Libur Lebaran di Jogja? 7 Agenda Wisata Ini Jangan Terlewat

by -389 Views
Yuk Viralkan

agenda wisata selama libur lebaran di jogja
agenda wisata selama libur lebaran di jogja

Mau merayakan liburan Lebaran Idul Fitri 2024 dengan kegiatan yang seru? Yuk, cek 7 acara wisata menarik di Jogja Bulan April 2024 yang bisa kamu ikuti. Bulan ini, Yogyakarta akan mengadakan sejumlah acara menarik yang dapat mengisi liburanmu bersama keluarga selama Lebaran.

Mulai dari festival budaya yang menghidupkan kembali tradisi lokal hingga konser musik yang menampilkan Guyon Waton dan masih banyak lagi. Saatnya untuk menjelajahi keunikan Yogyakarta dengan semangat yang menyenangkan. Ini dia 7 acara wisata di Jogja bulan April 2024 yang bisa kamu jadikan itinerary bersama keluarga selama liburan Lebaran:

1. Event Wisata, Upacara Sedekah Numplak Wajik

Tradisi Numplak Wajik adalah salah satu ritual Keraton Yogyakarta untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, yang melambangkan pemberian sedekah dari raja kepada masyarakat. Ritual ini akan diadakan pada tanggal 8 April 2024 di Tratag Bangsal Pancaniti, dimana gunungan wajik akan dibagikan kepada warga.

2. Agenda Wisata Kirab Grebeg Syawal

Kirab Grebeg Syawal merupakan acara yang diadakan di Keraton Yogyakarta untuk menandai berakhirnya bulan Ramadan dan sebagai bentuk syukur. Acara ini ditandai dengan kirab gunungan yang berisi aneka makanan dan buah-buahan. Kirab Grebeg Syawal dijadwalkan pada tanggal 11 April 2024.

3. Perayaan Bakda Mangiran

Rayakan Idulfitri di Desa Trimurti, Srandakan, Bantul dengan mengikuti acara Bakda Mangiran. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama tiga hingga lima hari, dimulai dari 1 Syawal. Pada tahun 2024, acara ini akan diadakan pada tanggal 12 April di Pendopo Atmoredjo, Bantul.

4. Festival Hobi Malioboro

Dari tanggal 17 hingga 21 April 2024, Malioboro akan menjadi pusat kegiatan Festival Hobi di Atrium Selatan Plaza Malioboro. Festival ini akan menampilkan berbagai jenis kuliner, mainan, mode, kerajinan, dan hewan peliharaan. Selain itu, juga akan ada lomba mewarnai, pertemuan komunitas, dan workshop.

5. Lomba Lari Mbok Mlayu

Dalam rangka Hari Kartini, pada tanggal 21 April 2024, Alun-Alun Sewandanan, Pura Pakualaman, Yogyakarta akan menjadi tempat diselenggarakannya lomba lari Mbok Mlayu yang khusus untuk wanita. Lomba ini memiliki kategori lari sejauh 10K dan Run and Walk sejauh 5K.

6. Festival Budaya Hanya Di Jogja

Dari tanggal 20 hingga 22 April 2024, Taman Budaya Embung Giwangan akan menggelar acara Festival Budaya Hanya Di Jogja. Acara ini akan menampilkan pertunjukan budaya lokal, musik band, komedi standup, dan talkshow inspiratif. Selain itu, juga akan ada upaya pemecahan rekor MURI dengan tarian massal oleh seniman Yogyakarta.

7. Konser Musik Bersua di Jogja

Agenda wisata selanjutnya di Jogja adalah konser musik. Stadion Kridosono akan menjadi tempat diadakannya konser musik besar dengan tema “Bersua di Jogja” pada tanggal 27-28 April 2024. Artis yang akan tampil di konser ini antara lain Vierratale, Guyon Waton, Yura Yunita, dan HiVi. Tiketnya mulai dari Rp160 ribu dan menawarkan hiburan yang sangat mengesankan bagi para pengunjung.

Nah itu 7 Agenda wisata yang bakal ada di Jogja ketika kamu libur lebaran di kota pelajar ini. Jauh jauh mudik dari kota perantauan, rugi kan jika sampai melewatkan event wisata di kota kelahiran ini? Karena itu catat tanggalnya jangan sampai terlewat satu hari pun.


Yuk Viralkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *