Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2024 Kapan?

by -134 Views
Yuk Viralkan

malam Lailatul qadr foto (source creative cousin canva)
malam Lailatul qadr foto (source: creative cousin canva)

Di bulan puasa ada satu malam yang ditunggu tunggu oleh umat islam. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar. Banyak yang menganggap bahwa malam ini merupakan malam yang istimewa. Selain penuh kemuliaan, doa doa yang di panjatkan pada malam Lailatul Qadar juga punya peluang lebih besar untuk di kabulkan.

Umat islam berlomba lomba untuk melakukan ibadah di malam ini karena pahalanya lebih baik daripada ketika melakukan ibadah selama seribu bulan. Malam ini juga istimewa karena di malam seribu bulan lah pertama kali al-Quran di turunkan. Seperti apa ciri ciri malam Lailatul Qadar ini? Kapan malam seribu bulan untuk Ramadhan 2024 kemungkinan bisa kita temui? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Malam Lailatul Qadar Kapan

Mengetahui betapa mulianya malam seribu bulan tersebut, tentu umat muslim ingin mendapatkanya di setiap Ramadhan. Malam Lailatul Qadar kapan datangnya? Sayang sekali, malam seribu bulan itu datangnya tidak tentu. Hanya Allah saja yang mengetahui tepatnya malam istimewa ini akan datang.

Isyarat Kapan Datangnya Malam Seribu Bulan Menurut Rasulullah

Meskipun datangnya malam Lailatul Qadar ini tidak tentu, Rasulullah memerintahkan kita untuk terus mengharapkan agar mendapatkan malam yang istimewa tersebut. Untungnya Rasulullah memberikan sedikit petunjuk terkait kapan datangnya malam seribu bulan di bulan Ramadhan. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan bersumber dari Aisyah, kita dianjurkan untuk mencari malam seribu bulan dimalam-malam ganjil sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Berikut ini hadits tentang isyarat datangnya malam 1000 bulan yang disampaikan oleh Rasulullah tersebut.

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِفِي الْوِتْرِمِنَ الْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْ رَمَضَانَ

Artinya : “Carilah malam Qadar itu pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadan”. (HR. Al-Bukhari)

Cukup jelas ya petunjuk dari rasulullah diatas terkait kapan datangnya malam seribu bulan di bulan Ramadhan itu? Ada beberapa pendapat terkait datangnya malam seribu bulan ini.

Isyarat kapan datangnya malam Seribu Bulan menurut Imam Abu Hasan

Salah satu ulama yang punya pendapat yang berbeda terkait datangnya malam seribu bulan adalah Imam Abu Hasan al-SyadziliNabi. Salah Satu ulama tokoh Sufi pendiri Tarekat Syadziliyah ini memberikan petunjuk lebih rinci terkait waktu datangnya malam seribu bulan. Berikut ini petunjuk untuk memperkirakan datangnya malam Lailatul Qadar setiap ulan Ramadhan.

فعن أبي الحسن الشاذلي إن كان أوله الأحد فليلة تسع وعشرين، أو الإثنين فإحدي وعشري أو الثلاثاء فسبع وعشرين أو الأربعاء فتسعة عشر أو الخميس فخمس وعشرين أو الجمعة فسبعة عشر أوالسبت فثلاث وعشرين

Artinya; ” A. Jika awal Ramadhan hari Ahad maka seribu bulan malam ke 29. B. jika awal Ramadhan hari Senin maka Lailatul Qadar malam ke 21. C. jika awal Ramadhan hari Selasa maka Lailatul Qadar malam ke 27. D. adapun, jika awal Ramadhan hari Rabu maka seribu bulan malam ke 19.E. jika awal Ramadhan hari Kamis maka Lailatul Qadar malam ke 25. F. awal Raamadhan hari Jumat maka Lailatul Qadar malam ke 17. G. jika awal Raamadhan hari Sabtu maka Lailatul Qadar malam ke 23,”.Petunjuk dari Imam Abu Hasan ini tertuang dalam kitab Hasyiyah ash Shaawi ‘alal Jalaalain juz IV halaman 337.

Malam Lailatul Qadar 2024 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Pada bulan Ramadhan 2024 ini, kita mulai pada hari selasa 12 Maret 2024. Oleh karena itu berdasarkan petunjuk dari imam hasan tersebut, malamLailatul Qadar Ramadhan2024 kemungkinan akan datang pada malam ke 27 Ramadhan.tapi perlu diingat, ini baru pendapat salah satu ulama ya.

Jika mau aman, sebaiknya kita memang banyak banyak melakukan ibadah di malam malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Biar tidak bingung kapan malam malam ganjil tersebut berikut ini kami sajikan daftarnya:
21 Ramadan 1445 H: Senin, 1 April 2024
23 Ramadan 1445 H: Rabu, 3 April 2024
25 Ramadan 1445 H: Jumat, 5 April 2024
27 Ramadan 1445 H: Minggu, 7 April 2024
29 Ramadan 1445 H: Selasa, 9 April 2024

Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar

Kapan pastinya kedatangan malam seribu bulan ini memang tidak bisa kita ketahui. Namun beberapa Ulama menjelaskan tentang ciri ciri malam seribu bulan ini berdasarkan hadis yang bersumber dari perkataan Rasulullah. Beberapa ciri dari datangnya malam seribu bulan itu antara lain: udara sejuk, matahari bersinar redup keesokan harinya, bulan bersinar terang, terbawa mimpi, hingga beribadah terasa ringan.
Jika kamu di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini merasakan suasana seperti ini, maka perbanyaklah ibadah dan terus berharap bahwa malam itu benar benar malam seribu bulan. Perbanyak juga ibadah di malam-malam ganjil selanjutnya agar peluang bertemu dengan lalilatul qadar makin besar.

Apa Amalan Yang Bisa Kita Lalukan Untuk Menyambut Seribu Bulan

Agar mendapatkan pahala berlipat ganda di malam seribu bulan, berikut ini 4 amalan yang bisa kamu lalukan. Amalan yang pertama adalah sholat sunnah. Menurut sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari, shalat yang dilakukan di malam seribu bulan yang dilakukan karena iman dan ingin mendapatkan pahala Allah, maka dosa dosa kita akan Diampuni.

Amalan yang kedua yang bisa kita lakukan di malam seribu bulan adalah berdzikir. Dzikir ini merupakan amalan yang cukup sederhana dan bisa kita lakukan di mana saja. Salah satu bacaan Dzikir yang bisa kita amalkan adalah bacaan Istigfar. Selain shalat sunnah dan dzikir, kita juga bisa membaca Qur’an dan berdoa.

Salah satu doa yang di anjurkan oleh para ulama adalah sebagai berikut:
اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul-‘afwa, fa’fu ‘anni.

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku.” (HR. Ibnu Majah no. 3850).

Itulah informasi terkait kapan datangnya malam seribu bulan  pada Ramadhan 2024 ini. Mengingat waktunya masih cukup panjang, kamu bisa persiapkan dari sekarang apa yang bakal kamu lakukan agar bisa bertemu dengan malam seribu bulan di bulan suci ramadhan kali ini. Jangan sampai terlewatkan.


Yuk Viralkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *