Tol Fungsional Jogja-Solo Mulai Difungsikan, Ini Yang Perlu Diperhatikan Pemudik 

by -237 Views
fungsional tol jogja solo resmi di buka
fungsional tol jogja solo resmi di buka

PT Jasa Marga Jogja-Solo mulai mengoperasikan jalan tol fungsional Jogja-Solo hari ini, Jumat, 5 April 2024. Jalan tol fungsional sepanjang 22 kilometer tersebut dibuka mulai dari Gerbang Tol Colomadu, Karanganyar hingga Gerbang Tol Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Pengoperasian jalan tol ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan selama arus mudik Lebaran tahun 2024.

Tanggal 5 -11 April 2024, Tol Dibuka Khusus Untuk Arus Mudik

Direktur Utama PT Jasa Marga Jogja-Solo, Rudy Hardiansyah, mengatakan bahwa sesuai jadwal yang telah direncanakan, jalan tol fungsional Jogja-Solo dari Colomadu, Karanganyar hingga Ngawen, Klaten akan difungsikan. Jalan Tol tersebut  difungsikan mulai hari ini tanggal 5 hingga 11 April 2024 untuk arus mudik. Sedangkan untuk tanggal 12-15 April, jalan tol ini akan difungsikan untuk arus balik.

Rudy menjelaskan bahwa pada pukul 06.00 WIB tadi, mereka telah melakukan pelepasan pemudik yang melalui jalan tol fungsional ini bersama dengan Kapolres Boyolali. Jarak dari Colomadu hingga wilayah Ngawen, Kabupaten Klaten adalah sekitar 22 kilometer. Di Karanganom juga terdapat exit, keluar sekitar di KM 13.

Tidak Semua Kendaraanroda 4 Boleh Lewat

Selama pengoperasian jalan tol fungsional Jogja-Solo, Rudy menyebutkan bahwa tidak semua jenis kendaraan roda empat dapat melewati jalan tersebut. Hal ini dikarenakan kondisi konstruksi bangunan di ruas jalan tol belum sepenuhnya selesai, sehingga hanya kendaraan golongan I yang diperbolehkan, seperti kendaraan mobil penumpang.

Tol Hanya Difungsikan Pagi Hingga Sore Hari

Selama masa arus mudik, jalan tol fungsional ini hanya dapat digunakan dari Solo menuju Yogyakarta. Namun, saat arus balik, jalan tol ini akan berlaku satu arah dari Yogyakarta menuju Solo. Selama arus mudik, jam operasional jalan tol Jogja-Solo dibatasi dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Rudy menjelaskan bahwa jalan tol fungsional Jogja-Solo hanya dioperasikan pada siang hari. Alasannya, karena masih terdapat beberapa kebutuhan pengaturan lalu lintas yang belum terpenuhi. Beberapa dianntaranya  seperti marka jalan yang belum dipasang, rambu-rambu yang masih bersifat sementara, dan kurangnya penerangan yang memadai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *