Niat Puasa Ramadhan

oleh

Niat Puasa Ramadhan

Niat merupakan hal paling mendasar dalam setiap ibadah. Termasuk ibadah puasa. Tanpa niat puasa Ramadhan, maka puasa yang kita jalankan menjadi tidak sah.

Ada beberapa hal yang kaum muslimim cari untuk menyambut puasa Ramadhan. Beberapa diantaranya yaitu niat puasa Ramadan, doa buka puasa, dan doa sahur. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menyajikannya untuk Anda.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Lafal niat puasa yang laman NU Online lansir harus Anda baca pada malam hari sampai terbit fajar atau sebelum masuk waktu subuh. Jika niatnya tidak Anda baca pada waktu tersebut, kecuali tanpa kesengajaan, maka puasanya tidak sah. Ketidak sengajaan tersebut tidak berlaku bagi yang lupa atau tertidur sehingga tidak membaca niat puasa Ramadhan pada waktunya.

Berikut bacaan niat puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

Artinya: Saya berniat puasa besok  menjalankan puasa bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.

Hadist Niat Puasa Ramdhan

Niat puasa di waktu sahur merupakan salah satu ibadah sunnah dalam puasa. Anjuran melaksakan makan sahur salah satunya telah Anas bis Malik riwayatkan HR Bukhari:

“Sahurlah, karena dalam sahur mengandung keberkahan”

Bacaan Buka Puasa Ramadhan

Ketika tiba waktu berbuka, Rasulullah SAW menganjurkan kepada orang-orang yang puasa Ramadhan untuk segera berbuka. Membatalkan puasanya sesegera mungkin. Makan dan minum adalah bagian dari kebagian.

Berikut bacaan buka puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab dengan artinya bahas Indonesia:

Artinya: Ya Allah karenaMu aku puasa, denganMu aku juga beriman, kepadaMu aku berserah dan karena rezekiMu aku buka puasa, dengan rahmatMu engkau Allah Tuhan Maha Pengasih.

Hadist Buka Puasa Ramadhan

Waktu buka puasa merupakan waktu mustajab untuk berbuka, oleh karena itu, doa orang yang berbuka puasa terutama puasa Ramadhan doanya akan diterima oleh Allah SWT sebagaimana yang sudah disabdakan oleh Rasulullah.

 “Sesungguhnya doa orang yang sedang berpuasa ketika buka tidak akan tertolak.”

Demikianlah ulasan kali ini mengenai niat puasa Ramdhan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.