Malam Nisfu Syaban Istimewa, Ini 7 Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan

by -306 Views
malam nisfu syaban istiewa, ini 7 amalan yang bisa diakukan
malam nisfu syaban istiewa, ini 7 amalan yang bisa diakukan

Malam Nisfu Syaban merupakan malam yang dinanti nantikan oleh umat Islam. Berada pada tengah bulan Syaban, nisfu syaban jatuh pada  Tanggal 15 bulan Syaban. Di tahun 2024 ini, malam Nisfu Syaban jatuh pada 25 Februari 2024 atau tanggal 24 februari malam. Nisfu Syaban merupakan malam yang penting setelah malam Lailatul Qadar.

Berikut Ini 7 Keistimewaan yang Dimiliki Malam Nisfu Syaban

  1. Malam Ampunan, di malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang meminta ampun,
  2. Malam dimana semua Takdir Manusia Dicatat. Keistimewaan malam Nisfu Syaban selanjutnya yakni dicatatnya takdir manusia selama satu tahun.
  3. Salah satu Malam Istimewa selain malam jumat, malam al fitri, malam idul ada, dan malam awal rajab. pada malam malam istimewa ini, doa doa kita dikabulkan.
  4. Dikabulkan Semua Hajat
  5. Dikeluarkannya Buku Catatan Amal
  6. Malam yang Diberkahi. mslsm nisfu sya’ban Disebut malam yang diberkahi karena malaikat turun ke langit dunia dan menebar kebaikan pada manusia.

Hadir hanya setahun sekali, kedatanga malam Nisfu Syaban tidak boeh kita sia-siakan sebagai umat Muslin. Kita perlu memperbanyak amal agar pahala serta keberkahan yang kita dapat juga banyak.

Berikut Ini 7 Amalan Nisfu Syaban yang Bisa Kamu Lakukan di Sepanjang Malam

1. Membaca Doa Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa berikut:

“Allaahumma innaka ‘afuwwun- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.”

2. Melaksanakan Sholat Sunnah Tasbih

Para ulama menyebutkan bahwa yang lebih penting pada malam Nisfu Syaban adalah melaksanakan sholat tasbih. Rasulullah SAW mengajarkan hal ini pada paman Beliau, yaitu Sayyidina Abbas ra.

3. Berpuasa

Rasulullah bersabda, “Bulan Syaban adalah bulan yang sering dilupakan orang karena berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Bulan Syaban adalah bulan pengangkatan amal-amal. Oleh karena itu, aku ingin saat amalku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa,” (HR Abu Dawud).

4. Membaca Surat Yasin 3 Kali

Bacalah surat Yasin 3 kali setelah sholat maghrib dan berdoa setelahnya. Pada bacaan pertama, niatkan agar Allah memberikan umur panjang. Pada bacaan kedua, niatkan agar dijauhkan dari segala bencana dan diberi rezeki halal yang banyak. Pada bacaan ketiga, niatkan agar hidupnya tidak tergantung pada orang lain dan diberikan kematian yang baik.

5. Membaca Al Quran dan Surat Al Waqiah

Pada malam Nisfu Syaban, dianjurkan untuk membaca Al Quran. Selain Surat Yasin, bisa membaca Surat Al Waqiah. Dalam buku ‘Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do’a dan Zikir)’ karya Kholidin, surat Al Waqiah sebaiknya dibaca pada malam hari. Jika dibaca pada malam Nisfu Syaban, manfaatnya akan berlipat ganda.

6. Membaca Kalimat Tahlil

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzoolimiin. ini merupakan doa yang diucapkan nabi yunus ketika ada di perut ikan. bisa kita panjatkan ketika kita sedang mengalami cobaan yang berat.

Arti dari tahlil tersebut adalah “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang menganiaya diri sendiri.”

7. Memperbanyak Istighfar

Tidak ada manusia yang terlepas dari dosa. Namun Allah SWT selalu membuka pintu ampunan bagi siapa pun. Minta ampunan dengan beristighfar sangat dianjurkan terutama pada malam Nisfu Syaban.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *