Contoh Proposal Kegiatan Sekolah yang Sering Digunakan

oleh

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Memerhatikan aspek perencanaan sebelum melakukan sesutu kegiatan, sangatlah penting. Perencanaan kegiatan tersebut seringkali berkaitan erat dengan pembuatan proposal. Dalam membuatnya, Anda perlu paham terkait poin pentingnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memahami beberapa contoh proposal kegiatan sekolah.

Cara Membuat Proposal Sekolah dengan Baik dan Benar

Sebenarnya, cara membuat proposal sekolah tidak jauh berbeda dengan contoh surat kuasa pengambilan ijazah. Namun perbedaannya, sebelum membuat proposal sekolah, ada baiknya Anda memerhatikan beberapa poin penting. Tujuannya agar nantinya proposal tersebut berakhir bagus dan mungkin bisa mendapatkan peluang untuk bisa pihak sekolah terima.

  1. Latar Belakang dan Tujuan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ialah dengan membuat latar belakang terlebih dahulu. Setelah ada judu / nama kegiatan, isikan latar belakangnya dengan pokok pemikiran dan juga alasan mengapa mengadakan acara terkait.

Kemudian juga tak lupa mencantumkan tujuannya, setiap acara pastilah ada tujuannya bukan? Jadi, Anda harus menuliskan beberapa tujuan dari terlaksananya kegiatan yang akan berlangsung secara runtut.

  1. Tema, Sasaran, Tempat dan Waktu

Tema juga jangan lupa untuk Anda cantumkan juga. Tulis setelah tujuan sebelumnya, kemudian sasaran dari kegiatannya. Misalnya saja target dari terlaksananya acara tersebut adalah seluruh siswa di sekolah.

Kemudian mencantumkan tempat dan waktunya juga, Anda buat poin satu ini secara runtut. Mulai dari lokasi kegiatan tentang kapan akan terlaksana. Jika ingin meminjam fasilitas sekolah, minta izin ke pihak sekolah. Jadi, perjelas rinciannya.

  1. Kepanitiaan, Rencana Anggaran dan Penutup

Di dalam point kepanitiaan, Anda harus mencantumkan nama-nama dari susunan panitia. Siapa saja yang telah ikut andil dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Kemudian cantumkan juga rencana anggarannya secara runtut.

Dalam penutup, tulis kata-kata yang mencantumkan kalimat terima kasih. Bubuhkan juga tandan tangan dari ketua pelaksananya serta pihak yang berkaitan. Buatlah penutup yang mengesankan, agar pihak sekolah yang membacanya bisa menilai bahwa proposalnya bagus.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Sebelum membuat sebuah proposal, Anda harus mengetahui beberapa aspek pentingnya terlebih dahulu. Selama ini, kebanyakan orang masih sering mengabaikan hal tersebut. Padahal melakukan perencanaan ini sangat penting sebagai bahan evaluasi agar kegiatan berlangsung secara baik.

Salah satu contoh proposal yang seringkali berkaitan dengan sekolahan ialah organisasi intra sekolah. Biasanya OSIS akan mengadakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan bakat setiap siswa atau ingin hubungan antar guru dan siswa menjadi lebih dekat.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah OSIS

  1. Pendahuluan

Latar Belakang

Seni adalah suatu kreatifitas unik yang sangat patut untuk siswa kembangkan, supaya menjadi lebih besar. Untuk cara mengembangkannya ialah dengan mengadakan Pentas Seni.

OSIS SMA NEGERI 1 BLITAR akan mengadakan sebuah pentas drama untuk seluruh siswa. Pentas ini bertujuan untuk dapat meningkatkan bentuk apresiasi siswa di dalam dunia peran dan juga melatih rasa percaya diri yang hingga saat ini masih terlihat kurang.

Selain itu, ada juga pentas seni tradisional serta modern berupa tarian yang juga terkenal mampu untuk dapat mengembangkan suatu kreatifitas setiap siswa di dalam hal tari. Ada pula pementasan dari beberapa klub band dari SMA NEGERI 1 BLITAR serta penyanyi yang justru akan menambahkan kesan semangat dalam suasana pentas.

(Bila latar belakang sudah Anda tulis semuanya, selanjutnya tulislah tujuan dari kegiatan mengapa mengadakan acara tersebut. Buat saja poin 1, 2, 3 dan seterusnya supaya penyampaian tujuannya dapat terperinci secara jelas).

Tujuan Kegiatan

Adapun beberapa tujuan dari kegiatan yang terlaksana antara lain :

  1. Mempererat tali silaturahmi antara sesama siswa dan siswi dengan tenaga pendidik SMA NEGERI 1 BLITAR
  2. Menumbuhkan semangat dalam bekerja sama untuk menggapai satu tujuan
  3. Meningkatkan kreatifitas siswa di dalam bidang kesenian
  4. Sebagai suatu sarana hiburan bagi siswa

     II.        Isi Proposal

  1. Tema

Dalam kegiatan ini akan mengangkat tema bertajuk “Dari Yang Terbaik Untuk Yang Terbaik” dengan memberikan kesempatan bagi seluruh siswa untuk dapat merasakan rasanya bermain dalam dunia peran.

2.     Macam-macam Kegiatan

Kegiatan yang akan terlaksana antara lain :

  1. Pentas drama
  2. Pentas tari tradisional dan juga modern
  3. Band
  4. Penyanyi Solo

   III.        Peserta

Peserta yang megikuti adalah semua perwakilan dari setiap kelas baik dari kelas 10 sampai dengan 12 SMA NEGERI 1 BLITAR.

1.     Peralatan Yang Kegiatan Butuhkan

  1. Panggung
  2. Speaker
  3. Microfon
  4. Kostum
  5. Atribut
  6. Spanduk

2.     Waktu Dan Tempat Pelaksanaan

(Jelaskan secara keseluruhan dari waktu hingga tempat pelaksanaan dari kegiatan Anda di sekolah)

   IV.        Susunan Acara

(Isikan dengan jam dan juga acara yang seharusnya berlangsung pada waktu itu, jelaskan sampai detail karena merupakan run down)

    V.        Susunan Kepanitiaan

(Tulis semua susunan kepanitiaan yang telah ikut andil dalam terlaksananya acara pentas ini)

   VI.        Anggaran Dana

(Tulis dan susun anggaran dana dari sekolah maupun biaya pengeluaran yang Anda dapat dan keluarkan. Tulis secara runtut)

  VII.        Penutup

Demikian proposal ini dibuat. Osis berharap adanya dukungan serta partisipasi dari pihak sekolah. Semoga acara ini bisa terlaksana secara baik dan sesuai harapan.

Atas perhatian dan kerjasamanya, ucapan terima kasih Osis ucapkan.

 

Disahkan di :

Blitar, 2 Januari 2021

 

Mengetahui,

Ketua Panitia                             Ketua                            Osis

(…)                                               (…)                               (…)

 

Demikian ulasan yang mungkin bisa Anda contohkan ketika hendak membuat contoh proposal kegiatan sekolah. Pembahasan di atas juga ada penjelasan mengenai poin-poin yang harus tercantum di dalam proposal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *