Manfaat Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

oleh -132 views

Manfaat Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan

Mendukung pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur sangat membutuhkan peranan jasa kontraktor bangunan. Banyak perusahaan kontraktor yang sering kita dengar dan lihat kiprahnya dalam pembangunan. Baik untuk sarana umum ataupun untuk bangunan komersil. Bahkan mungkin tanpa sengaja kita melihat label logo perusahaan jasa kontraktor pada alat berat yang sedang digunakan.

Pekerjaan kontraktor bangunan bukan hanya membangun gedung, jalan, jembatan, real estate, pusat perbelanjaan, pabrik, gudang dan sebagainya. Tetapi juga dalam hal pemeliharaan gedung dan bangunan. Kegiatan renovasi juga menjadi salah satu cabang bisnis yang dikerjakannya. Bayangkan tidak adan perusahaan penyedia jasa kontraktor di Indonesia. Pembangunan pasti akan berjalan lebih lambat.

Terutama untuk pembangunan infrastruktur Negara, peran kontraktor sangat diperlukan demi kelancaran proses pembangunan. Pemerintah tentu sangat memperhitungkan dan mempertimbangkan dengan matang dalam memilih kontraktor. Yang diharapkan adalah kualitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Karena infrastruktur seperti jalan raya, jalan tol, jembatan dan sebagainya akan digunakan dalam jangka waktu lama.

Keberadaan perusahaan kontraktor sangat diperlukan juga untuk kepentingan komersil. Misalnya pembangunan kantor cabang perusahaan di kota-kota di seluruh Indonesia, memenuhi permintaan terhadap ketersediaan fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, taman kota, wahana bermain, arena olah raga, pembangunan infrastruktur daerah pariwisata dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pentingnya Jasa Kontraktor Bangunan

Kontraktor bangunan adalah perusahaan yang melakukan kontrak perjanjian untuk mengerjakan pembangunan sesuai pesanan klien. Klien yang dimaksud bisa dari pihak pemerintah, bisa juga dari swasta. Tujuannya sama yaitu mencari tenaga professional untuk mengerjakan proyek besar dan penting.kontraktor yang dipilihpun umumnya yang sudah berpengalaman mengerjakan proyek berskala nasional.

Perusahaan kontraktor umumnya sudah berpengalaman dan mempunyai portofolio yang bisa dipertanggungjawabkan. Ini menjadi acuan dalam menentukan pemilihan jasa kontraktor. Di Indonesia banyak perusahaan kontraktor bangunan yang professional dan sudah tersertifikasi, sebut saja Wijaya karya (WIKA), Adhi Karya, Waskita Karya (Waskita), PT.PP persero dan masih banyak lagi.

Kontraktor bangunan sudah ahli dalam mengerjakan proyek-proyek besar dengan inovasi terbaru. Jasanya sangat dibutuhkan dan dicari. Sebagai pihak yang paling penting dalam pelaksanaan proses pembangunan. Selanjutnya akan bertanggung jawab kepada banyak pihak terutama masyarakat secara luas.karena proyek yang dikerjakan merupakan fasilitas umum.

Membantu kelancaran proses penyelenggaraan pemerintahan, mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi, memperlancar distribusi sarana dan prasarana pendidikan, distribusi pangan, mengurangi kemacetan, perluasan pembangunan di segala bidang, menyediakan fasilitas umum yang memadai. Seperti pembangunan bandara, terminal kota, pelabuhan yang berfungsi memperlancar jalannya transportasi di Indonesia.

Tanggung Jawab Kontraktor Bangunan

Perusahaan kontraktor adalah perusahaan yang terbilang bonafide dan menjadi incaran para lulusan kuliah. Dipandang sebagai perusahaan besar, bergaji besar, pekerjaan yang keren dan elegan dan sebagainya. Tetapi perlu diketahui juga beban tanggung jawab yang dihadapi oleh para penyedia jasa konstruksi ini tidaklah ringan.

Penyedia jasa kontraktor bertanggung jawab dalam hal: pekerjaan pembangunan konstruksi yang sesuai dengan peraturan yang telah disepakati, membuat laporan perkembangan pekerjaan yang sedang dilakukan, mengevaluasi lamanya waktu pengerjaan agar bisa selesai dengan tepat waktu sesuai kesepakatan kontrak, menyediakan sumber daya yang dibutuhkan seperti tenaga kerja, bahan bangunan, dan peralatan lainnya.

Perusahaan kontraktor bangunaan juga harus bisa memberi jaminan mutu pada hasil pekerjaannya. Karena nantinya akan digunakan oleh masyarakat luas. Selain itu juga sebagai bentuk pertanggung jawaban dari nilai kontrak. Tanggung jawab ini menunjukkan profesionalitas sebuah perusahaan, dengan keberaniannya memberikan garansi. Dengan begitu akan menaikkan pamor perusahaan itu sendiri.

Contoh Perusahaan Jasa Kontraktor Bangunan di Indonesia

Beberapa perusahaan ini sudah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan di Indonesia. Misalnya PT. Wijaya Karya, turut aktif dalam pembangunan di Indonesia baik untuk kepentingan nasional maupun komersil. Jalan tol, jembatan, bandara, pelabuhan, hotel adalah beberapa karya yang sudah dibuatnya. Wijaya Karya adalah perusahaan milik Negara yang cukup besar. Karena beberapa proyek besar yang dikerjakannya hampir keseluruhan adalah milik negara.

Waskita Karya, perusahaan ini berhasil mengembangkan inovasinya dengan membangun jembatan menggunakan konstruksi beton bertulang panjang dengan sistem kantilever. Konstruksi beton ini baru dikenalkan oleh waskita karya dalam dunia kontraktor. Selain jembatan Waskita juga berhasil membuat bendungan-bendungan yang bisa digunakan oleh masyarat umum.

Kemudian penyedia jasa kontraktor yang banyak berkonsentrasi melakukan pembangunan perumahan. Yaitu PT. Pembangunan Perumahan, persero. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan milik Negara yang hingga saat ini masih terus dibutuhkan jasanya bagi kemajuan pembangunan Indonesia. Selain itu ada juga perusahaan asing yang menjadi penyedia jasa kontraktor di Indonesia.

Standar dan mutu tentu disamakan dengan induk perusahaan. Contohnya Leighton contractor Indonesia, dan bealfourbeaty Sakti Indonesia. Cabang perusahaan yang ada di Indonesai hanya merupakan perpanjangan tangan saja. Perusahaan ini kemudian menjadi kompetitor bagi perusahaan kontraktor milik Negara. Bidang usaha yang digeluti hampir sama yaitu, bidang industri konstruksi, pabrikasi, penyewaan, investasi sampai dengan perdagangan umum.

Prospek Karir Perusahaan Kontraktor Bangunan

Mengingat begitu besarnya peran perusahaan kontraktor bangunan di Indonesia. Prospek karir di perusahaan ini sudah pasti terbuka lebar. Kebutuhan tenaga professional setiap tahunnya pasti meningkat. Perusahaan perlu ide inovasi yang segar dari para lulusan perkuliahan di berbagai sektor usaha perusahaan. Sebagai salah satu langkah meningkatkan mutu perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain yang serupa.

Perusahaan juga pasti ada proses regenerasi karyawan setiap tahunnya. Membuka kesempatan karir bagi lulusan baru atau lulusan lama yang sudah berpengalaman. Setiap tahunnya selalu ada pertambahan dan pertumbuhan perusahaan bidang kontraktor, dan setiap tahun pula pasti ada pergantian karyawan di masing-masing perusahaan. Bisa diperkirakan berapa kebutuhan karyawan tiap tahunnya. Jadi sangat memungkinkan bagi lulusan baru untuk berkarir di perusahaan ini.

Perusahaan kontraktor dikenal sebagai perusahaan yang asset keuangannya sehat. Terbukti dengan memberikan gaji karyawan yang cukup tinggi di segala posisi pekerjaan. Ini juga salah satu yang menjadi daya tarik bagi mahasiswa untuk mencalonkan diri menjadi karyawan. Faktor kesejahteraan financial memang menjadi alasan utama bagi setiap orang dalam memilih karir. Bukan berarti matre, tetapi setiap orang tentu ingin hidup secara layak dan sejahtera.

Pembangunan di Indonesia bahkan di dunia akan selalu bertumbuh setiap tahunnya. Akan selalu inovasi dan teknologi baru yang dikembangkan dan diaplikasikan. Kebutuhan jasa kontraktor akan terus ada bahkan cenderung meningkat dari masa ke masa. Selama permintaan jasa masih ada maka eksistensi perusahaan penyedia jasa masih akan berlangsung.

Segala aktifitas dan kebutuhan kehidupan sehari-hari kita tak lepas dari hasil karya perusahaan kontraktor. Mulai bangun tidur, aktifitas harian pergi sekolah, pergi bekerja, belanja, sampai prasaran kesehatan tak lepas dari kontribusi perusahaan kontraktor. Sekarang bisa kita pahami begitu besarnya peran jasa kontraktor Jogja di bidang bangunan dalam kehidupan jaman milenial sekarang ini.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *