Dianggap Cuma Modal Lawak, Ternyata Ini Beberapa Kelebihan Komeng

by -359 Views
Dianggap Cuma Modal Lawak, Komeng Melenggang Ke Senayan Dengan Suara Terbanyak
Dianggap Cuma Modal Lawak, Komeng Melenggang Ke Senayan Dengan Suara Terbanyak

Tokoh komedian senior Alfiansyah Bustami, atau lebih dikenal sebagai Komeng menjadi berita viral di berbagai platform media osial. Bukan karena lawakannya, tapi karena prestasinya dalam memperoleh suara terbanyak pada Pemilu 2024 ini. 

Komeng diketahui mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk wilayah pemilihan Jawa Barat. Bersaing dengan artis lain dan dari kalangan pengusaha Komeng justru berhasil memperoleh suara terbanyak meninggalkan calon DPD dari daerah pemilihan Jawa Barat lainnya.

Budaya Artis-artis Jadi Calon Legislatif 

Tidak hanya terjadi pada Pemilu 2024 kali ini saja, sudah sejak lama, Partai Partai menggaet artis untuk bergabung menjadi caleg mereka. Salah satu alasannya, partai partai tersebut ingin memanfaatkan kepopuleran para artis untuk mendulang suara

Yang dipentingkan dari artis ini ketika dijadikan Caleg adalah kepopuleran mereka. Faktor kemampuan artis tersebut sebagai legislator, menjadi pertimbangan terakhir. Tidak heran, setelah jadi Anggota Dewan, banyak artis arti tersebut yang tidak terdengar lagi suaranya.

Anggapan Bahwa Komeng Cuma Bisa Ngelawak

Caleg dari kalangan artis memang seringkali dianggap remeh oleh sebagian besar masyarakat dan pengamat politik. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh pengamat politik bernama Lucius Karus yang dimuat di situs BBC Indonesia Tanggal 13 Mei 2023 lalu.

Menurut pengamat politik yang satu ini, artis jadi Caleg cuma bermodalkan bisa nyanyi, main film dan ngelawak. Komeng sebagai salah satu artis komedi senior tentu masuk dalam kriteria yang dimaksud oleh Lucius Karus ini. Komeng dianggap Mencalonkan diri sebagai Anggota DPD Jawa Barat bermodalkan bisa lawak. 

Profil Komeng yang Dikenal Sebagai Pelawak Cerdas

Komeng mulai dikenal orang ketiga terlibat dalam komedi situasi yang berjudul Spontan. Di acara yang disiarkan oleh televisi ini, Komeng lekat dengan kata  Uhuy. salah satu bukti kecerdasan dari Komeng ini adalah dia bisa membuat lelucon dari semua situasi. Tidak heran, meski sudah berkecimpung lama di dunia komedi, sosok Komeng masih eksis sampai saat ini. 

Langkah Cerdas Komeng pada Pemilu 2024

Langkah Komeng saat mencalonkan diri sebagai calon DPD Daerah Pemilihan Jawa Barat tergolong cerdas. Pertama komeng memasang foto nyeleneh tidak biasa di kartu suara yang bakal dicoblos oleh para pemilik suara. Tidak dibuat di studio foto atau oleh fotografer profesional, foto kocak Komeng di surat suara tersebut disiapkan ketika Komeng sedang memanaskan mobil.

Langkah cerdas kedua Komeng dalam mencalonkan menjadi anggota DPD adalah dengan menambahkan nama Komeng di surat suara di belakang nama resminya. Nama Alfiansyah Bustami bisa jadi jarang yang familier. tapi begitu melihat ada nama Komeng, satu Indonesia pasti tahu siapa dia. 

Proses menambahkan nama Komeng di belakang nama resmi ini juga tidak mudah. Dia sudah mulai mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri Cibinong untuk menambahkan kata Komeng di belakang nama Alfiansyah Pada 23 Mei 2023. Untungnya, permohonan dari komedian Komeng tersebut dikabulkan.

Dianggap Cuma Modal Ngelawak, Komeng Sukses Meraup 1.5 Juta Suara Lebih

Hasil dari dua langkah cerdas Komeng saat pemilihan DPD tersebut, dia sukses meraup total 1.556.735 suara. jumlah ini mencapai 12,31 persen suara di Daerah Pemilihan Jawa Barat. Bisa dibandingkan dengan suara Jihan Fahira yang ada diposisi ke-dua. meski sesama artis, Jihan Fahira hanya mendapatkan suara sebanyak 249.569 suara. Terlihat kan betapa jauhnya Komeng ini meninggalkan para pesaingnya dalam pencalonan DPD Daerah pemilihan Jawa Barat

terlepas darri anggapan orang bahwa komeng hanya bisa ngelawak, berikut ini kelebihan komeng sehingga bisa meraup banyak suara:

  1. Komeng dikenal mempunyai lawakan yang berbobot
  2. Komeng tidak pernah melontarkan lawakan lawakan yang sara dan saru
  3. Komeng terbiasa menyisipkan kritik kritikan dalam setiap lawakannya
  4. Komeng berani tampil beda dengan memasang foto nyeleneh untuk kertas suara di pemilihan DPD Jabar
  5. Komeng ternyata punya strategi jitu dalam bersaing dengan calon DPD lain dari kalangan artis dan pengusaha

Janji Politik Komeng Jika Sukses Terpilih Sebagai Anggota DPD

Kerap melontarkan satire satire lewat komedi tapi tidak pernah didengar, Komeng akhirnya memutuskan untuk menyuarakan kritikan kritikan tersebut lewat jalur DPD. Beberapa janji politik Komeng jika berhasil menjadi DPD antara lain menghidupkan kembali kesenian di Jawa Barat. caranya adalah dengan mengaktifkan kembali gedung gedung kesenian yang ada di setiap Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *