Usung Spirit Kebinekaan, YIS Peringati Hari Kartini dengan Penuh Warna

by -92 Views

Yogyakarta Independent School

Kemarin, tepatnya 22 April 2024, saya berkunjung ke Yogyakarta Independent School (YIS) salah satu sekolah internasional di Yogyakarta untuk memperingati Hari Kartini. Berangkat pukul 7 pagi, sampai di sana ternyata memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Awalnya, acara ini untuk sebagian tim saya, hanya saja karena YIS ini seperti magnet dalam dunia pendidikan, akhirnya saya yang berangkat menuju ke sana. Selain penasaran, saya juga lagi cari referensi sekolah buat anak-anak nanti, siapa tahu pas dan cocok.

Oh iya sahabat sekalian, YIS ini dulunya bernama Yogyakarta International School ya, kemudian berganti menjadi Yogyakarta Independent School.

YIS, Sekolah Paling Nyaman bagi Siwa

Yogyakarta Independent School hari Kartini

Masuk ke gerbang, saya sudah dibuat kagum dengan pemandangan alam yang asri. Parkir motor yang rapi, parkir mobil hingga sungai kecil yang menghiasi YIS.

Ditemani petugas kebersihan dan petugas sekuriti yang ramah, saya pun mulai menelusuri kawasan sekolah yang luasnya mencapai kurang lebih 6 hektar.

Rasa penasaran saya juga meluap-luap ketika mulai memasuki ruangan demi ruangan. Secara garis besar, di sana terdapat jenjang pendidikan pre-school, TK, SD, SMP dan SMA.

Ruangan yang saya singgahi mulai dari pre-school, di sana saya melihat terdapat toilet yang berada di samping kelas. Jadi, bisa dibilang, YIS adalah sekolah yang paling ramah dan nyaman dengan siswa karena hampir di setiap sudut ada kamar kecil.

Saya pun melanjutkan ke ruangan-ruangan lainnya, secara garis besar hampir sama, namun di YIS ada semacam kelas bersama yang fungsinya untuk belajar bareng. Bahasa orang kuliah namanya kuliah bareng yang diikuti lebih dari satu kelas.

Di YIS, saya juga banyak mendapat inspirasi mengenai semangatnya pendidikan, salah satunya di sana banyak terdapat pameran-pameran seperti pameran sains, lukis dan lain sebagainya. Ada salah satu ruang seni yang di sana terpampang lukisan-lukisan para siswa. Luar biasa, saya kira lukisan senior, ternyata lukisan siswa yang sedang praktek.

Lukisan-lukisan hasil dari siswa juga banyak terpampang di dinding kelas maupun bangunan YIS. Suasana inilah yang menambah YIS semakin hidup dimana jiwa kreatif benar-benar diasah.

YIS sekolah yang memfasilitasi siswa-siswanya sesuai bakat. Ada banyak ruang semacam ekstrakurikuler yang tersedia dan wajib diikuti para siswa. Dengan kurikulum International Baccalaureate (IB), siswa tidak diharuskan untuk bisa, namun sebagai jalur untuk menemukan bakat dirinya.

Uniknya lagi, di YIS untuk kelas 12 sudah tidak ada ruangan kelas tetap. Ruangan yang digunakan mengikuti dengan mata pelajaran yang akan dijalani. Dengan demikian, siswa-siswa juga sudah belajar bagaimana caranya menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Berjalan menyusuri lantai 2 YIS, di lantai tersebut terdapat lapangan basket yang sekaligus bisa bermain futsal buat siswa-siswa di sana. Bukan hanya itu saja, lapangan tersebut juga disuguhi view istimewa berupa pemandangan padang rumput hijau yang sangat luas.

Padang rumput tersebut salah satunya digunakan untuk lapangan sepakbola sekaligus di sampingnya terdapat area bebas untuk flora fauna. Tampak, di sana banyak tanaman-tanaman hias yang begitu indah seperti pohon pisang bali, tanaman buah hingga hewan-hewan peliharaan.

Sungai yang menjadi sumber air, menjadi daya tarik tersendiri ketika bunga-bunga menjadi penghias di atas airnya. Semuanya terlihat asri dan sejuk.

Peringatan Hari Kartini Ala YIS

Yogyakarta Independent School Kartini Day

Peringatan hari Kartini memang sepertinya dari tahun ke tahun semakin redup, namun di sini (YIS), peringatan hari Kartini tidak ada redupnya. Terbukti, peringatan Kartini tahun ini di YIS sangat istimewa, mulai dari panggung joglo berhiaskan janur, pementasan musik, drama, tarian hingga pidato-pidato dari siswa.

Diiringi musik khas ala Jawa, YIS banyak menampilkan hal-hal yang luar biasa. Anak-anak hingga siswa tidak malu menggunakan pakaian adat yang tersebar di seluruh Indonesia. Anak-anak dengan lucu dan menggemaskan menggunakan pakaian adat Jawa, Kalimantan, Dayak dan sebagainya.

Diawali dengan tari Jaranan, siswa-siswa mulai kreatif menari meliuk-liuk ke sana kemari. Disusul dengan pidato singkat tentang tokoh-tokoh pahlawan nasional di Indonesia bahkan dunia. Di sana, para siswa menjelaskan tentang pahlawan-pahlawan seangkatan RA kartini seperti KH Ahmad Dahlan, Dewi Sartika dll.

Yogyakarta Independent School Kartini Day YIS

Siswa-siswa juga kreatif menampilkan drama kehidupan RA Kartini, sehingga siswa-siswa lainnya pun sangat antusias menyimak dan lebih cepat menangkap tentang perjalanan ibu kartini. Semua ditampilkan dengan apik dan sangat khusyuk.

Di akhir, para siswa, guru, pegawai administrasi dan semua orang tua yang mengantar anaknya dilibatkan untuk fashion show berjalan di atas panggung. Di sinilah salah satu kelebihan YIS sebagai sekolah yang bukan hanya bertaraf internasional, namun juga berbineka tunggal ika.

Di YIS, orang tua, guru dan seluruh civitas YIS terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Sebuah pemandangan yang menarik dalam dunia Pendidikan, semuanya saling belajar dan saling melengkapi.

Finally

seluruh siswa foto bersama Yogyakarta Independent School Kartini Day YIS

Puas jalan-jalan ke seluruh ruangan, menikmati pentas demi pentas, akhirnya sampai juga di penghujung acara. Tak lupa kami menyeruput teh dingin dan makanan-makanan ringan yang disediakan oleh YIS.

Melihat bendera-bendera seluruh dunia yang berjejer-jejer di area Kawasan YIS, saya patut mengapresiasi apa yang sudah dicapai. YIS bukan hanya mengenalkan budaya Indonesia di dalam negeri Indonesia sendiri, namun juga mengenalkan pahlawan-pahlawan nasional Indonesia ke seluruh dunia. Selamat Hari Kartini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *