Ngeyel, Mobil Suv Berakhir Nyangkut di Lava Tour Kali Kuning Merapi

by -134 Views

Sebuah mobil wisatawan terjebak di jalur jip Kali Kuning Merapi. Kemudian, mobil tersebut terjebak dan mogok di sana. Kejadian ini diunggah di akun medsos X @merapi_uncover. Dalam video tersebut, terlihat mobil berwarna silver terjebak di genangan air di tengah Kali Kuning.

mobil nyangkut di lava tour merapi
Mobil nyangkut di lava tour merapi (Sumber Gambar: Instagram @merapi_uncover)

Sementara itu, ada banyak jip yang melintasi mobil tersebut. Mobil ini terjebak di kubangan air yang setinggi ban mobil.Ketua Asosiasi Jip Wisata Gunung Merapi (AJWLM) bernama Dardiri membenarkan peristiwa ini saat dimintai konfirmasi. Dia mengatakan bahwa mobil ini terjebak pada hari Minggu (21/4/2024) sore.

Wisatawan Nekat Mau Merasakan Offroad Kali Kuning Dengan Mobil Sendiri

Menurut informasi yang diterima Dardiri, wisatawan tersebut menolak untuk menggunakan jasa jip dan ingin mencoba jalur jip di Kali Kuning sendiri. Ini bukanlah kejadian pertama kali mobil wisatawan terjebak di jalur jip. Sebelumnya, juga ada mobil yang terjebak di lokasi yang sama. Padahal pengelola jip sudah memberikan edukasi kepada para wisatawan agar tidak mencoba jalur jip tersebut.

Bukan Yang Pertama, Sebelumnya Ada Pajero Dan Fortuner Yang Nyangkut

Masih menurut pengelola, peristiwa tersangkutnya mobil suv di kali kuning tersebut bukanlah yang pertama. Sebelumnya ada juga wisatawan yang menggunakan mobil fortuner maupun pajero yang mengalami musibah yang sama. Meskipun mobil mobil mahal dengan teknologi canggih, kalau digunakan di medan yang tidak sesuai, mobil tersebut rawan macet di tengah sungai. Belum lagi kalau ada batuan besar yang melebihi ketinggian bodi mobil, otomatis, mobil tersebut akan tersangkut dan harus di towing.

Selain potensi macet, Kali Kuning juga merupakan sungai yang berhulu di Merapi dan bisa banjir lahar sewaktu-waktu. Oleh karena itu, dikhawatirkan hal yang tidak diinginkan bisa terjadi jika terus memaksa menggunakan jalur jip yang tidak sesuai.

Bahaya yang mengintai para wisatawan pun tergolong beresiko tinggi. Seperti kita tahu, kadang ada banjir lahar dingin yang menerjang kali kuning sewaktu waktu. Apalagi jika sedang musim hujan.

Paket Lava Tour, Wisata Offroad Merapi

Wisata di kali kuning kaliurang memang cukup menarik. Terutama bagi mereka yang suka dengan aktivitas offroad dengan mobil jeep. Karena medan di sekitar kali kuning cukup ekstrim, disarankan kita harus memakai kendaraan berjenis jeep yang sudah disediakan oleh panitia.

Agar tidak terjebak seperti wisatawan pengendara mobil silver yang sempat viral tersebut, kita bisa menyewa paket wisata lava tour yang tersedia. Harga paketnya mulai Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu. Satu mobil jeep bisa dipakai maksimal untuk 4 orang. Beberapa lokasi wisata yang dilewati lava tour merapi ini antara lain: track kali kuning, museum sisa hartaku, kali adem, petilasan mbah marijan serta batu alien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *