Timnas Indonesia Hajar Vietnam 3-0, Bukti Tim Asuhan Shin Tae-Yong Makin Baik Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik

by -180 Views

player of the match kualifikasi piala dunia indonesia vs vietnam foto

Timnas Indonesia keren. Pada lanjutan kualifikasi piala dunia 2026 grup f zona asia 26 maret 2024 kemarin, Indonesia berhasil memperoleh tambahan 3 point. Tiga poin ini didapat setelah Timnas Indonesia menghajar tuan rumah Vietnam dengan 3 gol tanpa balas. Selain membuat Indonesia berhasil mempertahankan peringkat dua di klasemen sementara grup f, kemenangan Timnas Garuda ini juga meningkatkan ranking fifa negara kita.

Sebelum pertandingan malam ini, peringkat fifa Timnas kita ada di 135. Keberhasilan Timnas Indonesia dalam meraih tambahan poin ketika bertandang ke Vietnam ini juga menjadi sejarah baru. Untuk pertama kalinya sejak beberapa lama,peringkat fifa Timnas kita ada diatas Timnas malaysia. Apalagi setelah Timnas malaysia menelan kekalahan ketika bertanding dengan Timnas oman di kompetisi yang sama. Berkat kekalahan dari Timnas oman, malaysia kini menempati peringkat fifa 137.

Timnas Indonesia Patahkan Kutukan Selama 20 Tahun

Kemenangan Timnas Indonesia ketika meladeni Timnas Vietnam pada 26 Maret 2024 cukup penting. Alasannya stadion yang dipakai pada pertandingan semalam yaitu stadion My Dinh merupakan tempat yang keramat. Timnas kita belum pernah menang sekalipun selama 20 tahun bertanding di stadion tersebut. Kemenangan terakhir diperoleh Timnas ketika bertanding pada tahun 2004 lalu pada ajang Piala Tiger.

Pada waktu itu, Timnas kita juga berhasil menghajar Timnas Vietnam dengan 3 gol tanpa balas. Gol-gol kemenangan Timnas Garuda waktu itu dicetak oleh Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma. Cukup istimewa karena Timnas Indonesia mampu menang lagi dengan jumlah gol yang sama.untuk gol gol kemenangan tanggal 26 maret kemarin, pemain yang mencetak adalah Jay Idzes pada menit kesembilan, Ragnar Oratmangone pada menit 24’ dan Ramadhan Sananta pada menit 90+8’.

Bukti Bahwa Timnas Indonesia Dibawah Shin Tae-Yong Sudah Lebih Baik

Mengalahkan Timnas nomor satu se asean bukanlah hal yang mudah. Buktinya Indonesia selalu kesulitan ketika harus bertanding dengan Timnas Vietnam di waktu waktu sebelumnya. Pertemuan Timnas kita di semifinal piala AFF 2022 misalnya, kita tidak dapat memperoleh kemenangan meski bertanding di kandang yaitu stadion utama gelora bung Karno. Waktu itu Timnas Vietnam berhasil menahan imbang Timnas Garuda dengan skor 0-0.

Giliran kita bertandang ke markas Vietnam, masih di ajang yang sama, Garuda keok 2 gol tanpa balas di stadion My Dinh. pada pertandingan tersebut, Timnas Garuda benar benar dibuat tidak berdaya. Pada pertandingan lainnya, yaitu di ajang Piala Asia 2023, Timnas Garuda kembali harus mengakui kualitas timna Vietnam karena kita kesulitan memenangkan pertandingan.

Kita baru berhasil menang lewat tendangan penalti. Kemenangan itu pun membuat Timnas kita mendapat cibiran dari warga Vietnam. Pada kualifikasi Piala Dunia tahun 2024 kali ini, kita bisa menang telak 3-0 dengan hasil murni tanpa pinalti dan tanpa keberuntungan.

Langkah Berat Indonesia Selanjutnya

Meski mampu menang telak dengan tim nomor satu se asean, Timnas kita tidak boleh terlena. Pasalnya, langkah berikutnya akan lebih berat. Kita akan menghadapi tim yang lebih berat di kualifikasi piala dunia babak ketiga. Pada 6 juni 2024 mendatang kita akan menjamu Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Setelah itu tanggal 11 juni, kita juga kembali akan bertanding melawan Timnas Filipina di stadion yang sama. Semoga saja, Timnas kita bisa menjaga peluang untuk tetap lolos di Piala Dunia ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *