Cara Membuat Pizza Goreng Crispy Ekonomis

oleh

Pizza Goreng Crispy

Saat ini makanan khas italia yakni pizza sudah banyak berkembang dengan inovasi-inovasi baru. Membuat pizza tak melulu harus memakai oven, kini  Anda dapat memanggang pizza menggunakan teflon. Bahkan baru-baru ini pizza goreng ramai diperbincangkan, karena cara membuat pizza goreng crispy ternyata lebih mudah prosesnya ketimbang metode lainnya.

Cara buatnya yang mudah, dengan bahan sederhana, dan ekonomis adalah faktor kuat varian pizza goreng ini banyak peminatnya. Pizza goreng dapat menjadi camilan sore lezat yang menemani Anda nge-teh di teras. Bagi Anda yang sudah tak sabar ingin membuatnya, simaklah cara membuat pizza gireng crispy berikut ini !

Bahan-bahan

Pertama-tama kenali dahulu bahan-bahan yang harus Anda siapkan. Bahan-bahan tersebut terbagi menjadi dua yakni bahan adonan pizza dan bahan untuk isian pizza.

Bahan untuk membuat roti:

  • 400 gram tepung serbaguna
  • 1 sdm tepung maizena
  • 37 gr susu dancow (1 saset)
  • 2 sdm mentega atau margarin
  • 2 sdt ragi (fermipan)
  • 160 ml air suhu ruang

Bahan untuk membuat pelembut alami:

  • 1 sdm tepung terigu
  • 100 ml air

Demikianlah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat adonan pizza goreng. Selanjutnya  adalah daftar bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat  isian pizza goreng Anda.

Bahan untuk toping isian:

  • Mentega / minysk sayur
  • Bawang bombai potong kotak-kotak
  • Sosis potong kecil-kecil
  • 2 sdm terigu
  • 1 saset susu kental manis dilarutkan dengan 200ml air
  • Sejumput garam, lada, dan gula
  • 1 sdt bubuk oregano kering (untuk menambah cita rasa yang khas dengan italia)
  • 8 sdm saus bolognese
  • 3 sdm saus tomat

Itulah daftar bahan yang harus Anda masak untuk membuat  isian pizza. Anda dapat menambah atau mengurangi bahan isian tersebut sesuai selera Anda. Setelah mengetahui  semua bahan-bahan yang Anda butuhkan, selanjutnya adalah langkah-langkah dari cara membuat pizza goreng crispy.

Langkah-langkah Membuat Isian Pizza Goreng Crispy

Pertama-tama panaskan teflon terlebih dahulu dan lelehkan mentega. Kemudian tumis bawang bombai sampai harum dan sedikit layu. Selanjutnya masukkan potongan sosis dan tumis lagi hingga sosis separuh matang. Lalu masukkan terigu dan tumis lagi hingga tepung matang merata. Selanjutnya adalah masukkan larutan susu saset, lanjutkan menumis hingga sedikit mengental.

Setelah itu masukkan bumbu-bumbu berupa garam, gula, dan lada sebanyak yang Anda mau. Terakhir, masukkan saus bolognese dan saus tomat. Aduk merata dan cicipi rasanya. Bila rasa sudah pas, angkat olahan isian dan dinginkan. Isian pun sudah jadi dan siap Anda gunakan untuk mengisi adonan pizza.

Setelah membuat isian Langkah selanjutnya ialah membuat adonan roti pizza. Akan tetapi sebelum itu, anda harus membuat pelembut roti secara manual dahulu. Pelembut roti dapat menjadikan roti pizza goreng lebih lembut dan berserat bagus. Ini adalah langkah penting dalam cara membuat pizza goreng crispy.

Cara Membuat Pelembut Roti Manual

Bahannya sangat sederhana sekali yakni, campurkan 1 sdm terigu dengan 100 ml air. Aduk larutan tepung tersebut hingga merata. Kemudian masak di atas api kecil hingga larutan pelembut mengental dan lembut. Setelah itu sisihkan hingga dingin.

Langkah-langkah Membuat Pizza Goreng Crispy

Untuk membuat adonan roti  pizza goreng. Campurkan tepung terigu, air, ragi, tepung maizena, susu bubuk, dan gula. Kemudian aduk rata. Setelah itu masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus uleni adonan hingga air habis. Setelah adonan separuh kalis, masukkan  adonan pelembut kue yang sudah dingin tadi, bersamaan dengan mentega. Uleni kembali sampai tidak ada lagi adonan yang lengket di tangan.

Setelah Anda merasa bahwa proses pengulenan adonan sudah cukup, maka selanjutnya Anda harus menutupi adonan tersebut dengan lap bersih, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit maka adonan akan menggembung mengembang. Oleh karena itu, kempeskan adonan yang menggembung tadi, dan mulai potong adonan.

Bagilah adonan ke dalam beberapa bagian. Agar ukurannya merata, Anda dapat menggunakan timbangan digital untuk menimbang agar tiap adonan beratnnya sama rata. (contoh: 25 gr/adonan)

Setelah adonan sudah terbagi-bagi rata, selanjutnya bentuk adonan tersebut membulat seperti bola. Lalu gilinglah adonan tersebut agar sedikit lebih pipih dan membentuk lingkaran. Kemudian masukkan isian pizza goreng di tengah-tengah adonan, lalu lipat adonan menjadi dua, sehingga kini bentuk pizza goreng Anda adalah setengah lingkaran.

Sebelum menggoreng, diamkan lagi adonan pizza goreng yang sudah terisi tersebut selama 15 menit. Setelah 15 menit, gorenglah di api kecil, dan rajin-rajinlah membolak-balikkan  pizza goreng tersebut. Bagian ini sangat penting untuk dilakukan dalam cara membuat pizza goreng crispy.

Hal tersebut untuk menghindari pizza goreng  menjadi gosong dan meletus-meletus. Setelah warnanya menjadi coklat keemasan, maka pizza goreng crispy sudah siap untuk Anda nikmati. Walau prosesnya mudah, akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama pembuatan makanan ini. Simaklah tips dan trik pembuatan pizza goreng berikut ini:

Tips dan Trik Terkait Pembuatan Pizza Goreng Crispy

Berikut adalah tips dan trik dalam cara membuat pizza goreng crispy yang perlu Anda ketahui, agar pizza goreng Anda berhasil, enak, dan anti gagal.

Tips memilih tepung

Dalam cara membuat pizza goreng crispy, Anda harus memperhatikan pemilihan tepung. Sangat disarankan jika Anda memilih untuk memakai tepung protein tinggi atau tepung protein sedang (serbaguna). Karena tepung dengan kadar protein yang cukup dapat membantu ragi mengembang sempurna. Kadar gluten dalam tepung yang tinggi dapat membuat tekstur roti  jadi lebih fluffy.

Perbedaan margarin dan mentega

Perbedaan mentega dan margarin yakni, mentega terbuat dari lemak hewani, mudah meleleh pada suhu ruang dan memiliki aroma creamy yang kuat. Sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati, tidak mudah meleleh pada suhu ruang, dan aromanya tidak terlalu tajam. Meski demikian keduanya memiliki tekstur yang hampir mirip, sehingga dalam cara membuat pizza goreng crispy ini, margarin dan mentega dapat saling menggantikan satu sama lain.

Tips memilih ragi

Ragi sangat rentan terhadap udara. Bila Anda salah menyimpan ragi, besar resiko ragi tersebut menjadi rusak. Sehingga sudah tidak dapat Anda gunakan lagi. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda selalu memakai ragi yang baru.

Giling Adonan

Pastikan Anda menggiling adonan dengan ketebalan yang pas. Tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis. Jika terlalu tipis, maka saat proses penggorengan pizza akan rawan meletus, kulit roti mudah sobek dan terbuka. Sehingga bentuknya jadi tidak cantik lagi.

Resting Adonan

Jangan mendiamkan adonan terlalu lama, maksimalnya adalah 20 menit. Jika terlalu lama, adonan akan menjadi terlalu asam dan beraroma fermentasi ragi. Kemudian saat proses penggorengan, mengakibatkan minyak jadi berbusa, adonan rawan menggembung, dan berpotensi meletus.

Demikianlah tips dan triks seputar cara membuat pizza goreng crispy. Semoga dapat bermanfaat !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.