Kartu Prakerja Gelombang 63 Sudah Dimulai, Waktunya Tinggal 2 Hari

by -217 Views
kartu prakerja gelombang 63 sudah dimulai
kartu prakerja gelombang 63 sudah dimulai

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada 1,14 juta peserta selama tahun ini. “Pada tanggal 23 Februari 2024, dimulai batch baru Manfaat Kartu Prakerja dengan target peserta sebanyak 1,14 juta selama tahun 2024. Pelaksanaannya akan dilakukan bertahap oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP),” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Sabtu (24/2/2024).

Pembukaan Gelombang 63 Kartu Prakerja Sudah Dimulai

Menurut Ketua Komite Cipta Kerja, program Kartu Prakerja perlu dilaksanakan kembali tahun ini karena terbukti bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dan mendapatkan pekerjaan.

Ia menyampaikan bahwa studi dari ADB menunjukkan bahwa keikutsertaan dalam program Kartu Prakerja berdampak positif terhadap peningkatan peluang kerja hingga 95 persen. Studi Riset Presisi Indonesia juga mengungkapkan adanya peningkatan pendapatan penerima manfaat Kartu Prakerja sebesar 17-21 persen per bulan dibandingkan dengan yang tidak menerima.

Kartu Prakerja Diperluas Agar Dapat Diikuti Lebih Banyak Masyarakat di Daerah Terpencil

Airlangga menyatakan bahwa pelaksanaan Program Kartu Prakerja tahun ini akan diperluas agar dapat mencapai lebih banyak masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal, serta mendorong keterlibatan lembaga pelatihan di lebih banyak kabupaten dan kota.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa kualitas pelatihan akan ditingkatkan dengan menambahkan metode pembelajaran mandiri atau Self-Paced Learning (SPL) yang memberikan fleksibilitas, namun membutuhkan komitmen personal yang lebih tinggi dari peserta.

Dia berharap kesempatan untuk meningkatkan keterampilan melalui program Kartu Prakerja ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Airlangga juga berencana untuk bekerja sama dengan lebih banyak pihak, terutama kementerian/lembaga (K/L), dalam menyediakan berbagai pelatihan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Dia juga mengajak perusahaan-perusahaan yang memiliki corporate university untuk turut serta membangun ekosistem Kartu Prakerja. “Mari kita kolaborasi untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja kita,” katanya.

Pendaftaran Akun Prakerja Sudah Dibuka Sejak Tanggal 3 Januari 2024

Pendaftaran Kartu Prakerja kembali dibuka pada hari Rabu (3/1/2024). Pembukaan pendaftaran ini merupakan pertama kalinya di tahun 2024. Pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja 2024 diumumkan melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id pada hari Rabu. “Belum punya akun Prakerja? Pendaftarannya sudah dibuka lagi, lho! Langsung kunjungi www.prakerja.go.id dan klik ‘Daftar Sekarang’ untuk membuat akunmu sekarang juga!” tulis akun tersebut.

Saat dikonfirmasi, Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Lydia Maria Kusnadi, mengkonfirmasi pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja 2024. Namun, dia menegaskan bahwa pendaftaran yang dibuka saat ini hanya untuk pembuatan akun Prakerja, bukan untuk gelombang penerimaan. “Sudah bisa membuat akun,” kata Lydia kepada Kompas.com pada Kamis (4/1/2024).

Cara Mendaftar Akun Kartu Prakerja 2024

Lydia menjelaskan bahwa informasi mengenai pembukaan gelombang akan diumumkan melalui akun media sosial resmi Prakerja. “Betul (pembukaan gelombang masih menunggu), bisa dilihat di akun Instagram resmi Prakerja ya,” katanya. Bagi masyarakat yang tertarik menjadi peserta Kartu Prakerja, mereka dapat membuat akun terlebih dahulu di situs www.prakerja.go.id. Sesuai dengan laman resmi, berikut adalah langkah-langkah mendaftar akun Prakerja 2024:

  1. Buka laman www.prakerja.go.id.
  2. Klik menu “Daftar Sekarang” di pojok kanan atas halaman situs.
  3. Masukkan email dan password (kata sandi) akun untuk mendaftar Kartu Prakerja.
  4. Isi nomor induk kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan tanggal lahir, lalu klik “Lanjut”.
  5. Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar, terutama alamat yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  6. Unggah foto e-KTP untuk melakukan verifikasi e-KTP.
  7. Lakukan verifikasi wajah dengan cara memindai wajah sambil berkedip.
  8. Jawab beberapa pertanyaan mengenai alasan mengikuti Kartu Prakerja, minat, dan keterampilan pelatihan.
  9. Jika sudah selesai, verifikasi nomor ponsel dengan memilih “Kirim OTP”.
  10. Masukkan enam digit kode OTP yang diterima melalui SMS ke nomor ponsel, dan klik “Verifikasi”.
  11. Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi dan ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).
  12. Setelah mengikuti TKD, pendaftaran akun Prakerja 2024 berhasil.

Jika gelombang sudah resmi dibuka, peserta dapat mengklik “Gelombang” yang tersedia dalam dashboard Prakerja dan memilih “Gabung Gelombang”. Peserta akan menerima pemberitahuan kelulusan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Jika peserta belum lulus, mereka masih bisa ikut gelombang berikutnya tanpa perlu membuat akun Kartu Prakerja lagi. Bacajuga: Prakerja Adakan Indonesia Skills Week, Sediakan Jutaan Voucher Pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *