Modul Jam Masjid; Keuntungan Menggunakan Jam Digital Masjid

oleh

Modul Jam Masjid

Mungkin sudah banyak Anda ketahui, bahwa jam digital saat ini semakin memiliki desain menarik. Begitu pula dengan manfaatnya dari modul jam masjid satu ini. Hal tersebut tentu akan sangat berguna bagi pengguna jam pemula. Itu karena modulnya bisa menjadi acuan dalam penggunaan.

Apa itu Modul Jam Masjid?

Saat ini, banyak sekali toko yang jual jam digital masjid. Tapi, tahukah Anda tentang modul jam masjid? Sesuai dengan namanya, modul jam digital masjid ini akan sangat berguna bagi mereka yang baru saja melakukan pemesanan jam angka ini. Mulai dari pemasangannya agar bisa menyala dan digunakan sebagaimana mestinya. Dengan begitu, jam bisa dipasang dan berguna saat itu juga.

Proses pemasangan jam digital masjid juga tidak sebegitu sulit. Apalagi pihak jasa yang membuat jam ini selalu memberikan modul khusus bagi para pengguna. Supaya setelah jamnya mereka ambil, bisa langsung memasang dan menyalakannya. Cara melakukan settings jam, waktu shalat juga mudah.

Anda hanya perlu menekan tombol on / off dan menjadikan tombol lainnya sebagai setting jam sesuai wilayah masing  – masing. Bisa juga melihat secara langsung dari modul jika dirasa bingung untuk mengoperasikannya. Jam digital ini juga akan berjalan otomatis ketika mati, jadi tidak perlu khawatir.

Mengapa Harus Menggunakan Jam Digital Masjid?

Seperti yang sudah Anda  ketahui sebelumnya, bahwa jam digital masjid ini memberikan banyak manfaat berlebih bagi sebagian besar penggunanya. Seperti muadzin yang dapat mengumandangkan adzan sesuai waktunya. Jamaah juga akan tahu kapan waktu shalat berikutnya.

  1. Menampilkan Waktu Shalat 5 Waktu Secara Tepat

Keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan, sesuai pembahasan sebelumnya yaitu dapat menampilkan waktu shalat 5 waktu secara tepat dan akurat. Biasanya ada sebagian masjid yang mengumandangkan adzan terlambat. Padahal sudah memasuki waktunya untuk melakukan adzan.

Penggunaan jam digital ini bisa meminimalisir kejadian tersebut. Supaya para muadzin bisa mengumandangkan adzan sesuai dengan waktunya. Bahkan jam tersebut juga tidak hanya menunjukkan waktu pada umumnya. Bacaan arti surah di Al Qur’ an pun juga tertera di running text.

  1. Jam Waktu dengan Bentuk Angka / Digital

Sesuai dengan namanya, jam digital ini menunjukkan angka. Tentu saja berbeda dengan analog yang menunjukkan jarum jam saja. Banyak yang mengatakan, bahwa jam ini lebih baik dari analog. Mengingat penggunaan jam digital semacam ini tidak hanya muncul menit, tetapi detiknya pun ada.

Tentu saja hal ini bisa menjadi acuan penting untuk dapat melaksanakan shalat. Dengan mengetahui pukul berapa sekarang dalam bentuk digital. Maka Anda bisa memperkirakan waktu shalat sebenarnya jam berapa. Apalagi dengan ada menitannya, menjadi lebih mudah melihat jam shalat.

  1. Jam Digital Jauh Lebih Efektif

Sebagai salah satu bukti alat elektronik yang cukup canggih, penggunaan jam digital ini termasuk yang paling efektif. Itu karena jam angka ini secara otomatis dapat menyesuaikan waktu shalat yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Mengingat waktunya berbeda – beda, jam ini bisa membantu.

Jadi, tidak akan berpengaruh jikalau Anda melakukan pemesanan jam digital ini di luar kota yang berbeda. Itu karena secara otomatis, waktu shalat wajibnya akan berubah sendiri. Misalnya saja, waktu di tempat pribadi pukul 17:51. Sedangkan lokasi jasanya jam 17:26. Nanti jamnya berubah sendiri.

  1. Muncul Sinyal Bunyi Beep

Keuntungan menggunakan jam digital masjid lainnya, yaitu adanya sinyal bunyi beep pertanda waktu shalat sudah tiba waktunya. Hal tersebut tentu saja menjadi keunggulan tersendiri, apalagi para jamaah juga akan mengetahui pukul berapa tepatnya waktu shalat yang sebenarnya di daerahnya.

Dengan adanya sinyal bunyi beep ini, baik pengurus masjid atau bahkan jamaah semuanya tidak akan pernah terlewatkan waktu shalat wajib. Tentu saja lima kali dalam sehari, bunyi tersebut akan selalu memberikan peringatan bahwa sudah waktunya masuk jadwal shalat wajib.

  1. Tanggal dan Kalender Secara Otomatis

Biasanya bagi jam harus diatur lagi jika sudah mati atau kehabisan daya. Namun, berbeda dengan jam digital masjid ini. Itu karena semuanya akan kembali dan berjalan secara otomatis walaupun sebelumnya mati total. Asalkan Anda mencolokkan energi listrik pada kabel bagian belakangnya.

Selain itu, tidak hanya penunjung waktu saja yang tertera di jam digital ini. Melainkan kalender pun juga ada di dalamnya. Jadi, jamaah yang melupakan hari sekarang bisa langsung melihat tanggalan yang tertera pada jam masjid tersebut. Apalagi tampilannya cukup besar, jadi tulisannya jelas.

  1. Ada Iqomah Counter

Selain adanya tanggal dan juga kalender, jam digital ini juga menyediakan fitur berlebih lainnya. Salah satunya adalah adanya iqomah counter atau penanda waktu iqomah, di mana waktu shalat akan segera dimulai. Jadi, pihak muadzinnya bisa memperkirakan kapan harus melakukan iqomah.

Biasanya banyak sekali pihak pengumandang iqomah yang justru mengikuti imam masjid atau mengira sendiri. Namun, akan berbeda jika sudah menggunakan jam digital masjid ini. Apalagi fungsinya juga ada yang sebagai penanda waktu iqomah sudah dekat. Jadi, bisa melihat jam saja.

  1. Cocok Dipasang di Mana Saja

Jam digital masjid yang merupaka buatan dari pihak jasa pembuatan jam ini, sangat cocok untuk Anda letakkan di mana saja. Apalagi jenisnya lumayan bervariasi, ada yang berbentuk kotak hitam biasa. Ada pula yang bentuknya berpigura.

Jam digital modern yang sampai saat ini menjadi banyak pilihan masyarakat. Jam dengan pigura warna keemasan. Dengan adanya pigura tersebut, menjadikan tampilan jamnya jauh lebih elegan dan menarik. Jadi, sangat cocok untuk diletakkan di mana pun.

Itulah beberapa penjelasan yang mungkin Anda butuhkan mengenai modul jam masjid. Sesuai dengan pembahasan di atas, kesimpulannya adalah jam berbentuk angka ini akan memberikan banyak keuntungan. Mulai dari penanda waktu shalat hingga penunjuk tanggal dan kalender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.