Makna Belajar Online yang Harus Dipahami oleh Pendidik dan Pelajar

oleh -21 views

Pemberian materi sekolah kini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform online. Sayangnya, makna belajar online tersebut belum banyak dipahami oleh pendidik maupun orang tua. Padahal, esensinya perlu dimengerti agar pembelajaran jarak jauh tersebut bisa sukses dan berjalan lancar.

Mengetahui Makna Belajar Via Online

Konsep makna belajar online yang saat ini diberlakukan sejatinya kurang memberikan efek positif bagi para siswa. Kebanyakan guru hanya memberikan tugas setiap hari dengan deadline waktu tertentu. Hal itu tentu saja secara otomatis memberatkan pelajar.

Tak tanggung-tanggung, tugas sekolah yang diberikan dibatasi waktu hingga tengah malam. Banyak murid rela begadang demi mendapatkan nilai terbaik. Jika ini hanya dilakukan sekali dua kali, maka efeknya tidak terlalu terasa. Namun, jika itu berjalan setiap hari, maka dampaknya kurang bagus.

Makna belajar secara daring ini belum sepenuhnya dimengerti oleh guru. Sebagian pendidik hanya memiliki pemahaman bahwa seluruh tugas dilakukan via online. Tanpa menggunakan metode yang tepat, adanya pembelajaran jarak jauh tersebut justru memusingkan siswa.

Pembelajaran Online Berfokus pada Nilai

Saat ini, pembelajaran online yang diterapkan oleh berbagai sekolah kurang mengedepankan proses. Sebagian besar guru hanya menginginkan tugas dikerjakan dengan baik tanpa mengetahui bahwa cara tersebut kurang efektif. Tak hanya pendidik, siswa pun menjadi kurang jujur.

Tak sedikit siswa yang meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan ulangan online. Hal ini tentu saja kurang mendidik pelajar sebab hasil ujian tersebut tidak murni dari kerja kerasnya. Terkadang, perilaku kurang terpuji itu bahkan didukung oleh orang tua dengan alasan demi nilai baik.

Dukungan orang tua terhadap perilaku kurang terpuji ini tidak dapat dibenarkan. Apabila itu berlanjut, maka bisa-bisa anak menjadi kurang mandiri dalam di kehidupan mendatang. Seharusnya, mereka menghargai proses pembelajaran, bukan hanya berfokus pada nilai akhir semata.

Hal yang Harus Dilakukan agar Makna Belajar Online Dipahami

Agar makna belajar online ini bisa dilakukan secara maksimal, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut. Tidak hanya pendidik, siswa dan orang tua pun harus bersatu padu menerapkan tindakan tertentu demi tercapainya kesuksesan pembelajaran jarak jauh.

1. Menghargai Proses Pembelajaran

Salah satu hal yang bisa dilakukan agar pembelajaran online makin bermakna ialah menghargai prosesnya. Memang, belajar via daring ini susah-susah gampang sebab materi dari guru harus dipahami secara mandiri. Tetapi, seharusnya siswa lebih memahami bahwa mencari ilmu memang perlu usaha.

Selain itu, pihak orang tua disarankan memahami bahwa nilai tersebut penting, tapi bukan poin terpenting. Hal yang harus diutamankan ialah proses pembelajaran. Pihak guru pun diharapkan mengerti bahwa tidak semua orang memiliki akses internet dalam jumlah banyak.

2. Membudayakan Kejujuran

Makna belajar via online ini harus dirasakan esensinya. Pihak siswa seharusnya lebih jujur dengan tetap mengerjakan ujian secara mandiri sesuai peraturan. Oleh karenanya, diperlukan sifat kejujuran dari dalam diri. Jika itu diterapkan, esensi pembelajaran daring pun bisa dipahami baik.

Membudidayakan kejujuran memang tak mudah, terutama bila saat ujian tidak ada pengawasan ketat. Namun, ingatlah bahwa hal yang terpenting ialah integritas, bukan nilai akhir semata. Dengan memahami pentingnya menjadi jujur, dijamin pembelajaran jarak jauh akan berjalan lancar.

3. Pemberian Materi dan Tugas Seimbang

Salah satu hal yang perlu ditingkatkan oleh pendidik ialah pemberian materi dan tugas harus seimbang. Jangan mengirimkan PR secara online tanpa adanya bahan ajar. Jika PR terlalu banyak, siswa takkan nyaman dengan pembelajaran daring tersebut.

Selain itu, harus dipikirkan cara menyeimbangkan antara pemberian materi dengan tugas. Jika porsinya seimbang, siswa lebih mudah memahami tugas-tugas tersebut. Alhasil, sistem pembelajaran via online pun bisa sukses dan lancar.

4. Memanfaatkan Platform Secara Bijak

Salah satu hal yang harus dilakukan agar pembelajaran jarak jauh lebih bermakna yakni memanfaatkan platform dengan baik. Jika ingin memberikan materi dan berdiskusi bersama murid, gunakan Google Room Class atau Zoom atau website pendidikan seperti dalam website ini.

Adanya pemanfaatan platform tersebut berpengaruh penting pada perkembangan kemampuan siswa. Jika materi hanya diberikan dalam bentuk file, ada kemungkinan murid takkan membacanya. Meskipun dibaca, ada kemungkinan murid merasa kurang mengerti. Maka dari itu, dibutuhkan penjelasan lebih.

5. Pengumpulan Tugas

Pengumpulan tugas sebaiknya jangan terlalu mepet sebab ini sangat merugikan bagi siswa yang memiliki keterbatasan akses internet. Bisa dibayangkan apabila PR harus dikerjakan dalam waktu terbatas, tentu banyak kendala akan terjadi.

Pengumpulan tugas sebaiknya dipermudah, semisal jika tidak bisa menggunakan email, maka dapat memakai WhatsApp. Dengan begitu, seluruh pihak akan lebih nyaman menjalani pembelajaran secara online tersebut. Dijamin, siswa senang belajar via daring.

Memahami Makna Belajar Jarak Jauh

Makna belajar via online ini harus dimengerti serta dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Jika hanya siswa saja yang memahami, tentu pembelajaran takkan berjalan dengan sukses. Pihak orang tua dan sekolah pun harus turut andil menciptakan kenyamanan saat e-learning.

Untuk memahami esensi dari belajar via online ini dibutuhkan tekad yang kuat. Selain itu, guru pun diharapkan bisa bekerja sama secara baik. Disarankan pendidik mampu memberikan pembelajaran terbaik yakni menyeimbangkan pemberian materi dengan tugas.

Tugas yang terlalu banyak hanya membebani siswa. Tak hanya itu, ini juga berpotensi mengganggu kesehatannya. Banyaknya PR bisa membuat murid kelelahan karena begadang. Jika itu berlangsung terus-menerus, tubuh mereka pun mudah terserang penyakit.

Nah, itulah makna belajar online yang perlu dipahami. Dengan memahami esensi pembelajaran via daring, niscaya semua pihak akan sangat diuntungkan.

Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta Jogja Post

Gambar Gravatar
Berita Jogja Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *