Mudik Gratis Bersama BUMN Mulai Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

by -221 Views
Daftar Mudik Gratis bersama Pertamina dan Bumn

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengadakan mudik gratis dalam peringatan Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idufitri 2024. Salah satu BUMN yang telah mengumumkan hal tersebut adalah PT Pertamina (Persero). Namun, belum ada tanggal resmi dan persyaratan untuk ikut dalam kegiatan tersebut.

“Pertamina bersama semua BUMN kembali menghadirkan Mudik Asyik bersama BUMN 2024,” tulis Pertamina dalam posting di Instagram @pertamina, dikutip Sabtu (2/3/2024). Untuk menghindari penipuan atau kecurangan, Pertamina meminta masyarakat menunggu informasi resmi tentang pendaftaran dan tanggal keberangkatan mudik melalui media sosial @pertamina.

64 unit Bus Dialokasikan Untuk 3000 Orang Pemudik

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Nicke Widyawati ini menyelenggarakan mudik gratis dengan peserta sebanyak 3.000 orang pemudik. Ada 64 unit bus yang membawa 3.000 pemudik dan melalui 17 rute yang meliputi Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Yogyakarta, Pemalang, Cilacap, Purworejo, Kebumen, Tegal, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Banyuwangi, Ngawi, Madiun, Malang, hingga Surabaya.

Selain itu, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) juga membuka pendaftaran untuk Mudik Asyik ini. Pendaftaran dapat dilakukan mulai 1 Maret hingga 15 Maret 2024 dengan jumlah terbatas, khusus untuk nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan PNM. Untuk mendaftar, dapat mengisi formulir berikut ini:

https://forms.gle/pfJmNEnw9Ai61ubK8.

Rute yang dapat dipilih terdiri dari rute Utara, yaitu Jakarta – Subang – Cirebon – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Semarang. Selain itu, terdapat juga rute Jakarta – Kudus – Rembang – Lamongan – Surabaya. Sedangkan untuk rute Selatan terdiri dari Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Kebumen – Yogyakarta – Solo. Juga terdapat rute Jakarta – Cilacap – Pacitan – Jombang – Blitar – Surabaya.

250 Unit Bus Damri Telah Disiapkan Untuk Mengantar Pemudik

Program Mudik Gratis 2024 ini dilakukan oleh Perum DAMRI bersama dengan BUMN penyelenggara lain seperti Jasa Raharja, Pertamina, dan IFG. Sekretaris Perusahaan DAMRI, Chrystian R. M. Pohan, mengatakan bahwa tujuan dari program mudik gratis yang dilakukan bersama BUMN lainnya adalah untuk memberikan akses transportasi yang mudah dan terjangkau bagi masyarakat yang ingin merayakan libur Lebaran di kampung halaman.

“DAMRI siap menyediakan lebih dari 250 unit armada yang handal dan nyaman untuk mendukung program mudik gratis bersama BUMN. Kami juga bekerja sama dengan beberapa mitra usaha dalam penyediaan armada untuk mengantisipasi peningkatan permintaan di pasar,” kata Pohan dalam keterangannya.

Terdapat bus reguler dan bus khusus untuk penyandang disabilitas. Pohan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program mudik gratis dari BUMN penyelenggara ini. Ia juga menyatakan bahwa program ini dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat karena DAMRI akan menyediakan layanan bus reguler dan khusus untuk penyandang disabilitas.

“Dengan dukungan dari DAMRI dan BUMN, diharapkan masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan berkesan bersama keluarga di kampung halaman,” ujarnya.

Tiket Mudik Gratis Bisa Dipesan Offline dan Online

Untuk mendaftar program Mudik Gratis 2024 DAMRI, Perum menjelaskan bahwa masyarakat dapat memesan tiket perjalanan melalui berbagai platform online dan offline seperti DAMRI Apps atau melalui loket pada titik keberangkatan.

DAMRI memperkirakan masa peak season pada Angkutan Lebaran 2024 dimulai pada H-6 Lebaran, dengan perkiraan hampir 300 ribu pelanggan yang akan menggunakan layanan transportasi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) DAMRI selama Moment Angkutan Hari Raya Idul Fitri.

Mayoritas pelanggan diprediksi akan menuju daerah Jawa Timur, seperti rute Jakarta – Malang – Surabaya, Jawa Tengah seperti rute Kemayoran – Cilacap, dan juga Lampung seperti rute Palembang – Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *