Sepuluh Hari Pertama Ramadhan Dan 5 Amalan yang Dianjurkan

by -181 Views
10 hari pertama ramadhan
10 hari pertama ramadhan

Sepuluh hari pertama ramadhan, amalan-amalan apa saja yang dianjurkan oleh para Ulama untuk kita lakukan? Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Salah satu alasannya, dibulan suci ini, banyak ibadah baik wajib maupun sunah yang bisa kita lakukan. Tidak hanya itu, pahala yang didapat dari melakukan berbagai amalan di bulan puasa tersebut juga dilipatgandakan. 

Sepuluh hari pertama Ramadhan menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh umat Islam. Salah satu sebabnya karena ada Hadits khusus yang menjelaskan bahwa Ramadhan itu dibagi menjadi 3 fase dan masing masing fase punya keutamaanya sendiri sendiri. Seperti apa bunyi hadits yang menjelaskan keutamaan 10 hari pertama dan fase lain dari Ramadhan tersebut. Amalan-malan apa yang sebaiknya kita kerjakan di 10 hari pertama bulan ramadhan? Simak infonya di bawah ini.

Hadits Yang Menjelaskan 3 Fase Bulan Ramadhan

Ada sebuah Hadits yang sering dipakai oleh para ulama dalam ceramahnya untuk menyemangati umat Islam beribadah dibulan puasa. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Baihaqi. Menurut hadits tersebut, Ramadhan dibagi menjadi tiga. Tiga fase dari Ramadhan itu adalah sepuluh hari pertama Ramadhan, 10 hari kedua ramadhan dan 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Menurut hadits tersebut, 10 hari pertama Ramadhan adalah Rahmat. Sedangkan 10 hari kedua Ramadhan adalah ampunan. Sementara 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan kita terbebas dari api neraka. Sebagian ulama menganggap bahwa Hadits ini dho’if. Namun karena tidak berhubungan dengan aqidah, para ulama membolehkan hadits ini dipakai untuk menyemangati umat islam dalam beribadah. 

Sebagian ulama lain meyakini bahwa diseluruh Ramadan, ada rahmat, ampunan sekaligus peluang untuk terbebas dari Api  Nerakaa jika mengerjakan amalan-amalan yang diperintahkan. Sehingga rahmat, ampunan maupun peluang untuk terbebas dari api neraka tersebut tidak terbatas pada masing masing fase Ramadhan ada.  

Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Berdasarkan hadits yang sering dipakai para ulama dalam ceramah di atas, 10 hari pertama ramadhan adalah rahmat. Artinya selama 10 hari awal ramadhan ini pintu rahmat dari allah di buka selebar-lebarnya. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk ibadah dan melakukan amalan kebaikan. 

Apalagi, pahala yang didapatkan dari melakukan kebaikan di bulan puasa juga dilipatgandakan hingga 700 kali. Kita juga dianjurkan untuk memanfaatkan waktu waktu mustajab buat berdoa di 10 hari pertama Ramadhan ini. Waktu waktu mustajab untuk berdoa tersebut antara lain saat berpuasa, sahur, selepas azan, dan menjelang berbuka 

Amalan-amalan yang Dianjurkan Untuk Dilakukan di 10 Hari Pertama Ramadhan

Setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan dilipat gandakan pahalanya. Begitu juga amalan-amalan kebaikan yang dilakukan di 10 hari pertama bulan Ramadhan ini. Berikut ini amalan-amalan yang bisa dikerjakan di 10 hari pertama bulan Ramadhan.

  1. Melakukan sholat berjamaah 
  2. Memperbanyak sholat sunnah
  3. Membaca al-qur’an
  4. Banyak-banyak berdzikir
  5. Memperbanyak bersedekah

Dengan melakukan amalan amalan kebaikan di atas di 10 hari pertama bulan ramadhan, semoga saja, pahala yang kita dapat makin  banyak dan hati kita semakin ringan untuk berbuat kebaikan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *