaos dakwah khusus muslimah ini tentu menjadi best seller,karena jarang dijumpai di distro lain.

Asika store, salah satu produsen kaos islami di kota Cirebon. Menyediakan kaos islami untuk pria. Tujuannya sama yaitu menekan perkembangan kaos-kaos berdesain non islami. Berisi pesan ringan mengenai ajaran agama islam.Tersedia kaos lengan pendek dan lengan panjang. Mulai dari ukuran M sampai XXL. Pembelian bisa dilakukan melalui online di web, dan agen resmi Asika store.

Nilai-nilai ajaran agama dan kreatifitas ternyata bisa dipadukan menjadi media dakwah kekinian. Bahkan bisa dibawakan oleh anak-anak muda melalui pesan yang jelas terpampang pada kaos yang dikenakannya. Masih terbilang pendatang, dan merupakan gebrakan baru dalam dunia fashion. Dibutuhkan peran kita, masyarakat dan produsen kaos dakwah untuk membantu menjaga eksisteni dan perkembangan kaos dakwah.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *