5 Prospek Kerja di Bidang Pertanian

oleh -88 views

Prospek Kerja di Bidang Pertanian

Dunia pertanian selama ini memang kerap dianggap sebagai sesuatu yang kurang menjanjikan, khususnya bagi sebagian orang awam. Namun, anggapan seperti itu akan bisa terpatahkan jika sudah mengetahui 5 pekerjaan di bidang pertanian dengan omset memuaskan dan telah dibuktikan banyak orang.

Pekerjaan yang Menjanjikan di Bidang Pertanian

Bidang pertanian tidak selalu berhubungan dengan cangkul dan sawah. Jika ditelusuri lebih lanjut, maka terdapat beberapa pekerjaan keren dimana Anda bisa mencobanya dengan persyaratan memiliki keahlian tertentu. Berikut di antara pilihannya:

Konsultan Bidang Pertanian

Pada zaman sekarang ini, banyak usaha tani yang memberlakukan sistem disiplin meliputi perencanaan, konsep administrasi, proses produksi, distribusi, maupun dalam ranah penjualan ke lapangan. Sehingga, bisa menimbulkan kerugian secara perlahan jika dibiarkan terus-terusan terjadi.

Untuk mengatasi kerugian itu, maka diperlukan adanya seorang manager atau konsultan bisnis usaha pertanian. Upaya ini dalam rangka menangani semua administrasi serta berbagai kebutuhan di dalamnya secara terperinci dan jelas jika ditelusuri kemudian hari.

Nah, hal tersebut merupakan kesempatan bagi Anda yang memiliki keahlian sebagai menager. Konsultan perkebunan sawit atau pun hal lainnya bisa dijadikan sasaran untuk melamar pekerjaan. Dengan syarat Anda memiliki kompetensi di bidang ini.

Tenaga Ahli Mekanik

Usaha pertanian yang baik akan menghasilkan barang panen berkualitas yang siap diolah menjadi berbagai macam produk. Tentunya dengan harga jual tinggi, sehingga mendatangkan keuntungan bagi banyak pihak.

Hal tersebut nantinya akan membutuhkan mesin-mesin pertanian dan pengolahan produk untuk pangan. Alat penunjang tersebut tidak perlu canggih, namun bisa dalam bentuk sederhana asalkan berfungsi secara baik.

Seorang produsen dan pemelihara mesin akan semakin dibutuhkan keberadaanya sehingga pekerjaan tersebut masuk dalam list 5 pekerjaan di bidang pertanian paling menjanjikan saat ini jika ditekuni dengan baik.

Inovator Makanan

Saat ini banyak petani yang menjual hasil panen mereka secara mentahan saja dengan harga cukup murah. Padahal, jika diolah menjadi suatu produk makanan akan mendatangkan keuntungan lebih besar.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, peran dari inovator makanan sangat dibutuhkan karena mereka mempunyai pikiran ciamik untuk menghasilkan produk dengan daya produksi murah, tetapi penjualannya bisa tinggi.

Para inovator makanan tersebut juga bisa memberikan saran untuk membuat jenis olahan apa saja yang menjanjikan saat ini. Serta dapat mengarahkan mulai dari proses penyulingan, pengawetan, fermentasi dan memperhatikan kandungan gizinya.

Pelatih Teknik-Teknik Pertanian

Di kawasan pedesaan maupun pegunungan, para petani masih cenderung melakukan kerja di ladang dengan teknik-teknik kuno. Sehingga, perlu diadakan pembaharuan berupa sosialisasi atau pemberian edukasi terhadap mereka.

Pelatih bidang pertanian dengan keahlian yang tidak diragukan mempunyai andil besar dalam mensukseskan rencana itu. Sehingga, para petani desa pun dapat mengembangkan tanaman mereka dengan cara modern supaya hasilnya lebih berkualitas dan unggul.

Marketer atau Pemasar Produk

Seperti halnya usaha lain, bisnis dalam bidang pertanian juga memerlukan sosialisasi atau pemasaran. Harapannya, produk pertanian yang dihasilkan dapat dikenal banyak orang dan menghasilkan banyak keuntungan, serta dapat menghindari risiko kerugian.

Di sini, diperlukan adanya tenaga pemasar atau marketer handal dengan strategi pemasaran yang inovatif dalam bidang pertanian tersebut. Seperti memanfaatkan media sosial maupun internet sebagai jembatan memasarkan produk.

Beberapa ulasan mengenai 5 pekerjaan di bidang pertanian di atas dapat dijadikan sebagai referensi dan pilihan Anda. Semoga dengan adanya wawasan tersebut dapat menginspirasi siapa saja untuk lebih meningkatkan skill mereka dalam dunia pertanian.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *