Kapan Puasa Ramadhan Tahun 2024 Dimulai, ini Infonya

by -193 Views
Yuk Viralkan

Kapan puasa Ramadhan 2024 dimulai? Akhir Februari 2024, kita sudah memasuki setengah terakhir dari bulan Syaban. Itu artinya, kehadiran puasa Ramadhan tinggal kurang dari 15 hari lagi. Terasa cepat ya, datangnya buan ramadhan ini? Rasa rasanya belum lama kita mengikuti pawai takbir dan menjalankan shalat idul fitri 2023 kemarin

kapan awal puasa ramadhan 2024
kapan awal puasa ramadhan 2024

Kehadiran puasa Ramadhan tahun 2024 tentu sangat dinanti-nantikan oleh umat islam. Berbagai aktivitas ibadah yang kita lakukan di bulan puasa memang bikin kangen. Mulai dari berburu takjil di masjid masjid, buka bersama, shalat tarawih berjamaah hingga takbir keliling. Tidak heran, banyak orang yang penasaran dan bertanya tanya, kapan puasa ramadhan tahun 2024 dimulai.

Kapan Puasa Ramadhan Tahun 2024 Dimulai

Apakah kamu salah satu orang yang penasaran kapan puasa Ramadhan tahun 2024 di mulai? Jika iya maka kamu tidaklah sendirian. Awal ramadhan memang sering bikin penasaran. Salah satu penyebabnya, di Indonesia ada perbedaan terkait awal Ramadhan ini.

Seperti kita tahu, muslim di Indonesia itu ada dua kelompok terkait penentuan kapan puasa Ramadhan tahun 2024 dimulai. Pihak Nahdlatul Ulama menentukan awal puasa dengan metode hilal sementara Muhammadiyah menggunakan metode hisab dalam menentukan kapan bulan Ramadhan dimulai.

Puasa Ramadhan 2024 Dimulai Menurut NU

Sama dengan NU, pemerintah juga memakai metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan puasa. Pengamatan pada munculnya bulan sabit, akan diikuti dengan sidang isbat penentuan awal Ramadhan. Di tahun 2024 ini sidang Isbat akan dilakukan pada akhir-akhir bulan Syaban tahun 2024.

Diperkirakan sidang Isbat baru akan digelar pada tanggal 10 Maret 2024 malam hari. Sampai saat itu tiba, penentuan kapan puasa Ramadhan tahun 2024 belum akan dilakukan. Namun bisa diperkirakan awal puasa menurut pemerintah dan NU adalah tanggal 10 atau 11 Maret tahun ini.

Puasa Ramadhan 2024 Dimulai Menurut Muhammadiyah.

Berbeda dengan NU dan Pemerintah, penentuan awal puasa ramadhan tahun 2024 memakai metode Hisab atau perhitungan. Dengan metode hisab ini, Muhammadiyah tidak perlu menunggu kemunculan bulan sabit di akhir bulan Syaban. Bahkan melalui maklumat Pimpinan Muhammadiyah yang di rilis pada tanggal 12 Januari 2024 kemarin, awal puasa Ramadhan versi Muhammadiyah sudah ditetapkan.

Muhammadiyah menetapkan tanggal 11 Maret 2024 sebagai awal puasa ramadhan. Tak hanya awal puasa, pelaksanaan sholat Ied juga sudah diplot akan dilakukan pada tanggal 10 April 2024. Semoga saja awal puasa antara NU dan Muhammadiyah bisa bareng. dengan begitu Ramadhan akan terasa lebih seru.

 


Yuk Viralkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *