Sertifikasi ISO 17025! Bagaimanakah Cara Mendapatkannya?

oleh

Sertifikasi ISO 17025

Sertifikasi ISO 17025 adalah standar ISO yang umumnya akan laboratorium gunakan sebagai standarisasi berskala internasional. Bagi sebuah pihak jika mereka memang perlu untuk mendapatkannya, maka ada beberapa cara harus terselesaikan mulai dari mengikuti pelatihan.

Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 17025

Setiap laboratorium harus memiliki akreditasi tertentu agar sesuai dengan standar ISO 17025. Pengakuan ini juga harus lengkap akan sertifikatnya sebagai hak suatu lab dimana menunjukkan bahwa sudah lulus dari pengujian. Seluruh tahapnya tentu tidak mudah karena alat terlihat bersih belum pasti aman.

Mempelajari Tentang Sertifikasi ISO IEC 17025

Sudah menjadi tahapan paling umum ketika Anda hendak mengikuti suatu program maka wajib untuk mengetahui seluruh materi secara keseluruhan. Tujuannya agar semua training nantinya bisa lebih mudah saat ingin memahami. Setidaknya tiap peserta sudah memiliki bekal pengetahuan sebelumnya.

Setiap organisasi akan menerima sebuah pelatihan secara umum tentang ISO IEC 17025. Tujuannya untuk memperluas pengetahuan mereka sekaligus mengetahui apa saja persyaratannya agar bisa lebih mudah memenuhi persyaratan. Misalnya tentang guideline standar serta syarat pendukung tambahan.

Melakukan Analisis Kesenjangan ISO IEC 17025

Berikutnya, Anda bisa melakukan analisis kesenjangan yang berguna untuk menentukan dimana kebijakan perlu mengalami perubahan. Revisi ini khususnya berkaitan dengan opsi analisis, daftar periksa hingga analisis oleh konsultan. Ketiganya pun sama-sama saling berhubungan satu sama lain.

Analisis kesenjangan ini kemudian bisa Anda lanjutkan untuk melakukan perencanaan proyek pelaksanaan 17025. Beberapa diantaranya yakni membuat rencana khususnya yang berkaitan dengan akreditasi 17025. Tujuannya adalah agar keseluruhan pihak bisa segera mengetahui keberadaan gap.

Mendidik Organisasi Berdasar Standar Acuan ISO IEC 17025

Semua karyawan memerlukan pelatihan khusus untuk bisa bekerja menggunakan sistem mutu 17025. Hal ini memiliki peran penting dalam penerapannya. Alasannya seringkali posisi pekerjaan seperti ini melupakan tanggung jawabnya agar dapat menyesuaikan sesuai dengan standar seperti sebelumnya.

Beberapa perusahaan pun juga memilih untuk mengadakan pelatihan khusus kepada karyawan secara online. Hal ini bertujuan agar bisa memaksimalkan waktu pembelajaran sehingga para pekerja masih mampu melakukan tanggung jawabnya dengan maksimal tanpa takut tertinggal materi sistem mutu.

Mendesain dan Mendokumentasikan Sistem Manajemen Mutu Sesuai ISO 17025

Setiap laboratorium wajib untuk melakukan perancangan dan dokumentasi mengenai persyaratan umum khususnya ISO/ IEC 17025. Tujuannya agar mencapai kompetensi manual dan prosedur kualitas laboratorium pengujian dan juga kalibrasi. Bagian paling penting adalah melihat prosesnya.

Proses desain ulang juga seringkali menjadi pilihan untuk memenuhi seluruh persyaratan standar. Setelah melakukan modifikasi dan pengembangan dengan tujuan tersebut, maka perlu mengontrolnya agar tetap sesuai standar. Tidak lupa juga mengambil foto karena menjadi salah satu bagiannya.

Menggunakan, Meningkatkan dan Mengaudit Kinerja 17025 QMS

Setelah sistem Anda berhasil mengalami perkembangan dan tidak lupa juga mengambil dokumentasi, maka seluruh karyawan harus mengikuti prosedurnya. Selain itu juga bisa mengumpulkan catatan sekaligus melakukan perbaikan sistem. Umumnya membutuhkan jangka waktu sekitar 3 bulan.

Sementara audit kinerja 17025 memiliki tujuan tertentu yakni untuk melihat bagaimana sistem terkini berhasil membuahkan hasil atau tidak. Beberapa persiapannya meliputi materi pelatihan ISO 17025, kursus training, daftar periksa serta penilai utama.6

Mencapai Akreditasi ISO IEC 17025

Anda bisa menggunakan standar ISO/IEC 17025 All In One Documentation dan Training Package untuk menerapkannya sendiri pada sistem. Hal ini sudah mencakup pada semua apa yang sebuah perusahaan butuhkan. Selain itu juga mampu menghemat penggunaan uang dan waktu.

Guna mencapai akreditasi, sebagai pemimpin perusahaan juga perlu memilih Badan Akreditasi yang akan melaksanakan audit kedepannya. Anda perlu memastikan jika mereka telah terkualifikasi bersama pihak KAN atau Komite Akreditasi Nasional.

Manfaat Akreditasi Laboratorium Berdasarkan Standar ISO IEC 17025

Dalam mencapai akreditasi khususnya berdasarkan ISO 17025, tentu ada beberapa manfaat bisa menjadi alasan bagi perusahaan untuk mengurusnya. Salah satu yang paling utama adalah mampu meningkatkan prestise laboratorium di tingkat nasional dan internasional sekaligus beban kerja.

Keseluruhan hasil pun sudah terbukti valid hanya jika memiliki dokumentasi secara lengkap. Nantinya akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Selain itu sebuah laboratorium telah terbukti memperoleh ketertelusuran menuju Standar Nasional.

Pengoperasian laboratorium secara terorganisir pun akan kembali mendapatkan kebijakan untuk melanjutkannya kembali agar berorientasi terhadap pelanggan. Pengakuan atas kemampuan tersebut dapat berlaku atas kemampuan personel meliputi teknis dan penandatanganan oleh penilai.

Pentingnya Laboratorium Perlu Mengurus Sertifikasi Saat Ini

Laboratorium pengujian dan kalibrasi komersial secara umum juga perlu mencapai kesepakatan dengan tujuan mampu menerapkan standar Laboratorium Practice dan Kalibrasi in-house. Beberapa diantaranya hanya bertujuan untuk penggunaan internal seperti sertifikasi ISO 9001 bukan ISO 17025.

Jika sebuah laboratorium sudah tidak mendapatkan akreditasi ISO 9001, maka sudah pasti belum mengurus standarisasi ISO 17025. Sementara bagi badan sertifikasi, tidak hanya meliputi pemeriksaan syarat manajemen standar namun juga menggunakan penilai teknis secara spesialis saat menguji.

Lembaga sertifikasi ISO 9001 sendiri telah membatasi pemeriksaan terhadap manajemen mutu. Salah satu alasan paling utama mengapa laboratorium penting untuk mendapatkan ialah agar memperoleh jaminan jika hasil pengujiannya telah valid. Selain itu juga berhubungan dengan nilai anggaran.

Sertifikasi ISO 17025 memang penting untuk setiap laboratorium memilikinya. Sebelumnya, setiap perusahaan bisa mengajukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikutnya perlu menyelesaikan beberapa tahapan mulai dari penerimaan bahan datang hingga persiapan pengiriman barang kopi ready.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.