10 Tempat Wisata di Cirebon

by -984 Views

Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang kaya akan keunikan budaya dan keindahan alamnya. Kota ini terkenal dengan kekayaan sejarahnya, seperti kerajaan Cirebon yang memiliki tradisi tari bedhaya dan tari topeng Cirebon. Selain itu, Cirebon juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Inilah 10 tempat wisata di Cirebon yang patut Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Cirebon

1. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman adalah salah satu istana dari tiga keraton yang ada di Cirebon. Istana ini terletak di jalan Kanoman, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Dibangun pada abad ke-16, keraton Kanoman memiliki arsitektur khas Jawa Barat yang masih dilestarikan hingga saat ini. Di dalam keraton, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi seni dan budaya Cirebon.

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Berdiri sejak tahun 1954, Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan salah satu masjid yang terbesar di Cirebon. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menarik, dengan ornamen dan hiasan berupa batik khas Cirebon. Di dalam masjid, Anda dapat melihat relief-relief yang menceritakan sejarah Islam di Indonesia.

3. Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi adalah sebuah goa yang berada di Desa Sunyaragi, Kecamatan Sunyaragi, Kota Cirebon. Goa ini memiliki arsitektur yang unik dan dipenuhi dengan hiasan batik dan ukiran. Di dalam goa, Anda dapat menikmati keindahan seni dan budaya Cirebon.

4. Wisata Alam Linggarjati

Wisata Alam Linggarjati adalah sebuah tempat wisata yang berada di Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, sekitar 40 km dari Kota Cirebon. Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan, seperti sungai, air terjun, dan tebing batu yang indah. Selain itu, di Wisata Alam Linggarjati juga terdapat tempat camping dan outbound.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut, dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih asri, seperti hutan yang rimbun dan pemandangan pegunungan yang memukau.

6. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi adalah sebuah kampung yang terkenal dengan batiknya di Cirebon. Di sini, Anda dapat melihat proses pembuatan batik dari awal hingga akhir. Selain itu, Kampung Batik Trusmi juga terdapat toko-toko yang menjual batik berkualitas dan beragam jenis.

7. Gua Sunan Gunung Jati

Gua Sunan Gunung Jati adalah sebuah gua yang terletak di Desa Pasarean, Kecamatan Cirebon Utara, Kota Cirebon. Gua ini disebut-sebut sebagai tempat peristirahatan Sunan Gunung Jati, seorang ulama dan penyebar agama Islam di Jawa pada abad ke-15. Di dalam gua, Anda dapat melihat peninggalan sejarah dan nilai-nilai agama yang terdapat pada zaman dahulu.

8. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati adalah salah satu makam yang terdapat di Cirebon. Makam ini merupakan tempat peristirahatan Sunan Gunung Jati, pendiri Kerajaan Cirebon yang terkenal dengan tradisi tari bedhaya dan tari topeng Cirebon. Di sekitar makam, Anda dapat melihat berbagai macam pemandangan indah yang menyegarkan mata.

9. Cirebon Super Block

Cirebon Super Block adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Kota Cirebon. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai macam barang-barang keperluan sehari-hari, mulai dari pakaian, makanan, hingga perlengkapan rumah tangga. Selain itu, terdapat pula wahana bermain anak-anak, food court, dan bioskop.

10. Pantai Kanci

Pantai Kanci adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Kanci, Kabupaten Cirebon. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan halus, serta air laut yang jernih dan tenang. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang menyegarkan, dan melakukan berbagai macam kegiatan seperti berenang, snorkeling, dan surfing.

Demikianlah 10 tempat wisata di Cirebon yang dapat Anda kunjungi. Kota ini memiliki banyak keunikan budaya dan keindahan alam yang masih asri. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di atas, Anda dapat menikmati sejarah dan keindahan alam yang memukau di Cirebon. Ayo, jangan ragu untuk merencanakan liburan Anda ke Cirebon sekarang. Gunakan travel Solo Cirebon agar perjalananmu menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *