Bus Jogja Heritage, Ini 9 Langkah Mudah Reservasinya

by -597 Views
guide jogja heritage
guide jogja heritage

Bus Jogja Heritage, apa itu? Yogyakarta tidak pernah kehabisan cara untuk memanjakan para wisatawan. Dengan hanya sekali klik di smartphone, traveler bisa menikmati keliling Jogja secara gratis selama satu jam, dan didampingi oleh pemandu atau edukator.

Salah satu cara baru untuk memudahkan wisatawan dan mempromosikan pariwisata Yogyakarta adalah Jogja Heritage Track. Fasilitas ini dikembangkan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Kehadiran Bus Jogja Heritage Track (JHT) Di Yogyakarta

Bus Jogja Heritage Track (JHT) diresmikan pada Maret 2022, dan setiap tahunnya dilakukan peluncuran ulang dengan penambahan konsep baru. Pada tahun 2024, JHT menambahkan konsep tur malam atau berjalan-jalan malam melintasi Jalan Malioboro. Salah satu tujuan dari JHT ini adalah untuk memperkenalkan warisan budaya Jogja kepada para pengunjung.

“Rencananya kita akan melakukan tur berdasarkan tema historikal atau perjuangan Jogja sebagai ibu kota republik, serta rute kuliner dan religius. Saat ini sedang dalam tahap perencanaan oleh Dinas Kebudayaan, mungkin tahun ini bisa diluncurkan,” kata Budi, salah satu edukator Bus Jogja Heritage Track.

Dua Jenis Bus JHT yang Tersedia Untuk Wisatawan

Bus JHT memiliki dua jenis bus, yaitu bus Kraton yang berwarna kuning dan bus Malioboro yang berwarna merah. Selama satu jam perjalanan, traveler akan diajak untuk mengelilingi Jogja sesuai dengan rute yang traveler pilih saat melakukan reservasi.

Perjalanan akan semakin lengkap karena traveler akan didampingi oleh edukator yang siap menceritakan sejarah Jogja mulai dari masa Panembahan Senopati hingga saat ini. Kabar baiknya, seluruh fasilitas ini bisa traveler dapatkan tanpa dikenakan biaya apapun.

Bisa Keliling Jogja Gratis Tanpa Dipungut Biaya

“Karena memang di sini gratis, kami mendapatkan dana dari Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Budi. Apakah kamu tertarik untuk mencoba Bus Jogja Heritage Track ini? Yuk, ikuti prosedur, rute, dan cara reservasinya.

Prosedur Operasional Jogja Heritage Track

Bus beroperasi dari hari Selasa hingga Minggu pukul 08.00-16.00, dengan libur pada hari Senin. Seluruh pendaftaran dilakukan melalui website jogja heritage. Minimal usia peserta Bus JHT adalah 15 tahun atau setara dengan SMP. Anak-anak di bawah usia tersebut belum dapat menggunakan fasilitas ini.

Kuota maksimal dalam satu bus adalah 8 orang. Reservasi mandiri dapat dilakukan mulai dari H-3 pukul 12.00 WIB hingga kuota terpenuhi. Jika terdapat peserta yang membatalkan reservasi, maka jadwalnya akan dibuka kembali di website.

keliling jogja pakai bus jogja heritage
keliling jogja pakai bus jogja heritage

Peserta yang datang dalam kelompok dapat melakukan reservasi maksimal 5 orang.
Peserta wajib mengenakan pakaian batik, kemeja, dan bersepatu. Penggunaan kaos, celana pendek, dan sandal dilarang.

Peserta diharapkan hadir 15 menit sebelumnya di meeting point, yaitu di Kantor JTTC, Sleman. Cek lokasinya di sini. Setiap peserta wajib mengisi link evaluasi setelah selesai mengikuti kegiatan dengan memindai barcode yang tersedia.

Jadwal Serta Rute Jogja Heritage Tour

Dengan konsep city tour, traveler akan diajak berkeliling Jogja selama satu jam sesuai dengan rute yang dipilih. Selain berkeliling, traveler juga akan diajak berhenti sejenak untuk melihat destinasi wisata seperti Museum Sonobudoyo, Panggung Krapyak, atau Teras Malioboro.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Sangkan Paraning Dumadi

Beroperasi pukul 08.30 WIB dengan dua pilihan bus, yaitu Bus Kraton dan Bus Malioboro. Rute meliputi meeting point, Tugu, Keraton, dan berhenti sebentar di Panggung Krapyak.

2. Paraning Dumadi

Beroperasi pukul 11.00 WIB dengan dua pilihan bus, yaitu Bus Kraton dan Bus Malioboro. Rute meliputi meeting point, Tugu, Keraton Yogyakarta, dan berhenti sebentar di Teras Malioboro.

3. The Legacy

Beroperasi pukul 14.00 WIB dengan dua pilihan bus, yaitu Bus Kraton dan Bus Malioboro. Rute meliputi meeting point, Pojok Benteng, Keraton, dan berhenti sebentar di Museum Sonobudoyo.

4. Colonial Heritage (tur malam)

Beroperasi hanya pada Hari Rabu pukul 18.00 WIB dengan dua pilihan bus, yaitu Bus Kraton dan Bus Malioboro. Rute meliputi meeting point, Tugu Pal, Stasiun Tugu, Malioboro, Titik Nol KM, Bintaran, dan Kota Baru.

Cara Reservasi Bus Jogja Heritage Tour

Tertarik Untuk mencoba berkeliling Jogja Pakai Bus Jogja Heritage ini? Kamu perlu untuk melakukan Reservasi dulu. Begini langkah langkah untuk reservasi naik Bus Jogja Heritage:

  1. Buka website jogja heritage.
  2. Klik menu “Reservasi Bus Jogja Heritage Track”.
  3. Pilih tanggal pemesanan yang diinginkan.
  4. Klik “Liat Jadwal Keberangkatan” dan akan muncul pilihan rute berdasarkan detail informasi sesuai yang diinginkan.
  5. Jika tidak terdapat keterangan “Full Booked,” maka traveler masih dapat memilih rute tersebut.
    Jika sudah menentukan pilihan rute dan bus, pilih menu “Pesan Sekarang”.
  6. Isilah dengan lengkap dan benar informasi yang tersedia, seperti jumlah penumpang, nama penumpang, tanggal lahir, instansi, kota asal, nomor whatsapp, dan alamat email.
  7. Selanjutnya, untuk mendapatkan kode OTP, traveler dapat memilih “Kirim OTP WA” atau “Kirim OTP Email”.
    Setelah mendapatkan kode, masukkan kode OTP pada kolom yang tersedia.
  8. Setelah semua informasi terisi dengan lengkap, klik “Pesan Sekarang”.
  9. Pesanan akan diproses oleh admin dan traveler akan mendapatkan informasi lebih lanjut melalui whatsapp atau Email yang diinput traveler.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Jogja Heritage Track yang bisa menjadi pilihan alternatif bagi traveler yang ingin berkeliling Jogja tanpa mengeluarkan biaya. Meskipun gratis, pengalaman yang ditawarkan oleh JHT sangat menarik, jadi tunggu apa lagi? Segera lakukan reservasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *