3 Ritual Pemakaman Berbiaya Mahal di Indonesia

by -212 Views

Kematian, sebuah kepastian yang tak terelakkan, menuntun kita untuk mengantarkan orang terkasih ke peristirahatan terakhir. Bagi sebagian orang, momen ini tak hanya tentang duka, tetapi juga penghormatan terakhir dan wujud rasa cinta kasih sayang. Di Indonesia, tradisi pemakaman pun beragam, dengan kekhasan dan makna yang mendalam.

Namun, di balik makna dan penghormatannya, beberapa ritual pemakaman di Indonesia memiliki biaya yang tergolong mahal. Bagi sebagian orang, hal ini dapat menjadi kendala dalam melaksanakan tradisi dengan khidmat.

Artikel ini akan mengupas 3 ritual pemakaman mahal di Indonesia, dan menawarkan alternatif hemat namun tetap berkesan di Al Azhar Memorial Garden.

1. Rambu Solo’: Menghormati Leluhur dengan Kerbau dan Kemegahan (Toraja, Sulawesi Selatan)

Di tanah Toraja, Sulawesi Selatan, tradisi Rambu Solo’ menjadi simbol penghormatan tertinggi bagi leluhur. Upacara ini tak hanya melibatkan keluarga, tetapi juga seluruh kerabat dan tetangga. Prosesi adat yang rumit dan megah ini membutuhkan waktu berhari-hari, bahkan hingga berminggu-minggu.

Ciri khas Rambu Solo’ adalah penyembelihan kerbau dan babi dalam jumlah besar, bahkan bisa mencapai puluhan ekor. Semakin banyak hewan yang dikorbankan, semakin tinggi pula status sosial dan kekayaan keluarga yang ditinggalkan. Biaya ritual ini pun tak main-main, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain penyembelihan hewan, Rambu Solo’ juga diwarnai dengan berbagai ritual lain seperti merias jenazah, memasukkan jenazah ke dalam peti mati yang diukir rumit, dan mengantarkan jenazah ke Londa (liang batu). Prosesi ini menjadi simbol pelepasan arwah leluhur ke alam baka dan doa agar mereka diterima dengan baik.

2. Ngaben: Melepas Jiwa dengan Api dan Tari (Bali)

Ritual Pemakaman Ngaben Bali
Ritual Pemakaman Ngaben Bali (sumber gambar: Instagram @Gedebaliagung46)

Bagi umat Hindu di Bali, kematian bukan akhir, melainkan peralihan menuju alam baka. Upacara Ngaben menjadi prosesi kremasi untuk mengantarkan jiwa ke alam spiritual. Upacara ini tak hanya sakral, tetapi juga meriah dengan berbagai ritual adat dan pertunjukan tari-tarian.

Biaya Ngaben bervariasi tergantung pada tingkat kemegahan upacara. Semakin besar dan rumit bade (wadah jenazah) yang dibuat, semakin banyak sesaji yang dipersembahkan, dan semakin meriah pertunjukan tarinya, maka biayanya pun semakin tinggi. Tak jarang, biaya Ngaben bisa mencapai ratusan juta rupiah.

3. Tiwah: Menyambut Kembali Leluhur dengan Sukacita (Suku Dayak, Kalimantan)

Suku Dayak di Kalimantan memiliki tradisi Tiwah, sebuah ritual penggalian tulang belulang leluhur yang telah dikuburkan. Tradisi ini biasanya dilakukan beberapa tahun setelah kematian dan menjadi momen reuni keluarga yang penuh sukacita.

Tulang-belulang leluhur dibersihkan, dipakaikan pakaian baru, dan diarak keliling kampung dengan iringan musik tradisional. Upacara ini juga diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban seperti kerbau dan babi untuk menghormati leluhur dan memohon berkah.

Biaya Tiwah tak kalah mahal dengan ritual pemakaman lain di Indonesia. Penyembelihan hewan kurban, persiapan upacara adat, dan pesta adat yang meriah menjadi faktor utama yang mendorong tingginya biaya Tiwah.

Al Azhar Memorial Garden: Solusi Hemat untuk Pemakaman yang Berkesan

Bagi keluarga yang ingin mengantarkan orang terkasih dengan cara yang berkesan namun tetap mempertimbangkan biaya, Al Azhar Memorial Garden menawarkan solusi pemakaman yang terjangkau. Taman pemakaman ini menyediakan berbagai pilihan kavling makam dengan harga yang bervariasi, serta fasilitas yang lengkap seperti masjid, musala, dan rumah duka. Tertarik dengan Pemakaman Al Azhar yang ada di kerawang ini? Berikut beberapa keunggulannya.

Kelebihan Pemakaman di Al Azhar Memorial Garden:

  • Harga Terjangkau: Al Azhar Memorial Garden menawarkan harga kavling makam yang lebih terjangkau dibandingkan dengan ritual pemakaman mahal di atas.
  • Fasilitas Lengkap: Fasilitas yang lengkap seperti masjid, musala, dan rumah duka menunjang kelancaran dan kenyamanan prosesi pemakaman.
  • Suasana Tenang dan Asri: Taman pemakaman yang asri dan terawat dengan baik memberikan suasana tenang dan damai bagi keluarga yang ingin berdoa dan menziarahi makam.
  • Lokasi Strategis: Al Azhar Memorial Garden terletak di lokasi yang strategis dan mudah diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *