Debut di Timnas Indonesia langsung Jadi MOTM, Ini Profil Ragnar Oratmangoen

by -287 Views
profil ragnar oratmangoen pemain naturalisasi timnas terbaik
profil ragnar oratmangoen pemain naturalisasi timnas terbaik

Warga Indonesia pasti penasaran dengan sosok Ragnar Oratmangoen. Salah satu alasannya karena penampilan memukau Ragnar dalam debutnya bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam. Kalau umumnya, pemain ketika debut itu masih melakukan penyesuaian, Ragnar Oratmangoen langsung cetak gold dan jadi Man Of The Match dalam pertandingan babak keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F.

Belum genap 4 bulan bergabung dengan Timnas Indonesia tapi kualitasnya sudah kelihatan, wajar pecinta bola Indonesia banyak yang kagum. Apakah kamu salah satu yang penasaran dengan sosok pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini? Darimana dia berasal dan bagaimana reaksi publik Indonesia dengan kiprah Ragnar di Timnas Indonesia? Simak Informasinya di bawah ini.

Menjadi Man Of The Match Pada Pertandingan Babak Kedua Indonesia vs Vietnam

Pada laga babak kedua lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2024 Indonesia vs Vietnam, Ragnar Oratmangoen dinobatkan sebagai Man Of The Match. Itu karena aksi-aksinya dalam pertandingan di kandang Vietnam cukup ciamik. Diketahui, Ragnar berhasil mencetak gol untuk Timnas Indonesia pada menit ke ke 23.

Bukan gol biasa, namun gol yang tercipta berkat skill Ragnar dalam mengendalikan bola. Berawal dari operan Nathan Tjoe-A-On dari sisi kiri, Ragnar Oratmangoen, berhasil melewati 5 pemain Vietnam sebelum mencetak gold dari dalam kotak penalti. Usai pertandingan, sang pemain yang baru berusia 26 tahun ini pun merasa senang dan bersemangat untuk bertanding bersama Timnas Indonesia.

Baru Selesai Dinaturalisasi Pada Januari 2024

Pada tahun 2022, sebenarnya Ragnar sudah masuk dalam radar Shin Tae-yong sebagai salah satu kandidat pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Namun baru tahun 2024 inilah proses naturalisasi Ragnar rampung. Ragnar resmi jadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpah pada 18 Januari 2024 ini. Itu artinya, Ragnar bergabung dengan Timnas Indonesia belum genap 4 bulan. Meski baru bergabung sebentar, Ragnar terbukti langsung bisa menyatu dengan Timnas kita, dengan mencetak gol di debutnya bersama Skuad Garuda.

Ragnar Oratmangoen Seorang Mualaf

Meskipun berasal dari Belanda, Ragnar Oratmangoen ternyata seorang mualaf. Ia memutuskan untuk menjadi mualaf pada umur 15 tahun. Tertarik dengan Islam setelah mempelajari ajaran islam dan mengunjungi masjid bersama teman temannya. Di Indonesia, Ragnar juga mengaku takjub mendengar suara adzan yang banyak berkumandang 5 kali sehari. Karena statusnya sebagai mualaf inilah kemungkinan, warga pecinta bola dari Indonesia menjuluki pemain naturalisasi berdarah maluku ini dengan sebutan Wak Haji Ragnar

Ragnar Oratmangoen Panen Pujian Dari Publik Indonesia

pujian untuk ragnar oratmangoen koemn
pujian untuk ragnar oratmangoen koemn

Terpilihnya Wak Haji Ragnar sebagai MOTM ini juga dipublikasikan di akun instagram resmi Timnas Indonesia. Unggahan yang berisi foto Ragnar sebagai man of the match pertandingan Indonesia vs Vietnam tersebut panen komentar dari netizen Indonesia. Komentar komentar tersebut sebagian berisi pujian terhadap Ragnar. Akun instagram atas nama Haeranibila misalnya, menuliskan “Golin juga, motm juga, debut macam apa ini keren bgt”.

Profil Ragnar Oratmangoen

Makin penasaran kan dengan sosok Ragnar Oratmangoen? Untuk mengobati rasa penasaranmu, berikut ini profil nya::

  • Nama: Ragnar Oratmangoen
  • Lahir: 21 Januari 1998, Oss, Belanda
  • Tinggi Badan: 180 cm
  • Klub-klub sebelumnya: NEC Nijmegen Youth. NEC Nijmegen Junior, FC Oss, NEC Nijmegen, TOP Oss (dipinjam), SC Cambuur, Go Ahead Eagles, FC Groningen, Fortuna Sittard (dipinjam)
  • Naturalisasi: Pada awal 2024, Pemain Naturalisasi ini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui proses naturalisasi dan telah menjalani sumpah di Kantor Kemenkumham.
  • Debut Timnas Indonesia: Dipanggil ke Timnas Indonesia untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 pada 26 Maret 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *