Ada Secercah Harapan, Vaksin Covid-19 Bisa Menurunkan Tingkat Kematian Sampai Titik Nol Persen

oleh

Vaksin Covid-19 Bisa Menurunkan Tingkat Kematian

Vaksin Covid-19 Bisa Menurunkan Tingkat Kematian (Gambar: Pixabay/Torstensimon)

Penularan Covid-19 di kalangan tenaga medis masih menjadi perbincangan hangat baik di masyarakat maupun dunia maya. Ada pula beberapa tenaga medis yang meninggal seperti yang terjadi di Wisma Atlet yang menimpa X. Hal ini membuat beberapa pihak mempertanyakan efikasi vaksin dan hubungannya dengan tingkat penyebaran dan kematian.

Sejauh ini vaksin Covid-19 belum bisa dikatakan efektif dalam hal menekan penyebaran dikarenakan kekebalan kelompok atau herd immunity belum terbentuk. Namun berdasarkan penelitian terbaru, ada secercah harapan bahwa vaksin Covid-19 bisa menekan tingkat keparahan kasus dan yang paling krusial, kematian.

Associated Press melaporkan data yang mereka miliki pada hari Senin (28/6/2021) mengenai kasus meninggal akibat Covid-19 di Amerika Serikat. Data ini mereka dapatkan dari catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) disana.

Mereka mencatat ada sekitar 853.000 orang yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi virus Covid-19 pada bulan Mei 2021. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 1200 orang saja yang telah menjalani vaksinasi Covid-19. Jumlah tersebut artinya hanya kurang dari 0.1% saja dari orang yang mendapatkan perawatan di rumah sakit meski sudah divaksin

Data pertama ini dapat disimpulkan bahwa orang yang telah menerima vaksinasi justru lebih sedikit yang terkena infeksi virus Covid-19. Data tersebut juga menguatkan bahwa vaksin Covid-19 dapat mengurangi tingkat keparahan pasien seperti yang diharapkan.

Vaksin Covid-19 Bisa Menurunkan Tingkat Kematian

Namun, ada data yang lebih menarik dari itu, yaitu data mengenai kematian pasien Covid-19 di bulan Mei 2021. CDC mencatatkan sekitar 18.000 kematian akibat Covid-19 di bulan tersebut.

Dari jumlah tersebut terdapat 150 kematian yang terdapat riwayat telah divaksinasi secara penuh sebelumnya. Bisa dikatakan tingkat kematian ini berkisar 0.8% dari keseluruhan kasus kematian pada bulan tersebut.

Artinya, vaksin Covid-19 telah bekerja untuk bukan hanya menurunkan tingkat perawatan atau keparahan kasus, melainkan juga menurunkan tingkat kematian.

Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky menyatakan bahwa vaksin yang saat ini digunakan efektif. “Mereka (vaksin) hampir 100% efektif melawan keparahan penyakit dan kematian, artinya hampir setiap kematian akibat Covid-19 adalah tragis dikarenakan hampir setiap kematian, utamanya diantara orang dewasa, disebabkan Covid-19 ini, dalam titik ini semuanya terlindungi.” katanya sembari menjelaskan pada press briefing selasa waktu Gedung Putih (29/6/21).

Sebagai catatan, di Amerika Serikat saat ini vaksinasi masih terus berjalan. Tingkat vaksinasi saat ini disana sudah mencapai 45% dari jumlah penduduk menurut data CDC. Vaksin Covid-19 yang digunakan di negeri Paman Sam itu adalah Moderna, Pfizer dan Johnson & Johnson, dengan efikasi rata-rata 80-94%.

Sumber:               Science Alert

Associated Press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.