Mengenal Istilah Supply Dalam Pasar Saham

oleh

Supply

Pasar saham selalu berhubungan dengan  istilah Supply. Sebenarnya apa itu  Supply?  Mari kita membahasnya secara sederhana. Penjual, produsen atau perusahan selalu menyediakan area untuk penawaran dalam pasar. Area penawaran ini disebut Supply. Istilah supply ini sendiri selalu berkaitan dengan istilah Demand atau jumlah keinginan  pembeli.

Dalam pasar, interaksi terjadi antara produsen atau penjual dengan pembeli. Interaksi ini berkaitan dengan penawaran harga atau Supply suatu barang atau produk. Supply selalu berhubungan dengan  ketajaman dan kejelian produsen atau penjual dalam menawarkan produksinya kepada pembeli. Ketajaman ini berkaitan dengan keinginan pembeli, penetapan  harga, dan jumlah produksi.

Keinginan Pembeli

Sebelum memproduksi barang, produsen perlu melakukan spekulasi kira-kira jenis barang pembeli.  Keinginan pembeli sebagai indikator area Supply dan Demand. Produksi barang sebaiknya harus sesuai dengan kebutuhan pembeli karena akan sangat menguntungkan perusahan atau produsen.

Penetapan Harga

Penetapan harga harus sesuai dengan keadaan pasar. Apabila dalam pasar, ada banyak produksi yang sama, maka produsen perlu menetapkan harga yang cocok agar tidak terjadinya kerugian.

Jumlah Produksi

Apabila jumlah produksinya sangat sedikit, sementara kebutuhan pembeli banyak maka kesempatan untuk meraup keuntungan sangat sedikit. Akan tetapi, apabila jumlah produksi barang sangat banyak sementara kebutuhan pembeli sedikit, tentu menciptakan kerugian bagi produsen atau perusahaan.

Kuantitas   pembeli sama dengan kuantitas penawaran  akan menciptakan keseimbangan harga yang efisien. Apabila terjadi surplus luar biasa pada gudang penyimpanan atau Store Supply Room maka Produsen sebaiknya menurunkan harga atau mengurangi produksi untuk mengembalikan persediaan pada level ideal.

Ketersediaan produk produsen dan tingkat penawaran sangat mempengaruhi harga pasar (market price) dibandingkan dengan tingkat penawaran. Bila produsen mensuplai produk para tingkat yang sama dengan permintaan konsumen, maka akan terjadinya keseimbangan (equillibrium).

Begitulah hukum Supply dan Demand dari paparan broker octafx. Dalam proses ini, konsep-konsep ini mempengaruhi pasar yakni permintaan (Demand), penawaran (Supply), harga dan kuantitas akan suatu barang atau jasa. Istilah-istilah ini penting dalam sebuah pasar saham.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.