Mudik Naik Kereta Api? Ini Aturan Berat Bagasi Biar Tidak Didenda !

by -286 Views
Mudik 2024 Kereta Api Jogja
Mudik 2024 Kereta Api Jogja

Lebaran sudah dekat, arus mudik dengan berbagai mode kendaraan pun sudah dimulai. salah satu kendaraan yang jadi favorit para pemudik adalah kereta api. yogyakarta yang masuk daop 6 Pt kereta api indonesia juga sudah mulai memberangkatkan mudik. jika kamu berniat mudik dengan kereta api berikut ini info yang perlu kamu tahu.

Aturan Bagasi Kereta Api selama Mudik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi dan Divisi Regional 1 (Daop 1) Jakarta mengingatkan penumpang mengenai peraturan bagasi selama arus mudik Lebaran 2024. Aturan tersebut menyatakan bahwa setiap penumpang hanya diizinkan membawa bagasi dengan berat maksimal 20 kilogram (kg), dengan volume maksimum 100 dm3 dan dimensi maksimum 70x48x30 sentimeter (cm), serta hanya diperbolehkan membawa empat item bagasi.

Jika berat bagasi melebihi 20 kg, penumpang akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kelas kereta api yang dinaiki. Untuk bagasi berlebih, biaya tambahan yang telah ditentukan adalah Rp10.000 untuk kelas eksekutif, Rp6.000 untuk kelas bisnis, dan Rp2.000 per kilogram untuk kelas ekonomi.

Puncak arus Mudik Via kereta pada H-5 dan H-4

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Irfan Hendriwintoko, juga memprediksi terjadinya lonjakan jumlah penumpang. Lonjakan tersebut dipresiksi terjadi  pada H-5 dan H-4 atau lima hari dan empat hari sebelum Lebaran. Terdapat 17.993 penumpang yang akan meninggalkan Jakarta dari Stasiun Gambir pada H-5, dan diprediksi akan ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 18.527 pada H-4. Sementara itu, Stasiun Pasar Senen diperkirakan akan memiliki 26.479 penumpang mudik pada H-5 dan 26.401 penumpang pada H-4.

Yang Kehabisan Tiket Disarankan Mudik Pasca Lebaran

Bagi para penumpang yang tidak mendapatkan tiket pada tanggal-tanggal puncak arus mudik, disarankan untuk memilih melakukan perjalanan setelah Lebaran. Selain itu, para pemudik atau memanfaatkan program mudik gratis yang disediakan oleh beberapa instansi bekerjasama dengan perusahaan kereta api.

20 Ribu Pemudik Sudah DiBerangkatkan Via Kereta

PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga telah melakukan persiapan angkutan lebaran . Persiapan itu dilakukan dengan menggelar apel kesiapan di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPPT) Darman Prasetyo. Puncak arus mudik terjadi pada hari ini, dengan sebanyak 20.010 penumpang kereta jarak jauh yang naik dari stasiun Daop 6.

Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu, 14 April 2024. Agar kebutuhan angkutan lebaran dapat terpenuhi, pihak PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah menyediakan kereta api jarak jauh tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *