9 Daerah Waspada Cuaca Ekstrem, Jogja Termasuk?

by -260 Views
bencana cuaca ektrim bnpb foto
bencana cuaca ektrim bnpb foto

Cuaca ektrem, daerah mana aja yang bakal kena imbas? Akhir akhir ini berbagai bencana seringkali terdengar dialami oleh berbagai wilayah di Indonesia. Bencana bencana seperti banjir, tanah longsor hingga angin ribut kerap menghiasi berita berita di media kita. Tidak hanya di daerah tertentu, bencana bencana yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim tersebut seolah olah terjadi merata di seluruh Indonesia. Sebagai contoh, sejak februari sampai maret 2024 ini, puluhan desa di Demak terendam banjir. 

Begitu juga dengan darah yang ada di Jakarta, Padang hingga Kalimantan. Jogja juga tidak luput dari ancaman bencana akibat cuaca buruk tersebut. Beberapa wilayah di Jogja beberapa waktu lalu sempat di terjang hujan disertai dengan angin ribut. Pohon pohon banyak yang bertumbangan dan menyebabkan aliran listrik terputus hingga lebih dari 2 jam. 

Timbul pertanyaan, kenapa tiba-tiba wilayah di Indonesia marak dilanda cuaca buruk? Sampai kapan cuaca ekstrim tersebut akan melanda Indonesia? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

BMKG Menetapkan 9 Daerah Siaga Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia sepertinya belum akan berakhir. buktinya , baru baru ini Badan Meteorologi dan Geofisika menetapkan 9 daerah siaga cuaca ekstrem. Mana saja ya daerah yang ditetapkan oleh BMKG sebagai daerah siaga cuaca ekstrem tersebut?

Cuaca ekstrim yang dimaksud oleh BMKG ini adalah hujan lebat disertai angin ribut dan petir. Cuaca ekstrim tersebut bisa memicu munculnya berbagai bencana lain. Bencana bencana yang akrab terjadi ketika cuaca sedang ekstrim tersebut antara lain: banjir, tanah longsor serta angin puting beliung.jawa barat menjadi daerah pertama yang masuk dalam daftar siaga cuaca ekstrem yang dirilis oleh BMKG ini. 

Sementara itu daerah lain seperti Jambi, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Papua. Dimasukkan ke daerah waspada cuaca buruk.untuk daerah daerah daerah ini memiliki resiko besar terjadi bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung.

Daerah Yang Berpotensi Hujan Deras Hingga Ringan

Daerah lain seperti :Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Pontianak, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Medan, punya potensi untuk mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petit. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan terjadi di wilayah: Palembang, Padang, Manado, Kendari, Makassar, Mamuju, Semarang, Samarinda, dan Tarakan. Wilayah jakarta bisa sedikit tenang karena BMKG memprediksi, hanya akan  terjadi hujan dengan intensitas ringan. Jogja yang wilayahnya dekat dengan Jawa Tengah, sepertinya akan mengalami juga hujan deras disertai angin.

Penyebab Cuaca Ekstrim di Indonesia

Penyebab munculnya cuaca ekstrim di berbagai wilayah Indonesia ini disebabkan karena, adanya 3 bibit siklon yang terlihat di samudra hindia selatan jawa, laut timor dan laut australia. Diperkirakan bibit siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P akan aktif hingga pertengahan april  2024.

Selain banjir, tanah longsor dan angin ribut, ada satu potensi bencana lagi yang perlu diwaspadai akibat cuaca ekstrim tersebut. Menurut BMKG, ombak tinggi akan terjadi di wilayah pantai pantai Indonesia pada tanggal 26 dan 27 maret 2026

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *