Tempat Wisata Sejarah di Jogja? Ini 5 Rekomendasinya!

by -137 Views

Yogyakarta, sering juga disebut “Jogja,” adalah kota yang kaya dengan sejarah dan budaya. Sebagai pusat kerajaan Mataram dan tempat berdirinya Kesultanan Yogyakarta, kota ini memiliki banyak situs bersejarah menarik yang patut dikunjungi.

wisata sejarah museum ulen sentalu jogja
wisata sejarah museum ulen sentalu jogja (Sumber foto: instagram @me-omma)

5 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jogja

Berikut adalah lima tempat wisata sejarah di Jogja yang harus kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan sekaligus membuat konten estetik untuk feed Instagrammu.

1. Museum Ullen Sentalu

Terletak di Jalan Boyong No KM 25, Pakem, Sleman, D.I. Yogyakarta, hanya butuh waktu 45 menit atau berkendara sejauh 25 kilometer dari Malioboro. Biaya masuk berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 dengan tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 – Rp 5.000. Di sini, kamu bisa belajar tentang budaya dan sejarah, berfoto, serta menikmati museum terbuka.

2. Diorama Arsip Jogja

Berlokasi di Jalan Wonocatur, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta, hanya butuh waktu 15 menit atau berkendara sejauh 6 kilometer dari Malioboro. Biaya masuknya seharga Rp 20.000 – Rp 30.000 dengan parkir gratis. Tempat ini memiliki koleksi lengkap sejarah Jogja, tur museum, dan cocok untuk berburu foto.

3. Keraton Yogyakarta

Terletak di Jalan Rotowijayan, Kraton, Kota Yogyakarta, hanya butuh waktu 8 menit atau berkendara sejauh 2,5 kilometer dari Malioboro. Biaya masuknya hanya seharga Rp 10.000 – Rp 15.000 dengan biaya parkir Rp 2.000 – Rp 10.000. Di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan budaya, berburu foto, dan mengikuti tur di istana kerajaan Yogyakarta.

4. Museum Sonobudoyo

Berlokasi di Jalan Pangurakan No 6, Yogyakarta, hanya butuh waktu 5 menit atau berkendara sejauh 1 kilometer dari Malioboro. Biaya masuknya hanya Rp 10.000 dengan biaya parkir Rp 2.000 – Rp 5.000. Museum ini menawarkan pendidikan budaya dan sejarah serta tempat foto yang menarik.

5. Benteng Vredeburg

Terletak di Jalan Margo Mulyo No 6, Kota Yogyakarta, hanya butuh waktu 8 menit atau berkendara sejauh 2,5 kilometer dari Malioboro. Biaya masuknya seharga Rp 3.000 dengan biaya parkir Rp 3.000 – Rp 5.000. Di benteng ini, kamu bisa belajar sejarah, ikut tur museum, dan mencari tempat foto yang bagus. Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan cerita dan warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini bukan hanya tentang menikmati keindahan arsitektur, tetapi juga tentang menghargai dan memahami sejarah serta budaya Jawa yang kaya. Pastikan untuk memasukkan wisata sejarah di Jogja dalam agenda perjalananmu pada tahun 2024.

Tips berkunjung ke tempat wisata sejarah di Yogyakarta

Berkunjung ke tempat wisata sejarah seperti museum dan lain-lainnya tentu saja tidak bisa disamakan seperti ketika kamu berwisata ke pantai atau tempat rekreasi lain. Di tempat yang kamu tuju, ada benda benda bersejarah yang rentan rusak dan harus dijaga. Sebagian temat juga terkadang dianggap sakral dan punya aturan aturan tertentu.

Agar nyaman kunjung ke tempat wisata sejarah, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu terapkan:

Lakukan Riset Rerlebih Dahulu

Sebelum Anda berangkat, luangkan waktu untuk mempelajari tentang wisata sejarah yang ingin Anda kunjungi. Hal ini akan membantu Anda memahami sejarah dan budaya di balik tempat tersebut, sehingga Anda dapat lebih menikmati pengalaman Anda.

Datanglah Pada Waktu yang Tepat

Beberapa wisata sejarah di Yogyakarta memiliki jam buka yang berbeda-beda. Pastikan Anda datang pada waktu yang tepat agar Anda dapat menjelajahi seluruh tempat dengan maksimal.

Gunakan Pakaian yang Sopan dan Nyaman

Saat mengunjungi tempat-tempat suci seperti candi atau keraton, pastikan Anda menggunakan pakaian yang sopan dan nyaman. Hindari memakai pakaian yang terlalu terbuka atau mini.

Itulah beberapa tempat wisata sejarah yang ada di Yogyakarta serta tips nyaman berkunjung kesana. Semoga nyaman ya acara wisata kamu di kota pelajar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *